Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Ingin Produk Anda Laris? Cobalah Cara Iklan Tokopedia Ini

Iklan adalah salah satu bentuk dari promosi penjualan yang efektif. Pengaruh iklan sangat besar dan bisa menjangkau pasar yang luas. Tidak hanya untuk produk yang dijual secara konvensional, barang-barang yang dijual online juga butuh diiklankan. Cara iklan Tokopedia patut dicoba untuk seller yang sudah bergabung dengan e-commerce ini.

Tokopedia sebagai e-commerce terbesar memiliki berbagai cara meningkatkan performa seller-sellernya. Salah satunya dengan iklan berbayar atau TopAds. Semua seller yang ingin tokonya lebih laris manis, maka bisa memanfaatkan fitur ini.


Ingin Produk Anda Laris Cobalah Cara Iklan Tokopedia Ini

Baca artikel ini sampai habis, ya. 😉

Promosikan Toko dengan TopAds, Raih Semakin Banyak Pembeli

Persaingan antara para merchant di Tokopedia sangat ketat. Ada ratusan ribu merchant menjual produk yang sama dengan harga sama pula. Pembeli kerap dipusingkan dengan banyaknya merchant ini. Kebanyakan pembeli akan langsung memilih merchant yang ada di urutan teratas karena ogah berselancar terlalu jauh.

Agar merchant bisa cepat meraih perhatian pembeli, maka merchant perlu ada di urutan teratas pencarian. Hal ini bisa didapatkan dengan mengaktifkan TopAds atau iklan Tokopedia. Cara iklan Tokopedia ini umum dilakukan oleh para merchant ketika ingin mempromosikan tokonya. Iklan ini juga dimanfaatkan para merchant untuk meningkatkan penjualan.

TopAds yang merupakan fitur iklan berbayar dari Tokopedia ini cukup efektif menjaring lebih banyak pembeli karena dipersenjatai dengan keyword targeting. Ketika pembeli mencari produk di pencarian Tokopedia, merchant yang telah mengaktifkan TopAds berkesempatan muncul lebih cepat. Selain itu, TopAds membuat merchant berada di urutan teratas pencarian Tokopedia.

Ada dua jenis TopAds yang bisa diikuti oleh merchant-merchant di Tokopedia yaitu TopAds Toko dan TopAds Produk. TopAds toko berarti merchant mengiklankan toko yang dimilikinya di Tokopedia. Sedangkan untuk TopAds Produk, yang diiklankan adalah produk-produk yang dijual oleh toko. Dua jenis TopAds ini efektif meningkatkan traffic dan penjualan.

Iklan Tokopedia bisa dipasang pada beranda atau halaman depan, halaman favorit, dan juga pada halaman kategori produk. Merchant bisa memilih salah satu atau juga ketiganya. Peluang produk menjadi populer dan bertengger di urutan teratas sangat besar jika mengaktifkan fitur TopAds ini.

Cara iklan di Tokopedia ini adalah cara berbayar namun tetap fleksibel. Merchant bisa menyesuaikan budget iklan sesuai dengan kemampuan. Selain itu, harga pemasangan iklan Tokopedia juga terjangkau yaitu mulai dari Rp. 250 saja. Biaya iklan di Tokopedia adalah per klik, jadi tentu sangat cocok untuk merchant dengan budget promosi terbatas.

Iklankan Toko dan Produk di Tokopedia, Ini Cara Aktivasinya

Sistem iklan di Tokopedia yang menggunakan keyword targeting tentu sangat efektif ketika kata kunci dimasukkan ke kolom pencarian. Maka, tidak heran toko dan produk yang diiklankan bisa mengalami peningkatan penjualan dan juga traffic.

Berikut ini akan dijelaskan cara aktivasi iklan Tokopedia agar penjualan meningkat:

1. Masuk ke Halaman TopAds

Setelah merchant login, masuklah ke menu "Toko Saya" kemudian pilih "TopAds". Setelah itu, aktifkan dengan menekan tombol "Aktifkan Sekarang". Langkah selanjutnya agar TopAds bisa aktif adalah dengan mengisi kredit TopAds.

2. Lakukan Pengisian Kredit TopAds

Kredit TopAds adalah sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk membayar iklan. Pengisian bisa dilakukan dengan menekan tombol "Tambah Kredit" dan isikan nominal kredit yang ingin dimasukkan. Setelah itu pilih menu pembayarannya. Pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara yang tertera di laman pembayaran ini.

3. Verifikasi Pembayaran

Setelah pembayaran dilakukan, pihak Tokopedia akan melakukan verifikasi atas pembayaran yang telah dilakukan. Setelah pembayaran ini diverifikasi, maka TopAds telah aktif, sehingga merchant (pedagang) bisa menggunakannya untuk mengiklankan toko ataupun produknya.

Penggunaan TopAds Produk oleh Merchant Tokopedia

Setelah TopAds aktif, merchant mulai bisa mengelola iklan yang diinginkan. Seperti telah disinggung di atas bahwa TopAds ada dua jenis yaitu TopAds Toko dan TopAds Produk. Untuk TopAds Produk, ada dua jenis pilihan iklan yang bisa dipilih oleh merchant, yaitu Iklan Per Klik dan Affiliate Marketing.

Pada jenis iklan per klik, maka produk yang diiklankan akan muncul pada urutan teratas ketika dicari oleh pembeli. Selain itu, iklan akan muncul pada halaman strategis yang sering digunakan oleh pembeli. Contohnya seperti beranda, halaman pencarian produk, kategori produk, serta halaman hot list Tokopedia.

Biaya untuk iklan per klik ini adalah sejumlah klik yang didapatkan oleh produk yang diiklankan. Untuk itu, seller harap berhati-hati agar jangan sampai melakukan klik pada produk sendiri. Hal ini akan berakibat pada berkurangnya saldo kredit TopAds.

Sedangkan untuk affiliate marketing adalah cara mengiklankan produk yang dijual di Tokopedia melalui media sosial, website, blog serta platform lain melalui program-program affiliate.

Biaya iklan jenis affiliate marketing ini adalah berupa komisi berdasarkan banyaknya transaksi dari influencer. Sedangkan komisi untuk influencer ditanggung secara pribadi oleh penjual.

Affiliate marketing ini cukup menarik karena biaya promosi bebas ditentukan sendiri oleh penjual.

Cara Mengaktifkan Iklan Per Klik

Iklan per klik bisa diaktifkan dengan masuk ke menu "Tambah Promo". Pilih tombol "Produk", kemudian tentukan produk mana yang ingin dipromosikan. Selanjutnya buat grup promo, lakukan pengaturan penempatan, dan atur biaya per kliknya.

Iklan per klik ini bisa diedit dan dikelola dengan mudah. Produk yang ada pada satu grup bisa dipindahkan ke grup lain dengan cara membuka Tab Produk yang ada di laman TopAds. Kemudian, pilih tombol "Edit" pada produk yang dimaksud, lalu atur produk tadi pada grup lain.

Cara Mengaktifkan Affiliate Marketing

Pada laman TopAds, klik tombol "Iklan". Setelah itu, pilih menu produk dan tentukan produk yang akan dipromosikan. Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan menu "Affiliate Marketing" yang ada di bagian bawah produk yang dipilih.

Perlu diperhatikan; bahwa untuk iklan affiliate marketing ini produk yang bisa diikutsertakan adalah yang ketersediaannya selalu di update, dan stoknya ada. Pembayaran kepada influencer adalah dengan memotong saldo penjual sesuai nominal yang telah disepakati antara penjual dan influencer.

Pembayaran dilakukan setelah barang terjual dan diterima oleh pembeli.

Rahasia Sukses Beriklan di Tokopedia

TopAds memang strategi yang jitu untuk para seller di Tokopedia, tapi ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi performa dari TopAds itu sendiri. Pertama, posisi produk di halaman pencarian tidak akan ada artinya tanpa foto produk yang menarik. Selain itu, perlu juga nama serta deskripsi produk yang jelas.

Selain itu, timing beriklan juga sangat menentukan. Iklan yang dipasang pada jam-jam sibuk orang berbelanja tentu lebih efektif daripada jam santai. Kemudian, perhatikan juga harga produk. Jika harga produk terlalu mahal dari produk sejenis, otomatis urutan teratas tidak akan berpengaruh apa-apa.

Stok barang juga menjadi salah satu faktor penting sukses tidaknya beriklan di Tokopedia. Ketika pembeli sudah memilih produk, namun ternyata stoknya kosong, maka tentu mereka akan pergi berbelanja ke toko lain. Iklan yang telah dipasang akhirnya menjadi sia-sia alias mubazir dan buang-buang biaya. Jadi semua ini sangat penting, dan harus diperhatikan oleh setiap seller sebelum beriklan di Tokopedia.

Nah, cara iklan Tokopedia di atas cukup mudah, bukan? Agar lebih efektif, jangan lupa untuk melakukan juga rahasia sukses beriklan yang sudah dibahas di atas. Selamat mencoba!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Ingin Produk Anda Laris? Cobalah Cara Iklan Tokopedia Ini"