Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)

Bukalapak menjadi salah satu e-commerce andalan masyarakat dalam membeli produk. Namun, tidak jarang user mengalami kendala saat belanja di Bukalapak. Untungnya, cara komplain Bukalapak tidak sulit. User bisa mengajukan komplain jika produk yang dibeli lama dikirim, rusak, kurang, atau mengalami kendala pengiriman lain.

Belanja di Bukalapak patut dicoba karena produk yang ditawarkan beragam dan ada opsi tawar menawar. Selain itu, penanganan komplain juga cukup prima sehingga pembeli tidak perlu khawatir.

Nah, seperti apa sebenarnya proses pengajuan dan cara komplain di Bukalapak?

 
Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)

Simak uraian dibawah ini yuk!

Layanan Komplain Bukalapak

Belanja di Bukalapak menjadi pilihan sebagian masyarakat di Indonesia. Bukalapak menjual berbagai produk dan juga menjadi platform pembayaran dan produk-produk digital. Metode pembayarannya juga beragam dimana user akan sangat dimudahkan.

Tetapi, belanja online tidak lepas dari kendala-kendala begitu pula di Bukalapak. Penjual yang ada di Bukalapak terkadang melakukan kesalahan saat mengirimkan barang atau barang rusak ketika sampai di tangan pembeli. Jika begini keadaannya, pembeli bisa mengajukan komplain.

Cara komplain Bukalapak bisa dilakukan melalui desktop ataupun smartphone. Pembahasan kali ini akan berfokus pada komplain melalui smartphone. Pasalnya, mayoritas orang berbelanja online melalui smartphonenya karena lebih praktis dan cepat.

Ada tiga jenis layanan komplain di Bukalapak yaitu Refund, Penggantian Barang, dan Penambahan Barang. Selain itu, pembeli juga bisa mengajukan komplain ketika barang tidak kunjung diterima. Pembeli bisa memilih salah satu dari ketiga jenis layanan komplain Bukalapak. Ketika barang tidak kunjung diterima, pembeli bisa mengajukan pembatalan.

Proses komplain inipun bisa dilacak oleh pembeli dengan fitur tracking. Progress pengembalian barang bisa dipantau melalui smartphone. Jika ada proses yang dirasa terlalu lama, pembeli bisa langsung mengajukan komplain ke Customer Service Bukalapak.

Cara Komplain Bukalapak Melalui Smartphone

Agar bisa mengajukan komplain di Bukalapak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Bukalapak terlebih dahulu. Setelah proses registrasi akun di Bukalapak, barulah pembeli bisa berbelanja dan mengajukan komplain.

Berikut ini akan diuraikan cara-cara komplain Bukalapak menurut kategorinya di smartphone:

1. Pengajuan Refund

Cara komplain Bukalapak yang pertama adalah mengajukan refund atau pengembalian dana. Refund berlaku untuk produk fisik, produk digital, dan juga pembelian tiket pesawat dan bus. Untuk refund tiket pesawat dan bus, tetap mengacu pada ketentuan pembatalan tiket. Pada pembelian tiket yang lain, refund tidak berlaku jika pembelian sudah selesai.

Cara pengajuan refund cukup mudah yaitu masuk ke aplikasi Bukalapak dan masuk ke menu Transaksi. Pilih pembelian yang ingin dikomplain dan klik Komplain. Pilih alasan komplain lalu klik Lanjutkan. Setelah itu, pada halaman pengajuan komplain, pilih solusi yaitu Pengembalian Uang.

Setelah memilih opsi Pengembalian Uang, maka masukkan nominal yang harus dikembalikan kemudian setujui kolom pernyataan dengan memberi tanda centang. Klik Kirim Komplain dan pembeli akan diarahkan ke laman Detail Komplain untuk berdiskusi dengan Penjual.

Ketika Penjual menyetujui permintaan refund, pembeli harus mengirimkan kembali barang yang diterima ke alamat yang ada di laman komplain. Setelah proses pengiriman selesai, klik Kirim Barang lalu isikan nomor resi. Setelahnya, klik Kirim Nomor Resi. Selanjutnya, uang pembeli akan dikembalikan ke saldo Buka Dompet.

Artikel menarik lainnya : Cara Daftar Jadi Agen Bukalapak dan Berbagai Keuntungannya

2. Penggantian Barang

Pembeli bisa mengajukan retur atau pengembalian barang jika pesanan yang diterima tidak sesuai. Caranya adalah dengan masuk ke aplikasi Bukalapak kemudian pilih Transaksi, lalu pilih Komplain. Selanjutnya, pilih transaksi yang akan dikomplain dan pilih alasan komplain. Masukkan pengajuan komplain yaitu Penggantian Barang dan klik Kirim Komplain.

Untuk layanan komplain ini, pembeli akan diminta untuk mengirimkan barang yang akan diretur ke Penjual. Sebelum mengirim, pastikan alamat Penjual sudah benar. Pembeli harus memberi persetujuan perihal akan menanggung ongkos kirim retur, yaitu dengan cara memberikan tanda centang pada kolom pernyataan. Setelah itu klik Kirim Komplain.

Langkah selanjutnya, pembeli akan masuk ke laman detail komplain. Pembeli bisa berdiskusi dengan Penjual di laman ini dan menjabarkan permasalahan dengan menekan tombol Diskusi Komplain. Ketika komplain diterima oleh Penjual, maka pembeli harus menerimanya dengan klik Terima Solusi.

Pembeli mengirimkan barang yang diretur lalu masukkan nomor resi (dibagian Masukkan Nomor Resi). Penjual akan mengirim barang pengganti setelah barang retur diterima. Ketika barang pengganti datang, pembeli bisa menekan Konfirmasi Terima Barang.

Jika barang pengganti tidak sesuai, pembeli juga bisa memilih opsi “Tidak, Kembalikan Uang Saya” lalu tekan Konfirmasi, maka dana pembelian akan dikembalikan. Namun jika sesuai, klik “Ya, Silahkan Teruskan Uang Pembayaran ke Penjual” lalu tekan Konfirmasi agar Bukalapak bisa meneruskan uang pembelian ke Penjual.

3. Penambahan Barang

Barang yang dikirim oleh Penjual bisa saja kurang dari jumlah yang dipesan. Jangan khawatir, pembeli bisa mengajukan komplain. Cara komplain Bukalapak dengan solusi penambahan barang cukup mudah. Seperti biasa, masuklah ke aplikasi Bukalapak dan pilih Transaksi. Pilih transaksi yang bermasalah kemudian klik Komplain.

Pada laman pengajuan komplain, pilih alasan mengapa produk bermasalah. Selanjutnya, pilih opsi solusi yaitu Penambahan Barang, lalu klik Kirim Komplain. Pembeli akan dibawa ke laman diskusi dengan Penjual, dimana pelanggan bisa menguraikan permasalahan. Diskusi dengan penjual ini harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah solusi diterima oleh Penjual, barang tambahan akan dikirim ke alamat pembeli. Pembeli harus melakukan konfirmasi ketika barang sampai dengan menekan Konfirmasi Terima Barang. Jika barang yang diterima sesuai, klik "Ya, Silahkan Teruskan Uang Pembayaran ke Penjual" lalu tekan Konfirmasi.

Jika barang yang diterima tidak sesuai, pembeli juga bisa menekan "Tidak, Kembalikan Uang Saya". Bukalapak akan melakukan penelusuran dan investigasi terlebih dahulu, sebelum mengembalikan dana ke saldo Buka Dompet pembeli.

Artikel menarik lainnya : Cara Gratis Ongkir di Bukalapak > Belanja Makin Asik & Murah

Kendala Komplain Bukalapak

Layanan komplain Bukalapak memang terbuka untuk semua pembeli. Namun, layanan yang dimiliki ini juga masih memiliki sejumlah masalah yang menurut pembeli menyulitkan. Seperti telah diulas di atas bahwa pembeli diharuskan mengirim barang yang di retur. Ongkos kirim pada proses pengembalian ini ditanggung oleh pembeli.

Pembeli sering keberatan dengan kebijakan ini karena pembeli menganggap kesalahan ada pada penjual. Sehingga, seharusnya penjuallah yang harus menanggung ongkos kirim pengembalian barang. Selain itu, proses konfirmasi dari pihak Bukalapak termasuk cukup lama menurut para pembeli.

Kemudian, penjual di Bukalapak juga sering lambat memberikan respon sehingga proses retur bisa bertambah lama. Dilansir dari mediakonsumen.com belum lama ini ada juga keluhan dari pembeli yang hampir menjadi korban penipuan dengan teknik phising dari penjual di Bukalapak. Pengaduan ke customer service Bukalapak tidak mendapat solusi yang semestinya.

Cara komplain Bukalapak memang cukup mudah dan praktis. Namun, ada beberapa kebijakan yang harusnya bisa diperbaiki agar konsumen tidak merasa dirugikan. Belanja online adalah soal pengalaman, ketika mendapat pengalaman buruk, kemungkinan besar konsumen tidak akan kembali lagi. Nah, semoga Bukalapak kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.  

Artikel menarik lainnya : Cara Belanja Nyicil di Bukalapak (Belanja Kian Mudah & Memuaskan)

Demikianlah artikel tentang cara komplain di Bukalapak. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)"