Mau tau Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Bisnis online kini sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat di era digital. Oleh karena itu hadirnya Lazada membuat dunia belanja online semakin semarak. Pebisnis online bisa memanfaatkan Lazada untuk menjual produk dan jasanya. Menariknya, Lazada juga memberikan sejumlah kemudahan bagi pelanggannya dalam menjual dan bertransaksi di sana. Oleh karena itulah, kini mulai banyak orang yang ingin tahu cara jualan di e-commerce Lazada.

Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya di Bawah ini.

Tahapan paling awal dimulai dari:

Mulai Membuka Toko di Lazada

Seperti marketplace lainnya, Lazada juga menawarkan cara yang mudah untuk membuka toko. Selain itu, Lazada membukukan transaksi dan kunjungan yang signifikan dalam sehari. Alasan inilah yang membuat pebisnis ingin membuka toko di Lazada. Tentu saja, setiap orang yang ingin membuka toko di Lazada harus melalui beberapa tahapan.

Berikut ini tahapan pendaftaran toko yang harus diikuti oleh calon penjual:
  1. Lakukan Pendaftaran Toko di Situs Lazada

Cara jualan di Lazada cukup mudah jika Anda mengikuti semua langkahnya dengan seksama. Anda hanya perlu mendaftar untuk menjadi anggota terlebih dahulu.

Silahkan Anda buka situs https://www.lazada.co.id. Maka nanti akan langsung terbuka laman utama e-commerce tersebut. Kemudian arahkan tatapan mata Anda ke bagian pojok kanan atas laman situs Lazada tersebut. Pasti Anda akan melihat tombol untuk mendaftar di situ.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan baik-baik foto dibawah ini. (silahkan klik foto supaya tampak lebih jelas).

Mudahnya Cara Jualan di Lazada



Nah, kini Anda sudah bisa melihat tulisan Daftar yang dilingkari merah bukan? 😊

Foto di atas adalah tampilan dari desktop (komputer/laptop). Sedangkan jika tampilan di mobile (Hp) maka penampakannya seperti foto di bawah ini.

Mau tau Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Silahkan Anda klik bagian Akun (yang dilingkari merah itu). Nanti akan keluar laman baru seperti foto di bawah ini.

Mau tau Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Selanjutnya silahkan Anda klik tulisan "Daftar" itu, nanti akan muncul laman baru untuk membuat akun Lazada. Perhatikan baik-baik foto berikutnya dibawah ini.

Note: Pada panduan ini saya menggunakan ilustrasi akun dan nama toko online Lazada milik saya. Ini saya maksudkan supaya lebih memudahkan panduan ini. Nanti Anda tinggal mengadopsi semua langkah dan caranya, dan mengisi semua kolomnya sesuai dengan nama dan data-data pribadi yang Anda miliki.   

Back to topic.

Mudahnya Cara Jualan di Lazada


Isilah semua kolom pendaftaran yang tertera pada foto diatas dengan data yang valid seperti nama, nomor Hp, kata sandi dan tanggal lahir. Metode ini merupakan cara mendaftar dengan menggunakan nomor Hp Anda.

Sekarang coba Anda perhatikan baik-baik kolom yang berwarna hijau dan berisi tulisan Geser untuk mendapatkan kode SMS pada foto di atas. (Yang dimaksudkan geser di sini adalah menggeser tanda panah berwarna hijau itu ke arah kanan).

Setelah Anda menggeser ke kanan, beberapa detik kemudian akan ada kiriman SMS di nomor kontak Anda tersebut. Jadi nanti Anda akan mendapat kiriman 6 digit angka unik dari Lazada melalui SMS.

Lihat contoh penampakannya SMS-nya pada foto dibawah ini.


Mudahnya Cara Jualan di Lazada, Yuk Simak Panduan Lengkapnya


Seperti di atas itulah contoh kode unik yang akan Anda terima melalui SMS. Selanjutnya 6 digit angka unik itulah yang akan Anda masukan ke kolom berwarna hijau itu (pada foto sebelumnya di atas). Nah, angka unik itulah yang menjadi bukti, sekaligus sebagai alat verifikasi bahwa yang sedang mendaftar adalah benar-benar Anda.

Setelah 6 digit Angka unik itu Anda masukan, selanjutnya klik tulisan Daftar (lihat kolom yang berwarna orange pada foto sebelumnya di atas). Setelah tombol "Daftar" itu Anda klik, nanti akan terbuka laman baru seperti tampak pada foto di bawah ini.

Mudahnya Cara Jualan di Lazada, Yuk Simak Panduan Lengkapnya


Coba Anda perhatikan baik-baik bagian yang dilingkari merah pada pojok kiri atas. Di situ tertulis Verified Account. Artinya akun toko online Lazada Anda telah sah dan terverifikasi. Jika Anda hanya terbatas sebagai user (pengguna) saja, maka sampai di sini sebenarnya langkahnya telah selesai. Anda hanya perlu mengisi alamat lengkap untuk keperluan pengiriman barang (jika Anda berbelanja produk di e-commerce Lazada itu nantinya).

Namun jika Anda ingin berjualan produk sendiri, maka silahkan klik tulisan Berjualan di Lazada (lihat baik-baik foto diatas, tulisannya ada dibagian paling bawah).

Setelah Anda klik tulisan "Berjualan di Lazada" tersebut, maka nanti akan terbuka laman baru.

Silahkan lihat foto penampakannya di bawah ini.


Mudahnya Cara Jualan di Lazada, Yuk Simak Panduan Lengkapnya


Mudahnya Cara Jualan di Lazada, Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Nanti dilaman bagian bawahnya ada tulisan yang cukup panjang, berisi persyaratan dan proses yang harus Anda isi dan kerjakan. Lihat sebagian foto penampakannya dibawah ini.

Mudahnya Cara Jualan di Lazada, Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Untuk lebih memudahkan Anda mendaftar menjadi penjual, maka berikut ini saya lampirkan link yang langsung menuju laman pendaftaran tersebut: Berjualan di Lazada

Metode Mendaftar Lazada melalui Email, Akun Facebook dan Google.


Jika panduan sebelumnya diatas adalah cara pendaftaran melalui nomor Hp, maka pada form pendaftaran akun baru juga tersedia metode pendaftaran melalui email, Facebook dan akun Google.

Untuk lebih mudah, kembali saya lampirkan foto sebelumnya diatas itu di sini. Lihat baik-baik fotonya dibawah ini.



Nah, nanti terserah Anda mau memilih metode atau cara mendaftar mana yang paling Anda sukai.

Jika Anda ingin mendaftar melalui email, maka silahkan klik kolom yang ada tulisan Daftar dengan email (lihat bagian yang dilingkari biru pada foto diatas). Nanti setelah semua form pendaftaran terisi, maka Anda harus melakukan verifikasi/aktivasi dengan mengisi email Anda di kolom tersebut.

Proses aktivasi ini melalui link yang dikirimkan oleh Lazada ke email Anda (yang telah Anda input di kolom pendaftaran diatas). Silahkan cek email Anda untuk melakukan aktivasi melalui link yang telah dikirimkan Lazada tersebut. Setelah semua proses aktivasi selesai, unggah identitas diri dan juga halaman depan buku tabungan Anda yang masih berlaku. Dan kini Anda sudah resmi bergabung dengan Lazada.

Tentang metode daftar melalui Facebook dan akun Google caranya kurang lebih hampir sama seperti cara sebelumnya diatas. Jadi saya rasa tidak perlulah saya jelaskan semuanya di sini (karena bisa terlalu panjang isi artikel ini nanti).
  1. Lengkapi Kontrak Perjanjian yang Diberikan Lazada

Ketika Anda memvalidasi pendaftaran sebagai penjual di Lazada, maka nanti akan ada kontrak atau semacam perjanjian kerjasama yang harus Anda tandatangani. Bacalah dengan seksama poin demi poin perjanjian dengan Lazada tersebut.

Usahakan agar Anda membaca seluruh kontrak/perjanjian tersebut dengan seksama (jangan hanya dibaca setengah-setengah). Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah dikemudian hari. Sebab jika Anda kurang teliti, sehingga menimbulkan salah penafsiran, maka bisa menyulitkan Anda sendiri di kemudian hari.

Setelah Anda yakin dan sepakat bahwa kontrak/perjanjian yang tertulis itu sudah benar adanya, maka segeralah tanda tangani perjanjian tersebut.
  1. Tentukan Jenis Toko sesuai Pilihan dari Lazada

Lazada memiliki 3 pilihan untuk seller atau penjual. Pilihan toko tadi tergantung seller jenis yang mana. Yang membedakan dari tiga jenis seller ini adalah dari jenis barang yang dijual. Pada Penjual Lazmall, seller menjual barang-barang 100% original dengan menawarkan pengiriman yang cepat dan kemudahan proses pengembalian barang.

Sementara itu, Penjual Lazada adalah seller yang menjual berbagai macam produk lokal dengan memberikan atau menawarkan kenyamanan dan kemudahan berbelanja. Terakhir, Penjual Lazglobal adalah seller yang menjual produk-produk dari luar negeri. Tentukan seller jenis yang mana yang ingin diikuti, kemudian segeralah mendaftar.
  1. Unggah Foto Produk untuk Memulai Penjualan

Setelah semua proses pendaftaran selesai dan terverifikasi, berarti akun penjual sudah aktif dan sudah bisa digunakan untuk memulai kegiatan bisnis. Dalam hal ini berjualan. Kegiatan bisnis ini dimulai dengan mengunggah foto produk. Usahakan untuk menggunakan foto dengan kualitas dan resolusi yang baik. Foto dengan kualitas rendah akan mempengaruhi penilaian calon pembeli.

Foto yang memiliki kualitas rendah juga tidak sesuai dengan kriteria dari Lazada. Pastikan sebelum mengunggah foto, baca ketentuan unggah foto dari Lazada. Setelah itu, lengkapi foto produk dengan keterangan yang jelas dan informatif. Keterangan ini untuk memudahkan calon pembeli dalam memahami produk yang dijual.
  1. Semua Selesai, Siap Berjualan

Cara jualan di Lazada tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ketika semua proses pendaftaran dan unggah foto produk selesai, maka sudah bisa mulai berjualan. Bahkan, keseluruhan proses di atas hanya perlu waktu kurang lebih 5 menit. Kelola toko di Lazada dengan baik dan jualah produk-produk yang berkualitas agar pelanggan mendapat kepuasan dan menjadi pelanggan setia.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Mengelola Penjualan di Lazada

Apa sih, tujuan dari membuka toko? Tentunya untuk berjualan dan mendapatkan keuntungan. Nah, ketika toko sudah dibuat dan barang pun sudah diunggah, lalu apa selanjutnya? Dibiarkan saja dan pasrah menunggu pembeli membeli produk? Atau aktif mempromosikan produk? Ingat, Lazada memiliki banyak toko yang menjual barang sejenis. Bahkan dengan produk yang sama. Di bawah ini ulasan untuk membuat toko dilirik:
  1. Selalu Unggah Foto Produk Berkualitas

Cara jualan di Lazada memang mudah, namun mengelolanya perlu usaha yang lebih keras. Toko di Lazada akan mudah dilirik orang ketika menampilkan foto produk yang bagus. Mengingat foto adalah senjata dalam berjualan di Lazada, maka perhatikan betul kualitas foto. Foto produk tidak boleh kabur dan harus jelas.

Setelah itu, dukung foto berkualitas tadi dengan deskripsi produk. Pembeli cenderung mencari deskripsi produk setelah melihat foto produk. Berikan penjelasan mengenai spesifikasi, warna yang tersedia, ukuran, cara pemakaian, dan tanggal kadaluarsa untuk produk makanan atau minuman. Maksimalkan penggunaan kata kunci pada deskripsi produk. Misalnya, baju anak murah. Dengan begini pencarian akan langsung mengarah ke toko Anda.
  1. Jangan Lupa Untuk Berpromosi

Ingat bahwa pembeli adalah pemburu promo. Berikan potongan harga atau potongan ongkos kirim maka produk akan jadi buruan pembeli. Pembeli memang selalu tergila-gila pada toko yang menawarkan potongan ini dan itu. Kalkulasikan dengan benar masalah promosi ini. Jangan sampai merusak cash flow apalagi sampai membuat kerugian.

Biasanya, Lazada sendiri mengadakan program promo yang juga bisa diikuti oleh penjual di Lazada. Sering-seringlah berkomunikasi dengan pihak Lazada untuk mengetahui program promo apa yang akan diadakan. Sekali lagi, tentunya dengan tetap memperhatikan keuangan toko.
  1. Berikanlah Pelayanan yang Terbaik Kepada Setiap Pembeli/Pelanggan

Toko online bisa hidup atau juga mati karena review dan rating yang diberikan oleh pembeli. Nah, ulasan dan rating ini berawal dari pelayanan yang diberikan oleh toko. Calon pembeli biasa membaca ulasan dan penilaian yang diberikan oleh pembeli lain. Dari sinilah mereka mengambil keputusan akan membeli produk atau tidak.

Usahakan untuk memberikan pelayanan prima. Pelayanan prima ini mulai dari pengepakan yang rapi, pengiriman yang tercatat dengan baik, serta kualitas barang itu sendiri. Kualitas barang berarti barang dalam keadaan baik, lengkap dan tidak cacat. Ingat bahwa ulasan dan penilaian pelanggan sangat penting untuk toko yang baru dibuka.
  1. Selalu Responsif kepada Keluhan dan Masalah Pelanggan

Umumnya, pembeli akan senang ketika bisa berinteraksi langsung dengan penjual. Pembeli biasanya menanyakan warna apa yang tersedia saat ini, ukuran apa yang ada, dan stok barang yang ada. Selain bertanya sebelum terjadi pembelian, pembeli juga ingin berkomunikasi setelah pembelian. Biasanya jika ada item yang kurang setelah barang diterima.

Kecepatan respon dari toko akan sangat dihargai oleh pembeli. Bayangkan jika di toko retail regular, kemudian bertemu dengan pramuniaga yang tidak tanggap pada kebutuhan pembeli, tentu pembeli akan kesal. Misalnya, ketika ada pertanyaan tentang letak barang lalu pramuniaga dengan cepat menunjukkan lokasi barang tadi, pasti akan sangat membantu.

Itulah cara jualan di Lazada yang dirangkum dalam ulasan ini. Peluang untuk produk milik penjual di Lazada laku terjual cukup besar mengingat pengunjung Lazada terus meningkat. Selain itu, Lazada terkenal dengan produk originalnya yang membedakannya dengan e-commerce lain. Maka tidak salah jika pebisnis memutuskan untuk menjual produknya di Lazada.

Info Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Demikian panduan lengkap cara jualan di Lazada. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.
Sampai jumpa lagi di artikel yang tidak kalah menarik selanjutnya. Semoga sukses selalu untuk Anda.

Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Mau tau Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Panduan Lengkapnya"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel