Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Siapa sih orang yang tidak tahu dengan Tokopedia? Sebagai marketplace dengan jumlah pengunjung paling banyak, maka tak heran jika banyak pebisnis ingin bergabung di sana. Selain itu Tokopedia memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menjual barang disana. Maka dari itulah, sehingga kini banyak orang yang ingin tahu cara jualan di Tokopedia.

Nah, bagaimanakah caranya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Tahapan awal cara jualan di Tokopedia. 

Di mulai dari:

Membuat Akun Tokopedia

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa membuka toko di Tokopedia sangat mudah begitu juga dengan pengaturannya. Tentu saja kita ingin toko kita tidak sekedar buka tapi juga laris. Mengingat banyak toko sejenis dengan toko kita di Tokopedia, tentu ada cara untuk memenangkan persaingan. Tapi, mari kita mulai dari yang paling mendasar yaitu membuat akun Tokopedia terlebih dahulu.

Begini langkah-langkahnya:
  1. Registrasi/Daftar

Masuklah ke halaman situs www.tokopedia.com

Nanti akan Anda melihat laman utama marketplace itu. Lihat penampakannya pada foto dibawah ini.

Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Coba Anda perhatikan baik-baik tulisan Login dan Daftar yang ada pada pojok kanan atas (klik foto supaya tampak lebih jelas). Jika Anda sudah pernah mendaftar di Tokopedia sebelumnya, maka Anda tinggal langsung Login saja. Namun jika Anda belum pernah mendaftar sama sekali, maka Anda harus klik tombol "Daftar" tersebut.

Oh iya, tampilan pada foto di atas adalah penampakan laman Tokopedia jika Anda buka dari layar desktop (komputer/laptop). Namun jika Anda membukanya melalui aplikasi mobile (Hp), maka tampilannya akan tampak seperti pada foto dibawah ini.  


Pada aplikasi mobile ini tampilan laman Tokoprdia agak sedikit berbeda dengan tampilan di desktop. Pada laman mobile Anda tidak akan langsung melihat tombol daftar. Jika ingin menemukan tombol Daftar, maka Anda harus mengklik bagian Akun terlebih dahulu (lihat bagian yang dilingkari merah pada foto di atas).

Nah setelah Anda mengklik bagian "Akun" tersebutlah, nanti akan terbuka laman baru untuk mendaftar. Lihat fotonya dibawah ini.

Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Perhatikan bagian yang di lingkari merah pada bagian pojok kanan foto diatas, nah di situlah tempat mendaftar melalui aplikasi mobile. Hanya sampai dibagian ini saja ada sedikit perbedaan tampilan antara laman desktop dengan mobile. Sedangkan untuk tahapan selanjutnya relatif hampir sama saja cara dan tampilannya, tidak ada perbedaan yang mencolok.

Saya asumsikan saja bahwa Anda belum pernah mendaftar sama sekali, jadi Anda harus melalui proses mendaftar terlebih dahulu. Jadi silahkan Anda klik tulisan Daftar tersebut, nanti akan terbuka laman baru seperti pada foto di bawah ini. 

Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Coba Anda perhatikan baik-baik foto diatas, di situ tertera 3 metode verifikasi, yaitu melalui nomor kontak Hp, melalui email, dan melalui akun Facebook dan Google. Terserah Anda mau memilih metode yang mana, tapi kalau saya pribadi lebih suka pakai nomor hp (karena prosesnya lebih mudah). Sekarang perhatikan baik-baik langkah yang saya contohkan selanjutnya.

Jadi saya mencantumkan nomor Hp pada kolom di atas, kemudian saya klik tulisan Daftar. Nanti akan terbuka laman baru yang ada kolom kosong untuk mengisi angka sebanyak 6 digit. Dibagian bawahnya ada tulisan (perintah) untuk mengecek kode angka unik yang masuk melalui SMS di Hp saya.

Setelah itu, beberapa detik kemudian datang kiriman SMS dari Tokopedia tersebut. Lihat foto penampakan SMS-nya dibawah ini.

Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Perhatikan foto di atas, tampak 6 digit kode angka unik itu adalah 840523. Nah 6 digit angka itulah yang harus dimasukan ke 6 kolom kosong pada laman baru yang saya sebutkan diatas. Sampai di tahap ini akun Anda telah valid (terverifikasi). Jika Anda hanya sebagai pengguna (user) Tokopedia saja, maka sebenarnya hingga ditahap ini proses pendaftaran akun telah selesai.

Sedikit tambahan yang perlu Anda lakukan adalah mencantumkan alamat rumah dan kata sandi (password). Password ini diperlukan jika suatu saat Anda ingin berbelanja dan membuka kembali akun Tokopedia Anda. Sedangkan gunanya dicantumkan alamat rumah tentu Anda sudah tahu, yaitu untuk mengirimkan barang yang Anda beli nantinya. 

Beda lagi jika Anda ingin menjadi seller, karena ada beberapa tahapan lanjutan yang harus Anda penuhi. Yuk simak terus tahapan selanjutnya sampai tuntas.   

Membuka Toko


Setelah Anda login, maka pilihlah menu Buka Toko Gratis yang terletak di halaman "Cara Berjualan".  Silahkan buka Link lamannya di sini: Buka Toko Gratis

Cara lain adalah dengan menekan icon Toko yang ada di header menu, kemudian pilih Buka Toko. Setelah berhasil masuk, akan muncul form yang harus Anda isi dan lengkapi. Isilah semua data-data toko atau usaha Anda.

Data-data usaha yang dimaksud di sini adalah nama domain toko Anda, informasi mengenai toko, pilih/centang ekspedisi pengiriman yang akan Anda gunakan, pilihan metode pembayaran dan foto profil Anda. Setelah semua selesai di isi, maka berarti tinggal selangkah lagi menuju pembukaan toko online Anda. Action terakhir adalah menekan tombol Buka Toko, dan sekarang toko online Anda sudah resmi beroperasi. Selamat! 😉

Info Menarik Lainnya : Mau tau Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Panduan Lengkapnya
  1. Mulailah Unggah Produk Anda

Tahap ini mungkin cukup menyita waktu. Namun, ini sangat diperlukan sebagai salah satu persyaratan, dan agar pembeli mau melihat-lihat barang yang ditawarkan melalui foto barang Anda. Sebelumnya, siapkan foto-foto produk dengan kualitas foto yang terbaik. Pastikan gambar tidak buram dan memiliki angle yang bagus. Selanjutnya, foto produk Anda telah siap diunggah.

Tekan tombol tambah produk pada halaman depan atau di menu pengaturan toko. Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto-foto produk. Jangan lupa untuk melengkapi foto dengan nama, kategori produk, serta pilihlah etalase. Etalase ini berguna agar produk mudah ditemukan.

Tambahkan harga serta info pengiriman.

Pada menu unggah foto, Anda juga perlu mengisi informasi produk berupa harga, jumlah stok barang, warna, varian, kondisi produk, penjelasan mengenai produk. Perlu juga ditambahkan berat produk setelah pengepakan, karena hal ini sering terjadi perbedaan. Tidak kalah penting adalah asuransi untuk pengiriman produk. Setelah semua selesai dan dilengkapi, silahkan unggah produk.

  1. Ikuti Setiap Promosi yang Diadakan Oleh Tokopedia

Cara jualan di Tokopedia terbilang menyenangkan karena adanya fitur pengelolaan promosi. Tentu saja promosi paling efektif adalah promosi yang dilakukan oleh seller sendiri. Cara yang paling mudah dan murah adalah dengan mempromosikan di sosial media milik seller. Unggah semua penilaian dari pelanggan ke akun media sosial. Selain itu, seller juga bisa memberlakukan program cashback.

Yang paling menarik dari program promosi Tokopedia adalah fitur gratisnya. Tokopedia menyediakan Voucher Toko untuk diberikan kepada pembeli. Seller bahkan bisa menentukan sendiri kupon promo seperti apa yang akan diberikan. Cashback atau gratis ongkir, semuanya terserah pada seller. Kemudahan promosi ini sangat berguna dalam meningkatkan penjualan di toko.

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Bukalapak + Strategi Jitu Dagangan Cepat Laku

Kiat Meningkatkan Penjualan Toko

Menjual barang di marketplace diharapkan dapat menjaring pembeli yang lebih banyak dibanding toko offline. Oleh karena itu seller perlu bergabung dengan marketplace yang mengakomodir kebutuhan ini. Tokopedia memberikan opsi-opsi kepada seller untuk meningkatkan penjualan dan performa tokonya. Dalam hal ini, Tokopedia selalu meningkatkan pelayanannya kepada seller sehingga toko bisa beroperasi secara optimal. Seperti apa cara kerjanya? Berikut ulasannya:
  1. Maksimalkan Penggunaan TopAds

Semua seller ingin produknya berada di urutan pertama. Dengan berada di urutan pertama, ini membuat calon pembeli langsung tertarik. TopAds adalah fitur untuk membuat toko berada di atas dan peluang produk terbeli lebih besar. TopAds adalah layanan iklan berbayar dengan metode pay per click. Untuk bisa mengaktifkan TopAds, seller harus mengisi saldo Kredit TopAds terlebih dahulu.
  1. Lakukan Kerja Sama dengan Influencer

Jangan sepelekan fungsi dan efek seorang influencer. Carilah influencer yang cocok dan tepat untuk produk dan tawarkan kerjasama dengannya. Influencer bisa membantu dalam memasarkan produk yang dijual di Tokopedia. Bagaimana caranya? Influencer tadi akan memasarkan produk milik seller di media sosial mereka. Bayangkan berapa banyak lagi orang yang mengetahui dan tertarik untuk membeli produk.
  1. Berikan Sampel Produk untuk Calon Pembeli

Cara ini memang tergolong tradisional tapi paling efektif. Ketika orang bisa merasakan bentuk dan rasa sebuah produk, peluang untuk produk dibeli lebih besar. Sediakan sampel dan bagikan kepada calon pelanggan. Setelah itu tampung feedback dari mereka. Cara ini juga efektif untuk peningkatan kualitas produk. Semakin banyak orang merasakan dan tahu tentang produk, peluang terjual semakin besar.
  1. Berikan Respon Cepat Ketika Ada Masalah

Calon pembeli pasti menanyakan mengenai produk di kolom chat. Segera balas dan tanggapi semua pertanyaan. Jangan lupa untuk tetap menjunjung tinggi sopan santun dalam berbahasa di kolom chat. Jangan membiarkan chat tidak dibalas dalam waktu yang lama. Lebih dari 7 jam chat pelanggan tidak dibalas, maka Tokopedia akan mengurangi skor toko.
  1. Upgrade Toko Menjadi Power Merchant

Power Merchant bisa di-upgrade menjadi premium dan akan memudahkan seller mengelola tokonya. Cara jualan di Tokopedia jadi semakin mudah dengan fitur ini. Dengan meningkatkan toko menjadi premium power merchant, seller bisa mendapat data statistik mengenai grafik penjualan dan juga toko pesaing.
  1. Aktifkan Fitur Fulfillment

Punya stok barang banyak tapi tidak ada tempat penyimpanan? Tokopedia memberikan solusinya. Fitur fulfillment adalah penyimpanan barang seller di gudang milik Tokopedia. Dengan begini, produk sampai ke tangan pembeli dengan lebih cepat. Selain itu, biaya logistik juga bisa ditekan. Efisiensi waktu dan biaya sangat penting, maka dari itu aktifkan fitur ini agar performa toko lebih maksimal.
  1. Kelola Keuangan Toko dengan Teliti

Catat setiap pengeluaran dan arus kas di toko. Buat rencana kebutuhan yang sesuai dengan keadaan bisnis saat ini. Buatlah jurnal atau pembukuan dan pisahkan antara modal dan kewajiban. Atur dengan baik biaya operasional seperti gaji karyawan dan biaya bahan baku. Dengan disiplin mengelola keuangan toko, seller bisa terhindar dari kekurangan kas.
  1. Atur Agar Pembeli Membayar Sesuai Jadwal

Ada jenis pembeli yang hanya memesan dan suka menunda pembayaran. Ingatkan pembeli dan jangan sampai mereka lupa membayar. Jika ada pembeli seperti ini, kemungkinan arus kas seller tersendat sangat besar. Konfirmasikan kembali kepada pembeli mengenai jumlah tagihan yang masih tersisa.

Memang terkesan tidak etis menanyakan masalah pembayaran kepada calon pembeli. Namun demi lancarnya keuangan dan kelangsungan bisnis, sepertinya hal ini perlu dilakukan. Siapa tahu pembeli memang lupa telah melakukan pemesanan.

Nah, cara jualan di Tokopedia mudah, bukan? 😉

Yang terpenting adalah konsistensi untuk tetap memasarkan dan mengelola toko. Bergabung dengan Tokopedia tidak sama dengan mengaktifkan tombol autopilot. Tetap perlu kontribusi aktif dari seller agar produk terjual dan performa toko meningkat. Kelola sosial media dan tetap promosikan produk di sana. Selamat berjualan dan semoga dagangannya laris manis! 😊👌

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel