Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Belajar Cara Bikin Rak Dinding Mandiri (Mudah dan Praktis)

Cara bikin rak dinding - Salah satu solusi untuk menyimpan barang dan membuatnya menjadi display adalah dengan membuat rak dinding. Selain berguna untuk menyimpan barang, rak ini juga sangat praktis dan ramah tempat. Apa sebab? Karena rak ini tidak perlu mengambil space yang banyak di dalam ruangan. Cara meletakkannya cukup dengan menempelkan ditempat tertentu pada dinding ruangan rumah Anda.

Rak dinding ini sendiri ada yang sudah jadi dan banyak tersedia ditoko-toko mebel. Namun daripada membeli rak dinding tersebut di toko furniture yang harganya relatif mahal, tentu lebih baik kita belajar cara bikin rak dinding yang sederhana dan mudah.




Dengan mengetahui cara bikin rak dinding secara mandiri, maka akan menghemat uang sekaligus bisa membuat rak sesuai dengan desain yang diinginkan.


Memang betul desain rak dinding dipasaran banyak tersedia, namun belum tentu cocok dengan anggaran serta ruangan rumah kita. Maka dari itu lebih baik kita bikin aja sendiri. Kita coba yuk! 😉

Mari mulai dengan membahas material yang dibutuhkan untuk membuat rak dinding melayang untuk sebuah ruangan kecil. Setidaknya ada beberapa bahan yang pasti dibutuhkan untuk membuat rak melayang. Material tersebut antara lain; plat besi 10 cm & 35 cm masing-masing 2 buah, triplek, cat kayu, lem, paku dan fisher sebanyak 4 buah.

Jika semua materialnya sudah siap, yuk simak cara bikin rak dinding melayang berikut ini.

Dimulai dari:

1. Memasang Bracket pada Dinding

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang bracket pada dinding. Caranya pun sangat mudah, yaitu siapkan plat besi yang telah disesuaikan dengan ukuran rak dinding. Jika tidak memiliki plat besi maka teralis jendela bisa menjadi pengganti bracket. Kemudian, buatlah lubang pada tembok sedalam 6mm menggunakan bor (buat sebanyak jumlah bracket yang dibutuhkan).

Setelah selesai membuat lubang, las plat besi yang berkuran lebih kecil pada bagian tengah plat besi. Nantinya bracket tersebut akan berbentuk seperti huruf T pada dinding. Agar bracketnya tidak mudah berkarat, maka lapisi bracket dengan cairan anti karat. Lihat contoh ilustrasi besi bracket tersebut pada foto dibawah ini.

Belajar Cara Bikin Rak Dinding Mandiri (Mudah dan Praktis)
Coba Anda perhatikan baik-baik, besi bracketnya seolah berbentuk seperti huruf T 'kan? 😊

2. Potong Kayu


Ini merupakan inti sekaligus bagian penting karena merupakan proses pembuatan rak. Pertama-tama, potonglah kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan, salah satu opsinya ada 50x60x30 cm. Ukuran ini biasanya cukup untuk menyimpan beberapa peralatan kecil serta menjadi tempat pajangan pigura.

Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.

Belajar Cara Bikin Rak Dinding Mandiri (Mudah dan Praktis)

3. Rakit & Gabungkan Potongan Kayu


Rakit semua bagian agar berbentuk seperti persegi panjang dengan menggunakan lem terlebih dahulu. Hal ini untuk memperkuat setiap bagian agar tidak mudah lepas. Selanjutnya, sekrup setiap bagian atau setiap sisi dari rak dinding.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan Triplek/Kayu)

4. Buat Lubang & Cat Kayu


Selanjutnya pada bagian bawah kayu papan rak, buatlah semacam lubang kecil memanjang. Lubang memanjang ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat dudukan papan kayu tersebut pada besi bracketnya. Jadi, pastikan ukuran lubangnya pas dengan ukuran bracket. Tujuannya agar kayu papannya bisa klop dengan kuat ke besi bracket tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, coba Anda perhatikan baik-baik foto nomor 1 diatas (yang kembali saya lampirkan dibawah ini). 

Belajar Cara Bikin Rak Dinding Mandiri (Mudah dan Praktis)


Fokus pada tanda panah merah. Lihat ke bagian bawah papan yang menempel pada besi bracket tersebut. Terlihat ada semacam lubang kecil memanjang untuk tempat tatakan papan kayunya bukan? 😊

Sebelum memasangnya ke dinding, amplas dan bersihkan semua bagian yang masih kurang bagus. Lalu cat warna kayu papan tersebut sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Jangan lupa sesuaikan dengan tema kamar atau ruangan yang akan digunakan sebagai tempat menggantung rak.

5. Memasang Rak Dinding pada Tembok


Setelah semua sudah jadi dan cat sudah kering, maka tiba saatnya untuk memasang ke tembok. Pastikan lubang kecil memanjang itu sudah terpasang dengan tepat pada bagian bracket, kemudian pasanglah rak tersebut ke dinding ruangan. 

Jika sudah terpasang dengan tepat, maka sekarang rak dinding tersebut sudah bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang Anda. Selain berfungsi untuk tempat menaruh barang, rak kayu ini juga bisa digunakan untuk tempat pajangan dan hiasan rumah.

Artikel Menarik Lainnya : Trik Menata Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman & Terkesan Elegan
Oh iya, untuk bagian pemasangan bracket pada nomor 1 sebelumnya diatas, jikalau menggunakan bor terlalu susah, maka Anda dapat menempelkan bracket rak pada dinding menggunakan perekat serbaguna. Namun raknya harus terbuat dari bahan triplek. Karena perekat ini hanya cukup kuat untuk menahan beban triplek pada tembok. Dan jangan menyimpan barang yang terlalu berat pada rak triplek tersebut.

Cara bikin rak dinding ini sebenarnya tidaklah sulit, asalkan Anda tahu cara membuat rak yang mudah dan simple. Hanya dengan sedikit material dan beberapa langkah saja, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah rak dinding yang keren dan menarik. Jadi, tunggu apalagi? Cobalah membuat rak dinding sendiri secara mandiri untuk rumah tercinta Anda. 

Home Sweet Home. 😉

Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Post a Comment for "Belajar Cara Bikin Rak Dinding Mandiri (Mudah dan Praktis)"