Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19

10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang merasa cemas nilai aset yang dimilikinya semakin merosot pada masa pandemi Covid19 saat ini. Oleh karena itu, sangat diperlukan sebuah langkah yang tepat dan smart untuk mengantisipasinya secepat mungkin.

Bagaimana caranya?




Yaitu dengan melakukan beberapa langkah dan tips investasi yang aman pada masa pandemi Covid19 ini.

Langkah antisipasi itu sangat urgent untuk dilakukan. Karena jika tidak dilakukan segera, maka Anda bisa mengalami kerugian besar. Yaitu akibat dari kemerosotan nilai pada aset-aset yang Anda miliki.

Kok bisa begitu?

Betapa tidak? Karena wabah Corona ini memiliki efek domino yang secara berantai merontokkan pondasi ekonomi masyarakat dari segala sisi.

Efek domino dari pandemi Covid19 tersebut diantaranya:

  • Harga barang import cenderung naik akibat dari ketersediaan barang yang langka. Penyebab kelangkaan barang itu sendiri juga akibat dari distribusi dan proses masuk barang yang terhambat. Karena seperti kita tahu, bahwa pemerintah memang sengaja mengeluarkan kebijakan pembatasan demi untuk mencegah penyebaran virus Covid19.
  • Karena distribusi barang terhambat, sehingga otomatis harga barang menjadi naik.
  • Ironisnya ketika harga barang naik, daya beli masyarakat justru menurun (kecuali untuk produk sembako yang penjualannya tetap stabil).
  • Karena daya beli semakin menurun, sehingga banyak perusahaan dan berbagai usaha UKM yang bangkrut.
  • Efek domino selanjutnya adalah terjadi PHK massal dimana-mana.
  • Akhirnya efek domino ini berujung pada ketidakstabilan ekonomi nasional dan investor banyak yang pergi menyelematkan dirinya ke negara tetangga (Singapura).

Nah akumulasi dari semua efek domino diatas akhirnya membuat nilai tukar rupiah jadi terpuruk. Dan inilah penyebab utama yang membuat nilai aset yang anda miliki juga ikut terpuruk. Terutama jika aset yang anda miliki berupa uang rupiah dan barang (produk).

Sebenarnya kalau aset berupa produk masih bisa 'diselamatkan', yaitu dengan menaikkan harga jual barang tersebut. Nah yang paling apes adalah kalau Anda menyimpan aset berupa tabungan uang rupiah di bank. Karena nilainya pasti akan anjlok dan merosot pada saat pandemi Covid19 ini.

Jadi apa solusinya?

Berikut ini saya akan mencoba membantu Anda dengan memberikan tips investasi yang aman pada masa pandemi Covid19 ini. Saya akan memberikan 10 buah tips, 

yaitu :

1. Membeli logam mulia (emas batangan)


10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19


Investasikan aset uang rupiah yang anda miliki dalam bentuk logam mulia. Dan logam mulia yang paling populer digunakan orang sebagai alat investasi adalah emas.

Sebaiknya anda membeli emas batangan, jadi bukan emas berupa perhiasan. Sebab dari yang saya ketahui, emas batangan ini nilai jualnya lebih stabil (jika suatu saat Anda ingin menjualnya kembali) dibandingkan dengan emas model perhiasan.

Kelebihan dari logam mulia jenis emas batangan ini karena nilainya relatif tetap stabil. Bahkan nilainya bisa terus naik saat inflasi terjadi.

2. Membeli properti


10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19


Tips lainnya yaitu investasikan-lah uang anda dalam bentuk properti. Jadi kalau ada uang rupiah Anda tersimpan 'nganggur' di bank, maka lebih baik anda belikan ke rumah secepatnya. Karena ketika nilai rupiah semakin turun, maka kelazimannya tentu saja nilai rumah pasti jadi naik. Itu sudah menjadi logika pasar.

Nah logikanya lagi, daripada nilai uang rupiah Anda semakin turun, maka lebih baik anda belikan uang anda itu untuk membeli rumah sebelum inflasi semakin menjadi dan harga rumah terus semakin naik.

Info Menarik Lainnya : Keuntungan Bisnis Properti Dan Tips Agar Sukses Dibidang ini

Tentunya Anda sudah tahu bahwa properti adalah salah satu aset yang paling baik untuk dijadikan investasi. Karena nilai rumah pasti akan selalu naik seiring waktu. Sangat jarang sekali terjadi nilai jual rumah mengalami penurunan.

Terkecuali jika rumah anda tersebut terkena bencana seperti kejadian lumpur Lapindo, maka bisa jadi nilai jualnya menjadi turun. Tetapi musibah seperti ini 'kan diluar keumuman dan jarang terjadi. Secara umum, harga rumah pasti akan terus mengalami kenaikan, terutama jika lingkungan disekitar rumah tersebut mengalami pembangunan pesat.

3. Reksadana


10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19


Kita sama-sama tahu bahwa pada saat ini pasar modal seperti Bursa Efek Jakarta sedang berjuang menghadapi pandemi Covid19. Wabah ini berdampak secara langsung pada pasar modal diluar negeri maupun didalam negeri Indonesia.

Tapi syukurnya, ditengah gempuran pandemi ini, masih ada salah satu jenis investasi yang relatif aman untuk Anda jalankan, yaitu reksadana pasar uang.

Kenapa relatif aman?

Karena reksadana pasar uang menunjukkan kinerja yang relatif stabil sejak awal tahun 2020. Dari data yang ada, sejak bulan Januari hingga Maret tahun 2020, reksadana pasar uang mampu memberikan imbalan hasil secara konsisten senilai 1,29%.

Oleh karena itu, reksadana adalah salah satu pilihan investasi yang aman saat pandemi Covid19.

Jika Anda belum paham tentang seluk-beluk investasi saham, maka anda bisa belajar investasi saham di situs-situs yang secara spesifik mengulas tentang dunia saham. Salah satu blog investasi saham terbaik yang saya rekomendasikan adalah sahamtop.com.

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Mudah & Tepat Dalam Menganalisis Peluang Usaha

4. Obligasi.




Obligasi masih setali tiga uang dengan reksadana. Yaitu masih ada hubungannya dengan urusan penanaman saham.

Bedanya, obligasi ini membutuhkan dana/modal lebih besar daripada reksadana.

Lebih jelasnya, obligasi ini adalah semacam surat utang jangka panjang. Biasanya obligasi ini diterbitkan oleh pihak perusahaan (swasta) atau pemerintah dengan jumlah nominal dan jangka waktu tertentu.

Pihak investor dari obligasi ini akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual (capital gain).

5. Pinjaman P2P (Peer to Peer)


10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19


Apa itu pinjaman P2P?

Jadi jenis pinjaman Peer to Peer ini memungkinkan seorang individu untuk mendapatkan pinjaman uang dari beberapa individu lain (melalui perantara).

Bahasa sederhananya, pinjaman P2P ini bisa disebut dengan 'pinjaman sosial'.

Anda dapat menentukan jumlah uang yang akan Anda berikan (sebagai pemodal). Nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan pertahun. Keuntungan yang Anda dapatkan itu berasal dari bunga pinjaman Anda sebelumnya tadi. Dan semakin besar modal pinjaman yang Anda kucurkan, maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda peroleh.

Itulah diatas 5 tips investasi yang aman pada masa pandemi Covid19 terkait dengan aset (uang) yang Anda miliki. Nah saya akan menguraikan 5 tips lebih lanjut dibawah ini. Tips lanjutan ini terkait dengan beberapa sikap (baca: langkah) yang paling tepat untuk menghadapi pandemi Covid19 ini.

Yuk simak lebih lanjut!

Agar bisa melewati masa-masa yang berat dan ujian hidup akibat dari pandemi Covid19 ini, maka diperlukan beberapa tips dan langkah yang paling tepat. Tujuannya agar kita dapat melalui masa sulit ini dengan baik.

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bisnis Properti Syariah Beserta Cara Menjalankannya

Berikut ini 5 tips dan langkah penting yang harus Anda lakukan,

yakni :

1. Jangan terlalu panik.

Walau dalam situasi segenting apapun, maka hendaknya kita jangan pernah panik menghadapinya. Karena justru sikap panik itu malah menghilangkan konsentrasi kita, sehingga cenderung bikin tidak fokus dan bersikap tergesa-gesa.

Jangan sampai karena terlalu panik dan tergesa-gesa, sehingga Anda jadi memilih jenis investasi yang salah atau kurang tepat. Akibatnya dapat membuat investasi yang salah pilih itu hasilnya menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu jangan bersikap terlalu panik dan tergesa-gesa. Berfikirlah secara tenang, cermat, dan matang, insya Allah hasilnya akan dapat lebih memuaskan.

2. Pahami baik-baik sisi resiko.

Sebaik dan sebagus apapun jenis investasi yang Anda pilih, maka tentu saja akan tetap ada faktor resiko. Dengan menyadari hal ini, maka Anda dapat lebih logis dan realistis dalam menjalani investasi anda tersebut.

Dalam kehidupan ini tentu saja akan tetap ada faktor plus dan minus. Nah tinggal bagaimana caranya agar Anda dapat memaksimalkan faktor positifnya, dan memperkecil faktor negatifnya.

3. Tentukan dengan baik, yaitu akan berapa lama jangka waktu investasi yang Anda pilih tersebut.

Ini juga bagian penting lainnya yang harus anda perhatikan. Tentunya pandemi Covid19 ini tidak selamanya akan berlangsung. Pasti akan ada masa berlalunya (new normal).

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menentukan sampai jangka waktu berapa lama investasi yang Anda pilih itu untuk Anda targetkan.

Dengan memperhatikan dan memperkirakan jangka waktu investasi ini, maka Anda akan lebih dapat memperkirakan langkah strategis apa yang akan Anda lakukan untuk investasi selanjutnya dimasa mendatang.

4. Pahami apa sesungguhnya pengaruh terbesar pandemi Covid19 ini terhadap sektor industri.

Hikmah dari pandemi Covid19 ini adalah : Anda dapat menyelami dan meneliti lebih mendalam apa saja faktor-faktor yang paling terpengaruh, dan sektor industri apa yang paling terdampak oleh pandemi Covid19 ini.

Dari penelitian yang anda dapatkan itu, maka seyogyanya Anda harus sudah bisa mempersiapkan langkah strategis apa yang akan Anda lakukan dimasa mendatang. Terutama jika kelak ada terjadi wabah pandemi lagi. Tentunya kita harus bisa belajar dari pengalaman bukan?

Info Menarik Lainnya : 17 Mindset Bisnis yang Dianjurkan Bagi Pelaku Usaha (Entrepreneur)

5. Tentukan produk investasi apa yang paling tepat dan paling cocok dengan Anda.

Seperti yang telah sempat saya singgung diatas, bahwa pemilihan jenis investasi yang paling cocok ini tidak kalah pentingnya. Karena akan terkait dengan kenyamanan dan semangat Anda dalam menjalaninya.

Jika anda suka dengan jenis investasi itu, maka tentu saja anda bersemangat dan bergairah untuk menjalaninya bukan?

Dari semangat yang ada itulah yang pada akhirnya menghantarkan kesuksesan Anda.

Demikianlah artikel tentang 10 10 Tips investasi aman di masa pandemi covid19'. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "10 Tips Investasi Aman Dimasa Pandemi Covid19 "