Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas

Cara menata dapur sempit sederhana - Memiliki rumah dengan lahan terbatas memang menjadi tantangan tersendiri. Walaupun begitu, bukan berarti rumah sempit tidak bisa rapi dan didesain semenarik mungkin. Sebaliknya, dengan lahan yang tidak begitu besar, justru seseorang lebih mudah melakukan penataan. Dalam tulisan ini, ada beberapa cara menata dapur sempit sederhana agar tetap terasa nyaman beraktivitas di sana.

Bagi sebagian ibu rumah tangga, dapur adalah ruangan yang penting. Apalagi jika dia tidak memiliki asisten rumah tangga. Bisa dikatakan sebagian besar waktunya akan dihabiskan di sana. Terutama diwaktu pagi, sore, dan malam hari. 


5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas
Ilustrasi dapur sederhana.


Pada pagi hari biasanya dimulai dengan aktifitas memasak menu makanan (nasi, gulai lauk, dan sayur untuk makan pagi). Ketika sore hari sang ibu rumah tangga kembali ke dapur. Yaitu memasak sayur untuk menu makan malam nanti. Kemudian pada saat malam hari menjelang tidur, si ibu kembali ke dapur untuk memanaskan sisa gulai tadi pagi (agar tidak basi).

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Kenapa sayurnya harus dimasak 2 kali? Bukankah bisa dimasak dalam jumlah banyak sekaligus dipagi hari, sehingga tidak perlu memasak sayur lagi di sore hari?"

Jawabannya: Karena sifat sayur jauh berbeda dengan gulai. Jika sayur dipanaskan lagi, maka akan hilang nilai gizinya (terutama sayur bayam). Sedangkan jika memanaskan gulai lauk, maka itu tidak mengapa (kandungan gizinya akan tetap ada didalam lauk tersebut).

Nah, hal-hal seperti diatas itulah yang membuat seorang ibu rumah tangga tidak bisa lepas dengan kegiatan didapur. Setidaknya ibu rumah tangga akan berada didapur 2 kali dalam sehari. Yaitu untuk memasak di pagi hari, dan memanaskan kembali masakannnya itu di malam hari.

Oleh karena itu diperlukan penataan yang baik pada ruang dapurnya tersebut. Karena kalau penataan dapurnya tidak nyaman, tentu lama kelamaan sang ibu rumah tangga akan merasa jenuh beraktifitas disana. Apalagi kalau dapurnya sudah sempit, tata letaknya pun berantakan pula. Haduh! Kasihan sekali si ibu itu. 

Oleh sebab itu, cara menata dapur sempit sederhana perlu diperhatikan oleh anggota keluarga lainnya.

Baik oleh suami atau anak-anaknya. Bantulah istri atau ibu kita itu untuk menata dapurnya. Agar beliau senantiasa merasa betah untuk beraktifitas disana. 

Nah, bagaimanakah cara menata dapur sempit sederhana, sehingga terasa nyaman beraktifitas disana?

Yuk simak terus ulasan selengkapnya dibawah ini. 

Mendekorasi Ulang Dapur Berlahan Sempit

Sebelum menata ulang dapur yang ada saat ini, coba perhatikan sejenak sekeliling ruangan. Perhatikan apakah ada barang-barang yang sekiranya sudah tidak terpakai. Kalau ada, segeralah dibuang. Karena ini akan memudahkan Anda pada saat penataan ulang nanti. Lagipula, dapur yang sempit tidak perlu terlalu banyak barang disana. 

Kalau sudah menyingkirkan semua benda-benda tidak terpakai tersebut, maka cobalah cara-cara di bawah ini:

1. Menyimpan Barang-Barang yang Jarang Dipakai

Saat memilah barang-barang di dapur, pasti ada beberapa yang sayang dibuang karena khawatir masih dibutuhkan. Tidak masalah mempertahankan itu semua, asal ditempatkan dengan rapi. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam satu wadah. Kemudian taruh wadah tersebut di dalam lemari. 


5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas
Ilustrasi.

Namun akan lebih baik kalau menyimpannya di dalam gudang (jika barang itu sudah sangat jarang dipakai lagi). Ini akan mengurangi jumlah barang yang ada di dapur.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Peralatan Dapur Yang Rapi & Teratur

2. Buat Rak Ekstra

Manfaatkan bagian dinding yang kosong. Bisa membuat rak ekstra kalau memang seluruh laci dan lemari yang ada sudah penuh terisi. Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas

Atau, rak ekstra ini juga bisa dibuat di atas lemari (jika dibagian sisi dinding sudah terdapat pajangan). Adanya rak ekstra ini dapat membantu sebagai tempat penyimpanan. Daripada barang-barang ditaruh di atas meja, atau berserakan di lantai, lebih baik naikkan ke atas rak dan disusun dengan rapi.

3. Perabot di Sudut Ruangan


5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas

Sistem dekorasi vertikal memang banyak direkomendasikan untuk ruangan-ruangan sempit, termasuk dapur. Bisa coba dengan cara menaruh perabot yang disudut ruangan. Teknik ini paling sering dipakai orang untuk mengakali ruangan dapur yang sempit. 

Ini akan memberikan ruang lebih pada dapur tersebut, sehingga dapat digunakan untuk memasukkan barang lainnya. Namun satu perlu diingat; yaitu barang perabotan yang ditaruh didapur hanya yang paling penting saja. Yaitu perabotan yang benar-benar terpakai kegunaannya. Sehingga perabotan yang ada itu benar-benar efektif dan efisien. Sehingga memudahkan proses memasak seorang ibu rumah tangga.

Info Menarik Lainnya : Unik! Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu dengan Dapur

4. Pilih Wadah Satu Tone Warna

5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Lua

Pemilihan warna perabot jarang diperhatikan, tapi sebenarnya ini mempengaruhi kesan dapur sempit apakah akan terlihat lapang atau tidak. Usahakan untuk tidak memilih perabot atau peralatan yang berwarna-warni. 

Semakin minimalis warna-warna di dapur, maka ruangan tersebut akan terasa lebih lapang. Pemilihan satu hingga dua warna cukup untuk sebuah dapur yang sempit. Kalau salah memadukan warna, nantinya dapur akan terasa sumpek.

5. Ganti Ukuran Tempat Sampah

Satu lagi, inipun jarang disadari oleh sejumlah pemilik rumah. Beberapa orang mengira kalau ukuran tempat sampah yang besar akan membuat dapur terlihat rapi dan bersih. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat karena dapur yang sempit harus memiliki tempat sampah yang berukuran proporsional.

Jika tempat sampah terlalu besar dan banyak sampah di dalamnya justru akan membuat dapur terlihat kotor dan berantakan. Ganti tempat sampah dengan ukuran yang lebih pas supaya kebersihan dan kerapihan tetap terjaga.

Lihat contoh ilustrasi tempat sampah yang proporsional tersebut dibawah ini.


5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas

Info Menarik Lainnya : Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal

Idealnya, dapur yang sempit memang tidak direkomendasikan memiliki banyak lemari dan rak. Selain itu, ukuran perabot pun disesuaikan dengan luas dapur. Jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang lucu namun sebenarnya tidak dibutuhkan. Cara menata dapur sempit sederhana perlu dilakukan dengan tenang supaya kebutuhan tetap terpenuhi namun dapur bisa jadi lebih terasa lega.

Demikianlah info tentang cara menata dapur yang sempit agar terkesan luas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Terkesan Luas "