Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Reputasi Tokopedia, Acuan Utama Buyer Dalam Memilih Seller

Tokopedia menjadi andalan pelaku bisnis online dalam hal memasarkan produknya. Toko-toko dengan reputasi bagus biasanya menarik di mata pengguna Tokopedia. Merchant atau toko yang bergabung di tokopedia harus memahami tentang reputasi Tokopedia karena ini berhubungan erat dengan keputusan pembelian dari konsumen.

Bagi yang belum bergabung dengan Tokopedia hendaknya juga mengetahui tentang reputasi Tokopedia ini. Tujuannya adalah untuk membuat toko bertengger di urutan atas pencarian Tokopedia.

Nah, mau tahu lebih jauh tentang hal ini? Simak artikel berikut sampai habis, yuk!



Reputasi Tokopedia Jadi Acuan Pengguna (Buyer) Ketika Memilih Toko (Seller)

Kira-kira apa yang terlintas di benak pembeli ketika melihat ribuan toko yang menjual barang yang sama? Tentu saja adalah mana yang akan dipilih. Normalnya, pembeli akan memilih toko yang menjual barang dengan harga lebih murah namun kualitas sama. Bagaimana halnya jika semua toko yang terpampang memiliki karakteristik ini?

Pengguna e-commerce sangat kritis dan praktis. Dari ilustrasi di atas, dipastikan pembeli akan langsung berkunjung ke toko yang memiliki reputasi baik. Di Tokopedia dikenal sistem reputasi toko dimana toko akan mendapat badge sesuai dengan performanya. Reputasi Tokopedia ini didapatkan dari pembeli dan penjual itu sendiri. Cara kerjanya mirip dengan hubungan timbal balik.

Penilaian yang diberikan oleh pembeli kepada toko akan menjadi dasar pemberian poin pada sistem reputasi Tokopedia


Ilustrasi

Sebaliknya, toko juga memberikan review kepada pembeli. Penilaian yang diberikan oleh pembeli adalah dalam bentuk pemberian smiley. Pembeli juga bisa menuliskan ulasan pada kolom ulasan jika dirasa perlu. Begitu pula sebaliknya, toko memberikan smiley atas reputasi pembeli.

Setiap smiley mewakili jumlah poin yang nantinya dijadikan acuan pemberian badge oleh Tokopedia. Reputasi tokopedia ini memiliki 4 kategori badge antara lain Bronze, Silver, Gold serta Diamond. Akumulasi smiley akan menentukan toko mendapat badge yang mana. Semakin tinggi perolehan poin, maka semakin baik badge yang diperoleh.

Reputasi toko di Tokopedia ini sangat mempengaruhi pembeli dalam memutuskan pemilihan toko. Pembeli cenderung percaya pada layanan toko dengan badge yang lebih baik. Sebagai contoh, keyakinan pembeli tentu lebih besar pada toko dengan badge Diamond daripada Bronze. Walaupun mungkin barang yang dijual sama.

Toko harus terus meningkatkan poin agar bisa memperoleh badge yang lebih baik lagi. Selain dari pembeli, poin juga bisa didapatkan dari Tokopedia sendiri. Sistem di Tokopedia akan otomatis memberikan poin jika toko bisa memenuhi pesanan secara berturut-turut tanpa pembatalan. Selain itu juga jika toko mengalami kenaikan badge dalam periode tertentu.
Info Menarik Lainnya : Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Kiat Mendapatkan Poin Reputasi Guna Memenangkan Keputusan Pembeli

Seperti telah diulas di atas bahwa reputasi toko yang diwakili oleh badge sangat berpengaruh pada keputusan pembelian pengguna. Pengguna cenderung membeli produk dari toko dengan reputasi baik yang ditandai dengan badge.

Peningkatan badge ini sendiri diperoleh dari akumulasi poin. Berikut ini kiat-kiat yang bisa dilakukan oleh pemilik toko di Tokopedia agar poin reputasi meningkat:

1. Memastikan Ketersediaan Produk

Pemilik toko atau yang biasa dikenal dengan istilah Toppers harus terus mengecek ketersediaan produk. Stok barang harus dipastikan dan di-update jumlahnya agar pembeli tahu berapa banyak produk yang tersedia. Informasi ini sangat penting karena berpengaruh terhadap penilaian dari pembeli nantinya.

Stok kosong membuat pembeli pindah ke toko lain dan menimbulkan kekecewaan. Jangan juga menolak pesanan apalagi pesanan baru. Hal ini bisa menurunkan poin yang telah dikumpulkan dan juga memicu berkurangnya reputasi toko.

2. Mengecek Pesanan dengan Teliti

Pemilik toko harus rajin-rajin mengecek pesanan yang masuk pada menu Pesanan Baru. Sebuah pesanan memiliki retensi atau batas waktu yaitu 2x24 jam. Pengecekan pesanan ini termasuk juga pada pemberian konfirmasi pengiriman. Pengiriman produk bisa dilakukan sesuai dengan pilihan logistik pembeli.

Pesanan yang tidak direspon dalam kurun waktu 2x24 jam akan dibatalkan secara otomatis dan ini merugikan seller. Ketelitian dan kecepatan penerimaan pesanan untuk diproses akan mempengaruhi perolehan poin. Oleh karena itu usahakan untuk mengecek pesanan secara berkala.

3. Memberikan Pelayanan Terbaik

Produk yang sudah dikonfirmasi artinya siap untuk dikirim. Sebelum dikirim, hendaknya dilakukan pengecekan terakhir dan memastikan kondisi produk baik. Kenali juga karakter atau jenis produk yang nantinya dikirim. Karena kerusakan pada saat pengiriman bisa menurunkan poin dan ini sangat merugikan.

Produk yang nantinya dikirim harus menggunakan jasa ekspedisi yang dipilih oleh pembeli. Maka, untuk menghindari rusaknya produk, pada produk-produk yang rapuh bisa disematkan stiker Fragile. Hindari keluhan pelanggan terkait pelayanan karena akan sangat berpengaruh pada pengumpulan poin.
Info Menarik Lainnya : Ongkir Olshop Mahal? Intip Cara Gratis Ongkir Tokopedia Ini

Hindari Dan Kenali Penalti Reputasi Toko

Poin-poin yang diperoleh dari sistem reputasi toko di Tokopedia bisa berkurang bahkan hilang. Hal ini dikenal dengan nama Penalti Reputasi Toko. Sistem penalti reputasi toko ini menyebabkan poin yang terkumpul menjadi berkurang. Tentu saja ini sangat merugikan seller karena sudah pasti pengguna tidak akan membeli dari toko yang badge-nya rendah.

Hal-hal yang memicu pengurangan poin akibat sistem penalti reputasi ini antara lain adalah mengabaikan pesanan, resi pengiriman invalid, dan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan. Lamanya waktu pengabaian pesanan juga menentukan banyaknya pengurangan poin. Tentu saja semakin lama semakin buruk.

Pengurangan poin juga bisa terjadi pada kasus pengabaian pengiriman atau ignore shipping serta pembatalan pesanan setelah konfirmasi pengiriman. Ingat bahwa keputusan pembelian oleh pengguna mayoritas terletak pada reputasi toko. Bayangkan jika toko terus menerus dikenai penalti, penjualan akan menurun dan mengalami kerugian.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari pemberian penalti reputasi toko seperti penjelasan berikut ini:

1. Lakukan Pengecekan Menu Konfirmasi Pengiriman

Menu konfirmasi pengiriman harus dicek secara berkala. Unggah bukti atau resi pengiriman sebelum tanggal jatuh tempo. Jangan sampai lupa atau melewatkan bagian ini karena akan berpotensi status order tidak berubah. Hal ini tentu menimbulkan keraguan dan kekecewaan bagi pembeli.

2. Pastikan Stok Produk Ada

Pembatalan pesanan salah satunya adalah karena produk ternyata tidak tersedia setelah pesanan dilakukan. Usahakan apa yang tertulis di keterangan jumlah produk sesuai dengan keadaan di gudang. Jumlah barang yang tersedia ini menjadi dasar pengguna melakukan pembelian. Jangan menipu konsumen dengan terus memasang stok barang yang tidak lagi tersedia.

3. Update Informasi Mengenai Tokopedia

Kebijakan di Tokopedia bisa berubah kapan saja. Sebagai merchant atau seller, maka disarankan untuk rajin-rajin mencari tahu tentang informasi terbaru di Tokopedia. Terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan batas waktu pemrosesan order dan konfirmasi pesanan, sistem penalti, serta fitur-fitur penjualan lainnya.
Info Menarik Lainnya : Cara Jual Hp Bekas di Tokopedia Ternyata Mudah, Yuk Simak!
Kesimpulannya, reputasi Tokopedia sangat berpengaruh pada keputusan pembelian dari para pengguna Tokopedia. Badge yang disematkan pada toko menjadi salah satu hal pertama yang dilihat oleh pengguna. Maka, meningkatkan dan mempertahankan performa serta pelayanan toko wajib dilakukan agar poin reputasi terus meningkat. Semoga toko online Anda semakin sukses!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Reputasi Tokopedia, Acuan Utama Buyer Dalam Memilih Seller "