Widget HTML Atas

Cara Jualan di OLX Dan Tips Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Sudah tahukah Anda cara jualan di OLX?

Dulu, orang harus menghubungi dan membayar ke surat kabar atau koran jika ingin memasang iklan. Selain surat kabar, majalah juga jadi sasaran orang dalam beriklan. Sekarang, di jaman yang serba digital ini, orang tidak perlu lagi susah-susah menghubungi surat kabar dan menanti iklan mereka terbit. Saat ini ada situs yang khusus memasang iklan baris, yaitu OLX.

Cara Jualan di OLX Cukup Mudah


OLX telah hadir di Indonesia sejak tahun 2005 dan terus berkembang hingga saat ini. Pesatnya perkembangan pengguna OLX ini, salah satu sebabnya adalah karena kemudahan dalam beriklan/jualan produk disana. Pengguna OLX di Indonesia yang aktif bertransaksi adalah lebih dari setengah juta per hari. Ini jelas angka yang cukup besar untuk sebuah situs iklan baris.

Mengenal Lebih Jauh Apa itu OLX


OLX lebih dulu dikenal sebagai platform iklan baris. Tidak tanggung-tanggung, OLX adalah yang terbesar di dunia untuk urusan situs iklan baris. Pertama kali didirikan di Buenos Aires dan New York tahun 2006, disinilah OLX mendapatkan investasi pertamanya. Investasi kedua terjadi ketika OLX membuka kantor di India. Pada tahun 2010, Naspers resmi memiliki OLX.

Naspers kemudian juga mengakuisisi beberapa perusahaan seperti Dealfish, Suil, Allegro, KalahariAds.net dan yang terakhir adalah Tokobagus. Perusahaan-perusahaan inilah yang kemudian berganti nama menjadi OLX. Pada tahun 2010 inilah nama OLX resmi digunakan di Indonesia menggantikan Tokobagus.

Banyak orang yang salah mengartikan OLX sebagai onlineshop. 


OLX bukan online shop melainkan media pemasangan iklan baris online. Cara jualan di OLX juga berbeda dengan di online shop. Pada dasarnya, iklan baris di OLX sistemnya sama dengan iklan baris di koran. Karena hanya sebagai tempat beriklan, maka OLX tidak memiliki tanggung jawab dalam hal transaksi dan pengiriman barang.

Di OLX, penjual bertanggung jawab atas semua informasi yang diberikan. Bahkan sampai kepada tahap pembayaran, penjual yang bertanggung jawab. Jadi, ketika memutuskan untuk berjualan di OLX, penjual harus paham bahwa OLX bukanlah online shop atau marketplace yang menyediakan fitur pembayaran. Pembeli akan mentransfer langsung uang pembayaran ketika telah deal dalam transaksi dengan penjual.

Cara Jualan di OLX dengan Beriklan


Seperti telah dibahas di atas bahwa OLX hanyalah sebuah media bagi orang-orang untuk beriklan, dalam hal ini iklan penjualan barang. Maka cara terbaik agar jualan bisa laku di OLX adalah memasang iklan yang menarik. Seperti apa cara jualan di OLX dengan beriklan itu tadi?

Berikut ini langkah-langkahnya:

Download Aplikasi OLX di Perangkat Smartphone Anda


Untuk kemudahan beriklan, lebih baik menginstal aplikasi OLX di smartphone. Anda bisa menginstalnya di fitur Play Store atau App Store. Dua fitur ini sudah bawaan pabrik setiap smartphone untuk mendownload aplikasi, jadi Anda tinggal menggunakannya saja di Hp Anda.

Lihat contoh tampilan aplikasi OLX yang akan di instal dari fitur Play Store di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku

Setelah aplikasi terinstal kemudian buka aplikasi OLX tersebut, nanti akan terbuka laman baru. Kemudian isilah data-data untuk mendaftar seperti email dan no telpon (agar Anda bisa login). Perhatikan foto ilustrasi form pendaftaran OLX tersebut di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku

Jika Anda punya akun Facebook atau akun Google, maka cara loginnya jauh lebih mudah. Artinya Anda tidak perlu lagi memasukan email dan no telpon Anda, karena sudah bisa langsung login melalui akun Facebook dan Google. Jadi terserah Anda mau pakai metode login yang mana.

Setelah proses pembuatan akun selesai, maka akun OLX di smartphone Anda sudah bisa digunakan untuk beriklan alias berjualan. Perhatikan dengan seksama langkah-langkah selanjutnya dibawah.

Mulai Memasang Iklan


Pada halaman awal, pilihlah menu "Jual". Lihat foto ilustrasinya di bawah ini (lingkaran merah).

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku

Menu "Jual" inilah yang nantinya akan digunakan untuk memasang iklan produk Anda. Pada menu ini, terdapat berbagai kategori seperti mainan, mobil, elektronik & gadget, keperluan pribadi, motor, property dan lain sebagainya. Tentukan produk apa yang akan Anda jual dan pilihlah kategori yang sesuai.

Perhatikan ilustrasi pilihan kategori produknya pada foto dibawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku

Detail Kondisi Barang

Inilah yang ada pada tahap selanjutnya.  Jadi setelah Anda memilih kategori yang sesuai dengan jenis produk Anda, maka nanti akan terbuka laman baru untuk mengisi informasi tentang detail barang. Mulai dari mengisi merek, kondisi (baru atau bekas), judul iklan, harga, serta penjelasan barang yang akan dijual.

Perhatikan baik-baik rangkaian foto ilustrasi dibawah ini dan lihat detail apa saja yang harus di isi. Pada tutorial ini saya membuat contoh ilustrasi menggunakan salah satu produk mainan saya.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Pada kolom penjelasan inilah para penjual (diharapkan) agar mengisi informasi dengan yang sebenar-benarnya. Selain itu, isi juga dengan detail kondisi barang. Misalnya, jika menjual mobil, jelaskan apakah pajak mobil sudah mati ataukah masih hidup, kemudian juga kondisi fisiknya. Begitu pula jika Anda menjual handphone (misalnya), maka sebutkan dengan jelas kondisi produknya. Dengan begini, pembeli tidak akan merasa tertipu.

Setelah detail produk di isi lengkap, maka klik tombol "Lanjut".

Info Menarik Lainnya : Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Mengunggah Foto Produk


Setelah isi detail produk selesai dan Anda telah meng-klik tombol "Lanjut", maka nanti akan terbuka laman baru yang berisi menu untuk unggah foto produk.  Perhatikan ilustrasinya di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Anda bisa langsung mengambil gambar foto, atau bisa juga mengunggah foto produk yang sudah ada folder smartphone Anda. OLX menetapkan beberapa peraturan mengenai pengunggahan gambar ini. Beberapa dari aturan itu adalah bahwa foto yang diunggah haruslah yang memiliki resolusi tinggi. Setidaknya gambar harus tampak jelas, terang dan tidak buram.

Perhatikan juga unsur kepantasan ketika mengunggah produk. Misalnya penjual adalah pebisnis pakaian dalam, maka usahakan menggunakan mannequin daripada model manusia. Selain itu, jangan menyalahgunakan merek dan watermark ketika mengunggah foto di OLX.

Masukkan Harga Produk dan Lokasi Bisnis Anda


Usahakan memberikan harga yang wajar dan hindari menggunakan angka yang tidak wajar. Misalnya harga yang terlihat aneh seperti Rp.6666666. Cantumkanlah harga yang bulat dan wajar, lihat contohnya pada ilustrasi harga produk RC helikopter saya di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Setelah mencantumkan harga, maka klik tombol "Lanjut". Nanti akan terbuka laman baru untuk mencantumkan lokasi bisnis. Lihat foto ilustrasinya di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Tuliskan lokasi bisnis Anda dengan tepat dan detail. Ini gunanya untuk memudahkan calon pembeli dan OLX sendiri untuk menentukan titik di peta atau GPS. Setelah itu kembali klik tombol "Lanjut", nanti akan terbuka laman baru seperti pada foto di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Tampak pada foto atas ada tulisan "Tampilkan nomor telepon di iklan". Saran saya sebaiknya di centang/klik tombol di bagian ini. Karena jika di klik, maka nomor telepon Anda nanti akan tercantum di iklan Anda, sehingga dapat memudahkan calon pembeli untuk menghubungi Anda.

Info Menarik Lainnya : Mau tau Cara Jualan di Lazada? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Selanjutnya Anda hanya tinggal klik tombol "Pasang Iklan Sekarang". Sampai di sini maka telah selesailah semua proses pemasangan iklan produk Anda di OLX. Hal ini ditandai dengan munculnya halaman baru seperti tampak pada foto di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Anda dapat memastikan iklan Anda telah tayang di OLX dengan menekan tombol "Lihat Kembali Iklan Anda" (lihat bagian bawah pada foto ilustrasi di atas). Nanti akan keluar tampilan seperti foto di bawah ini.

Cara Jualan di OLX Dan Tips Agar Dagangan Laku (Tutorial Lengkap)

Taraaaaaa!!! Akhirnya iklan produk RC Helikopter saya telah sukses tayang di OLX. 😉

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Bukalapak + Strategi Jitu Dagangan Cepat Laku

Tips Sukses Jualan di OLX


Biasanya, orang-orang menjual barang yang sudah tidak terpakai lagi di rumahnya ke OLX. Barang ini bisa berupa barang otomotif, elektronik, pakaian, tas, gadget, kamera, dan juga perkakas. Selain itu, property juga termasuk produk yang sering diiklankan di OLX baik untuk sewa atau dibeli.

Berikut tips saat berjualan di OLX:

Iklan Harus Bertahan Lama di Halaman Pertama


Setelah semua proses mengunggah iklan selesai, iklan akan muncul di halaman pertama OLX. Cara jualan di OLX memang mudah dan gratis serta iklan berpotensi dilihat oleh banyak orang. Namun, dengan banyaknya jumlah iklan yang masuk di OLX, iklan akan terus bergeser. Ini artinya iklan tidak akan lama ada di halaman pertama.

Untuk bisa terus bertengger di halaman pertama, penjual bisa meningkatkan status akun menjadi premium. Setelah mendaftar premium akun, penjual bisa mendapatkan fitur top listing yang akan membuat iklan tampil di halaman teratas selama seminggu. Dengan begini, potensi produk yang diiklankan terjual semakin tinggi.

Berikan Harga yang Masuk Akal


Kemudahan cara jualan di OLX bukan berarti membuat penjual mudah juga memasang harga. Jangan seenaknya memasang harga karena ini berpengaruh terhadap penilaian pembeli. Pasanglah harga yang ideal sesuai dengan di pasaran. Ketika harga terlalu tinggi atau terlalu rendah, pembeli bisa timbul kecurigaan dan memilih melihat iklan lain.

Misalnya, untuk mobil bekas, cari tahu terlebih dulu pasaran harga untuk mobil yang diiklankan. Setelah itu, lihat kondisi mobil dan ukurlah pantas tidaknya harga pasaran itu dengan kondisi mobil. Sama halnya dengan property, baik yang untuk dijual ataupun disewa. Selaraskan kondisi, lokasi dan juga kelengkapan dokumen dengan harga yang dipasang.

Berjualanlah dengan Aman


Dengan segala kepraktisan cara jualan di OLX, muncul banyak modus penipuan. Jangan mengirim barang sebelum menerima pembayaran. Bahkan untuk DP sekalipun. Usahakan bisa bertemu langsung dengan pembeli dan bertransaksi dengan sistem COD. Intinya, jangan memberikan barang sebelum menerima pembayaran. Biasanya, pembeli juga ingin keamanan, oleh karena itu, COD dianggap paling adil untuk kedua belah pihak.

Banyak keuntungan dengan berjualan atau beriklan di OLX. Salah satunya adalah bisa meminimalisir keberadaan barang bekas di rumah. Selain itu, juga bisa untuk memasarkan property yang ingin dijual atau disewa. Semua ini bisa dilakukan dengan mudah setelah mengetahui cara jualan di OLX yang ternyata sangat mudah dan praktis.

Demikian informasi tentang cara jualan di OLX, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Info Menarik Lainnya : Cara Jualan di Akulaku dan Syarat Menjadi Merchant (Pedagang)


Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Cara Jualan di OLX Dan Tips Dagangan Laku (Tutorial Lengkap) "