Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Jual Hp Bekas di Tokopedia Ternyata Mudah, Yuk Simak!

Punya Hp bekas tapi bingung berapa standar harganya? Atau malas tawar menawar di counter Hp? Urusan jual Hp bekas sekarang ini tidak seribet dulu. Hp bekas ternyata bisa dijual di e-commerce, salah satunya Tokopedia. Cara jual Hp bekas di Tokopedia juga sangat mudah.

Sebagai e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia memahami kebutuhan masyarakat untuk keberadaan platform transaksi elektronik yang terpercaya. Salah satunya sebagai tempat untuk jual beli Hp bekas.






Bagaimana sebenarnya cara kerja dan penjelasan lebih detail tentang cara jual Hp bekas di Tokopedia ini? 


Yuk simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.


Caranya yaitu dengan menggunakan fitur "Langsung Laku".


Cara Jual Hp Bekas di Tokopedia Ternyata Mudah, Yuk Simak!

Apa Itu Fitur "Langsung Laku" Tokopedia?


"Langsung Laku" adalah sebuah fitur jual beli Hp bekas yang diluncurkan oleh Tokopedia.

"Langsung Laku" ini tersedia di aplikasi versi terbaru Tokopedia. Fitur ini memudahkan user Tokopedia untuk menjual Hp bekasnya tanpa harus membuka toko.

Untuk menentukan harga Hp yang akan dijual, sistem Tokopedia lah yang akan melakukannya. Pemilik Hp bekas tentu saja tidak dapat memasukkan harga sesuai keinginannya, karena Hp tersebut akan ditaksir oleh sistem Tokopedia.

Hp bekas yang dijual di Tokopedia melalui fitur "Langsung Laku" benar-benar akan langsung laku. Pemilik Hp tidak perlu menunggu pembeli karena setelah Tokopedia memberi kisaran harga, dan pemilik menyetujui, maka Hp bisa langsung laku. Hp akan dijemput oleh kurir AnterAja yang telah bekerjasama dengan Tokopedia.

Pembayaran Hp bekas yang dijual di Tokopedia akan masuk ke saldo penghasilan. Pemilik Hp bisa langsung mencairkan dana dengan cara mentransfer ke rekening bank miliknya. Cara jual Hp bekas di Tokopedia ini sudah bisa dicoba karena program ini sudah diluncurkan sejak 2019 lalu.

Artikel Menarik Lainnya : Panduan Cara Jualan di Tokopedia (Detail & Lengkap)

Cara Jual Hp Bekas di Tokopedia Pakai Fitur "Langsung Laku"

Cara jual Hp bekas di Tokopedia adalah melalui aplikasi "Langsung Laku". Hp lama yang sudah tidak digunakan lagi bisa dijual dengan harga yang sesuai dengan standar di pasaran. Pemilik hp lama tidak perlu pusing memikirkan berapa harga jual yang cocok untuk kondisi Hp bekasnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara jual Hp bekas di Tokopedia:

1. Install Aplikasi Tokopedia Versi Terbaru

Cara jual Hp bekas di Tokopedia hanya bisa dilakukan melalui aplikasi versi terbaru. Oleh karena itu, aplikasi Tokopedia versi terbaru ini harus terinstal pada Hp yang akan dijual, dan juga di Hp lain yang digunakan untuk proses penjualan.

2. Buka Fitur Langsung Laku pada Hp yang Akan Dijual


Pada Hp yang akan dijual, buka fitur "Langsung Laku" pada laman aplikasi Tokopedia. Cari menu "Jual Sekarang", kemudian tekan "Setuju". Setelah menekan Setuju, maka akan dilakukan pendeteksian tipe Hp (secara otomatis oleh sistem Tokopedia) terhadap Hp yang akan dijual. Estimasi harga langsung muncul setelah pendeteksian selesai.

Pada Hp jenis Android, pengguna tidak perlu memasukkan nomor IMEI karena sudah terinput secara otomatis. Namun untuk Hp iOs, nomor IMEI harus diinput secara manual. Setelah nomor IMEI terinput, maka segera pilih tombol "Mulai Cek Fungsi".

3. Lakukan Pengecekan Fitur Hp


Di tahap ini, pemilik Hp akan diminta untuk mengecek semua fitur di Hp oleh pihak Tokopedia. Pengecekan volume, layar sentuh, sampai tombol back perlu dilakukan. Untuk itu, disarankan untuk mengikuti semua proses pengecekan ini sampai selesai. Pilih menu "Lanjut Cek Fisik" untuk menyelesaikan proses.

4. Lakukan Pengecekan Fisik


Pengecekan fisik ini dilakukan pada Hp yang digunakan untuk proses penjualan, bukan pada Hp yang akan dijual. Pada Hp yang akan dijual, akan muncul link yang harus dibagikan pada Hp yang digunakan untuk proses penjualan. Setelah link dibagikan ke Hp yang digunakan untuk proses penjualan, maka ikuti perintah selanjutnya.

Langkah selanjutnya dari pengecekan fisik ini adalah pengambilan foto Hp yang akan dijual. Secara otomatis, Tokopedia akan memberikan kisaran harga, dan pemilik Hp harus menekan "Jual Sekarang". Setelah itu pihak Tokopedia akan langsung memproses transaksi ini.

5. Atur Kurir Penjemputan


Hp yang dijual akan dijemput oleh kurir AnterAja dan pemilik Hp harus mengatur waktu penjemputannya. Setelah melakukan pengaturan waktu, segera lanjutkan ke pembayaran kurir penjemputan ini.

Ketika pembayaran kurir diselesaikan, pemilik Hp bisa memantau pergerakan kurir melalui menu "Daftar Transaksi" di fitur "Langsung Aja". Pastikan pemilik Hp ada di lokasi penjemputan pada waktu yang ditentukan. Jika Anda tidak bisa hadir langsung, maka proses bisa diwakilkan orang lain/kerabat dengan membawa bukti menggunakan foto copy KTP Anda (sebagai pemilik Hp tersebut).

6. Transaksi Selesai, Hp Siap Dibayar

Pada tahap ini, maka cara jual Hp bekas di Tokopedia telah selesai, dan pembayaran akan diterima melalui saldo penghasilan yang tertera di aplikasi Tokopedia. Paling lambat, Anda akan mendapat pembayaran selama 1x24 jam. Setelah pembayaran masuk ke saldo, Anda bisa mentransfernya ke rekening bank yang dimilik Anda.

Perlu diingat bahwa transaksi jual beli melalui fitur "Langsung Laku" hanya bisa dilakukan untuk 1 unit Hp. Jika Hp bekas yang ingin dijual lebih dari 1, maka proses harus dilakukan satu per satu. Kemudian, jika ingin melakukan pembatalan penjualan, hal ini bisa diajukan pada menu "Pesan Bantuan".

Artikel Menarik Lainnya : Cara Jualan di Bukalapak + Strategi Jitu Dagangan Cepat Laku

Bagaimana Agar Hp Bekas Dihargai Tinggi?


Selain mengetahui cara jual Hp bekas di Tokopedia, tentunya pengguna ingin tahu bagaimana agar Hp bekas yang dimilikinya dapat dihargai tinggi. Ada sejumlah tips yang diberikan oleh pihak Tokopedia agar Hp bekas Anda tetap berharga tinggi.

1. Menjaga Kebersihan Body dan Screen Hp


Umumnya, Hp diberi screen protector dan juga body case. Lakukan pembersihan body dan screen dengan melepaskan semua protector dan case. Body dan screen yang mengkilap akan tampak menarik bagi calon pembeli.

2. Usahakan Kelengkapan Bawaan Produk Lengkap


Kelengkapan produk adalah earphone, kabel data, charger, manual book dan juga kartu garansi. Usahakan semua ini lengkap agar Hp bekas bisa bernilai tinggi. Pembeli ingin Hp bekas yang masih lengkap dengan perlengkapan aslinya. Kurangnya kelengkapan produk ini bisa menyebabkan harga jual rendah.

3. Kondisi Hp Harus Baik


Hal ini sangat jelas bahwa kondisi Hp sangat mempengaruhi harga jual. Oleh karena itu, usahakan untuk apik dalam menggunakan Hp. Misalnya, Hp dengan layar yang retak tentu memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan layar Hp yang masih utuh.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Jualan Online di Shopee Dan Tips Agar Laris Manis

4. Hp Berfungsi Normal


Seperti telah diuraikan di atas bahwa Tokopedia akan melakukan pengecekan fungsi Hp. Maka, pastikan volume berfungsi dengan baik, tombol-tombol bisa digunakan, layar sentuh bekerja serta penampilan fisik juga baik.

Selain empat tips di atas, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan saat menjual Hp. Yaitu untuk memindahkan dulu data-data yang ada di Hp lama. Setelah itu, hapuslah data-data yang ada di Hp lama. Tujuannya adalah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya pencurian data.

Nah, cara jual Hp bekas di Tokopedia cukup mudah bukan? Cukup dengan menginstal versi terbaru Tokopedia dan manfaatkan fitur Langsung Laku, Hp bekas yang bisa langsung terjual dengan cepat.
Simaklah dengan seksama tips-tips yang sudah diberikan di artikel ini, agar Hp bekas bisa dihargai tinggi.

Demikian info tentang cara jual Hp bekas di Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

2 comments for "Cara Jual Hp Bekas di Tokopedia Ternyata Mudah, Yuk Simak!"

Post a Comment

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)