Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Simak! Cara Mudah & Tepat Dalam Menganalisis Peluang Usaha

Umumnya, pelaku bisnis pemula seringkali bingung menganalisis peluang usaha padahal sudah punya produk. Produk disini bisa barang atau jasa. Padahal, sebelum memproduksi atau memiliki produk, idealnya peluang usaha haruslah sudah diketahui.

Menganalisis peluang usaha bisa jadi menjadi hal yang sulit bagi pemula. Terkadang, waktu untuk menganalisis peluang ini bisa membuat orang tak kunjung memulai usaha. Inilah yang kadang membuat pemula mengabaikan proses analisis ini. Padahal, ada beberapa keuntungan dan tujuan dari analisis peluang usaha.

Simak! Cara Mudah & Tepat Dalam Menganalisis Peluang Usaha



Mengapa Perlu Menganalisis Peluang Usaha? Yuk Simak Penjelasan Selengkapnya

Pernahkah mendengar analisis SWOT? Sebagai pengusaha walaupun pemula, setidaknya harus memiliki pengetahuan tentang analisis SWOT ini. Strength, Weakness, Opportunity, dan Thread adalah hal-hal yang harus diketahui sebelum memulai usaha.

Katakanlah produk sudah dimiliki. Maka, tugas pemilik usaha adalah menganalisa apa kekuatan dari produk yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Ketahui juga apa kelemahan produk dibandingkan dengan pesaingnya. Perlu juga diketahui bagaimana kesempatan produk di pasar dan apa saja yang bisa menjadi ancaman bagi produk.

Salah satu tujuan melakukan semua analisis di atas adalah untuk memutuskan apakah usaha layak dilanjutkan atau tidak. Pengambilan keputusan terkait kelanjutan bisnis bisa lebih bijak setelah melakukan proses analisa di atas. Selain itu, menganalisis peluang usaha adalah untuk melakukan tindakan antisipasi.

Manfaat produk atau jasa bisa terlihat dari analisis peluang yang dilakukan. Ketika ada temuan bahwa produk ternyata tidak cocok dengan konsumen yang disasar, maka bisa dilakukan perbaikan atau perubahan strategi. Jadi, analisis peluang harus dilakukan untuk kelangsungan bisnis itu sendiri.
Artikel Menarik Lainnya : 17 Mindset Bisnis yang Dianjurkan Bagi Pelaku Usaha (Entrepreneur)

Keuntungan Menganalisis Peluang Usaha

Pebisnis yang mengabaikan analisis peluang sama saja tidak sedang menjalankan bisnis. Sebuah produk atau jasa yang hanya dilempar ke pasar tanpa analisa yang matang sudah pasti akan sulit bertahan. Berbeda dengan produk yang telah melalui tahapan analisis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari menganalisis peluang usaha:

1. Konsumen Lebih Mudah Didapatkan

Produk atau jasa yang akan dilempar ke konsumen sebaiknya dianalisa dulu manfaatnya bagi konsumen. Gaya hidup konsumtif yang marak saat ini tidak lantas menjadikan produk pasti laku dijual. Produk atau jasa yang laku adalah yang cocok untuk konsumennya.

Misalnya, biji kopi kualitas premium tentu tidak cocok dilempar ke pasar yang lebih memilih kopi instan atau sachet. Produk ini tentu lebih tepat jika dipasarkan ke sesama pelaku usaha misalnya pemilik café atau orang-orang yang menyukai kopi berkualitas.

2. Memiliki Kemampuan untuk Menghadapi Persaingan

Tidak ada produk atau jasa yang benar-benar original. Bisa dengan mudah dilihat bahwa pasar sering dibanjiri dengan produk yang sama. Analisis peluang sangat bermanfaat dalam menghadapi persaingan. Setelah menganalisa apa yang dilakukan pesaing pada produknya, maka keputusan untuk menghadapi persaingan bisa diambil.

Misalnya, produk pesaing memiliki kemasan yang kurang menarik, maka produk bisa dikemas dengan lebih menarik dan menonjol. Hal-hal seperti inilah langkah-langkah yang nantinya timbul setelah analisis dilakukan.

3. Meminimalisir Resiko

Resiko dalam bisnis pasti ada namun bisa diminimalisir dengan analisis yang tepat. Menganalisis peluang usaha bermanfaat untuk meminimalisir resiko salah satunya resiko kerugian. Resiko lain adalah kegagalan produk. Kegagalan dan kerugian bisa diminimalisir atau diantisipasi lebih awal berkat analisis yang dilakukan.

4. Memperoleh Keuntungan

Terakhir, analisis peluang bertujuan untuk mendapat keuntungan. Disadari bahwa tidak ada keuntungan yang diraih dalam waktu cepat. Namun, jika pebisnis lihai dalam membaca peluang, maka kemungkinan mendapat keuntungan yang lebih besar sangat terbuka.

Menganalisis peluang usaha berarti mengumpulkan data baik data konsumen atau juga riset-riset yang lain. Data ini bisa digunakan untuk menyusun strategi dalam hal peningkatan profit. Selain itu, keuntungan juga bisa didapatkan dari pengembangan bisnis hasil analisis peluang itu tadi.
Artikel Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Usaha Kecil Bersaing Dengan Usaha yang Lebih Besar?

Cara Jitu Menganalisis Peluang Usaha

Pemula seringkali bingung dan hilang arah dalam hal membaca atau menganalisis peluang. Maka, kali ini akan diberikan cara yang mudah menganalisis peluang, agar bisnis yang dijalankan bisa lancar. Simak penjelasan di bawah ini, ya.

1. Baca Setiap Persaingan Produk

Pernah melihat deretan produk susu bayi di supermarket? Seperti itulah kira-kira persaingan produk di pasaran. Produk boleh sama, namun tetap harus ada komponen atau hal yang membedakan. Bisa dari packaging, cara promosi, cara menjual dan banyak lagi.

Hal yang harus dilakukan untuk menghadapi persaingan produk ini adalah merencanakan produk seperti apa yang akan diluncurkan. Misalnya, seseorang menjual produk es kopi susu. Es kopi susu seperti apa yang akan memenangkan persaingan di antara produk es kopi susu yang sudah ada.

2. Perkaya Pengetahuan tentang Market

Pengetahuan tentang pasar sangat penting dalam menganalisis peluang usaha. Produk yang dimiliki harus ditargetkan ke pasar yang tepat. Sebagai contoh, dari pasar yang luas, kelompokkan lagi menjadi pasar yang lebih kecil dan cocok untuk produk yang dimiliki.

Misalnya, pebisnis ingin berjualan produk adalah pakaian anak. Pakaian anak untuk usia balita, bayi, laki-laki, atau perempuan, hal ini harus dianalisa. Dengan mengetahui tentang pasar sasaran, pebisnis jadi tahu kebutuhan dan karakter mereka. Setelah itu, pebisnis bisa memberikan produk yang tepat kepada pasar sasaran ini.

3. Modal

Menganalisis peluang dengan cara menilik kembali modal. Modal yang dimiliki harus disimulasikan untuk keperluan investasi dan produksi. Berapa banyak produk yang bisa dihasilkan dengan modal yang dimiliki. Jika peluang usaha sudah dianalisis, kebutuhan modal pun bisa diketahui.

Pebisnis akan bisa mengambil keputusan akan menggunakan semua dana yang dimiliki atau menambah modal. Menambah modal ini bisa dengan cara mencari investor, meminjam dana ke bank, atau dengan cara lain. Intinya, modal yang dimiliki bisa digunakan untuk memperkirakan berapa banyak produk yang akan diproduksi dan berapa banyak bisa memenuhi kebutuhan pasar yang telah dianalisis.
Artikel Menarik Lainnya : 12 Kiat Sukses Menjadi Pengusaha

4. Melihat Kembali Kemampuan Produksi

Kemampuan produksi bukan hanya masalah modal namun juga variabel-variabel pendukung lain. Proses produksi sangat bergantung pada keberadaan supplier, SDM, peralatan dan juga lokasi produksi. Pebisnis tentu sudah tahu seberapa besar kemampuan produksinya, maka dari sini sudah bisa terlihat seberapa banyak peluang yang bisa ia menangkan.

Kemampuan produksi ini juga erat kaitannya dengan bagaimana konsumen bisa mendapatkan produk. Maka, analisis peluang bisa dilakukan dengan menilik kembali bagaimana proses pendistribusian produk ke konsumen. Lakukan identifikasi mengenai saluran distribusi yang dimiliki. Dari sini akan didapatkan data tentang seberapa besar peluang produk bisa dengan mudah bisa diperoleh konsumen.

Menganalisis peluang usaha dibutuhkan tim dan riset yang komprehensif. Tim tidak perlu besar, tim kecil yang efektif akan lebih berguna. Dengan melakukan analisis peluang, maka pebisnis bisa mengambil keputusan apakah akan dilakukan perbaikan atau inovasi pada produk. Atau juga mengubah strategi pemasaran produk agar mendatangkan profit yang lebih besar lagi.

Demikianlah beberapa cara mudah dan tepat dalam menganalisis peluang usaha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Simak! Cara Mudah & Tepat Dalam Menganalisis Peluang Usaha"