Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan Triplek/Kayu)

Cara membuat kabinet dapur sendiri - Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang seringkali terlihat tidak rapi. Kondisi ini terkadang membuat Anda menjadi malu, terutama jika ada kerabat atau teman yang datang bertamu ke rumah Anda. Tentunya kondisi ruang dapur yang berantakan tersebut dapat membuat tamu Anda jadi merasa kurang nyaman. Agar hal ini tidak terjadi lagi, maka buatlah sebuah kabinet untuk menyimpan semua peralatan memasak Anda tersebut.


Nah, daripada membeli kabinet yang baru, alangkah lebih baik kita mempelajari cara membuat kabinet dapur sendiri.

Karena pastinya akan lebih hemat biaya dan juga penuh dengan nilai kreatifitas kita sendiri.

Sebelum membuat sebuah kabinet, pastikan segala materialnya sudah ada terlebih dahulu. Material pertama yang dibutuhkan adalah kayu, papan plywood, cat, dan peralatan untuk pemasangan/pemotongan kayu.

Jika semua material telah siap, yuk ikuti cara membuat kabinet dapur sendiri dengan langkah-langkah berikut.

Dimulai dari:

1. Tentukan Lokasi Kabinet Yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi dimana kabinet akan dibuat. Jika ingin kabinet yang mudah diraih, maka buatlah kabinet yang berdekatan dengan lokasi kompor dan wastafel. 

Lihat contoh ilustrasinya pada foto dibawah ini. 

Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan TriplekKayu)

Ukuran kabinet nantinya tinggal menyesuaikan ukuran ruangan dapur. Sehingga tidak perlu harus membongkar bagian dari ruang dapur yang telah ada. Atau jika ingin terlihat lebih rapi maka bangunlah kabinet pada tembok diatas kompor dan wastafel. Jika area tersebut kosong, maka ukuran kabinet dapat dibuat sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jadi, ukurlah seberapa besar kabinet yang diinginkan.

Artikel Menarik Lainnya : Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

2. Potong Kayu atau Papan Triplek

Setelah lokasi, desain, dan ukuran telah ditentukan, maka tiba saatnya memotong kayu dan plywood untuk kabinet dapur tersebut. Pastikan Anda telah membuat desain gambar dengan detail sesuai ukuran dapur, sehingga akan memudahkan proses pemotongan kayu dan papannya.

Hal pertama yang sebaiknya dipotong dan dipersiapkan adalah kerangka dari kabinet. Potonglah kayu sesuai dengan panjang yang diinginkan. Buatlah bagian atas, bawah, kanan dan kiri lemari dan bagian alas tengah yang akan membagi kabinet. Lihat contoh ilustrasi pengerjaannya dibawah ini.

Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan TriplekKayu)

3. Cat dan Poles

Jika semua bagian telah dipotong, maka saatnya mewarnai kayu dan triplek sesuai dengan warna yang diinginkan. Apabila semua bagian sudah kering, maka poles seluruh bagian agar warnanya terlihat lebih cerah dan bagus. Lihat ilustrasi pengerjaannya dibawah ini.

Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan TriplekKayu)

Pastikan semua kering terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.

Ketika memilih warna kabinet, pastikan warnanya telah sesuai dengan tema dapur. Karena warna yang tidak sesuai biss membuat dapur tampak kurang bagus dan merubah mood memasak. Coba pilih warna netral seperti krem, coklat, putih dan hitam.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Konsep Desain Interior Scandinavian yang Sedang Ngetrend

4. Rangkai Kabinet

Tahap berikutnya adalah merangkai kabinet untuk dipasang di tembok dapur. Sebelumnya, pastikan besi untuk menahan kayu cabinet sudah terpasang pada dinding dapur. Jika kabinetnya berukuran panjang, maka pasanglah beberapa besi sekaligus agar lebih kuat.

Selanjutnya, pasang kerangkanya terlebih dahulu. Pastikan semua bagian kerangka cabinet terpasang dengan benar sebelum memasang bagian lainnya. Karena jika kerangka belum benar maka bagian lainnya tidak akan bisa dipasang. Lihat ilustrasinya dibawah ini.

Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan TriplekKayu)

5. Menata Peralatan Dapur

Jika tahap pemasangan telah selesai, saatnya menaruh dan menata peralatan dapur di kabinet yang telah dibuat. Tata piring dan gelas menjadi satu tempat, lalu bagian alat masak pada bagian yang lain. Hal ini untuk mempermudah proses pencarian nantinya serta membuat dapur tampak lebih rapi. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.

Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan TriplekKayu)

Pemilihan material di awal juga sangat menentukan keberhasilan kabinet. Jika ingin kabinet yang bertahan lama, maka pilihlah bahan kayu seperti kayu jati yang kuat. Namun, jika memiliki anggaran yang terbatas, gunakan kayu lainnya seperti triplek atau pallet.

Cara membuat kabinet dapur sendiri sebenarnya tidak susah dan bisa menghemat biaya. Namun dibutuhkan ekstra tenaga dan usaha dalam proses pembuatannya. Jadi, sebelum membuat sebuah kabinet pastikan untuk mempelajari caranya terlebih dahulu. Dan pastikan detail ukuran untuk setiap bagiannya agar tidak sampai ada yang salah.
Demikianlah artikel singkat tentang cara membuat kabinet dapur sendiri. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan Triplek/Kayu) "