Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal

Desain dapur dan kamar mandi berdekatan - Ketika Anda sedang membangun rumah, maka ada dua ruangan yang harus mendapat perhatian khusus. Dua ruangan itu adalah bagian dapur dan kamar mandi. Idealnya dua ruangan ini lokasinya jangan terlalu berdekatan. Hal ini berkaitan dengan nilai estetika, juga ditinjau dari sisi kebersihan.

Seperti kita tahu bahwa ruang kamar mandi itu berfungsi untuk tempat mandi dan buang hajat. Biasanya didalam kamar mandi itu pasti ada kloset yang identik dengan kotoran dan kuman. Nah bagaimana perasaan Anda kalau ruang kamar mandi tersebut berlokasi disamping dapur, atau saling berhadapan? Tentu akan timbul semacam rasa risih ketika Anda sedang memasak, sedangkan dikamar mandi juga ada anggota keluarga Anda yang sedang buang air besar. 



Memang ada kondisi tertentu yang desain dapur dan kamar mandi berdekatan karena keadaan.

Dan mau tidak mau keadaan itu harus diterima. Misalnya jika rumahnya berlokasi dikota besar seperti Jakarta. Seperti kita ketahui bahwa harga tanah dikota Jakarta sudah pasti mahal. Dan tidak semua orang mampu membeli tanah dalam ukuran luas dikota besar tersebut. Sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk membuat jarak signifikan antara ruang dapur dengan kamar mandi. Lha wong luas tanah dan diamater bangunannnya saja terbatas, sehingga mustahil untuk membuat jarak antara ruang satu dengan lainnya.

Nah kalau kondisinya darurat seperti diatas, maka tidak mengapa desain dapur dan kamar mandi berdekatan.

Yang penting kebersihan kamar mandi dan kloset harus selalu diperhatikan. Bersihkanlah ruang kamar mandi secara rutin, sehingga baunya tidak menyebar hingga ke ruangan dapur.

Sebenarnya ada solusi jitu jika Anda memiliki tanah yang tidak terlalu luas. Yaitu dengan cara membuat bangunan secara bertingkat. Namun ingat! Tetap ada hal penting yang harus diperhatikan. Yaitu penempatan bangunan kamar mandi tidak boleh berada tepat di atas dapur secara vertikal. Jadi aturlah posisi bangunannya.

Bagaimana caranya?

Salah satu caranya yaitu dengan membuat kamar mandi disisi kanan tingkat atas, dan dapur disisi kiri bawah bangunan. Hal ini bertujuan agar jangan sampai ada rembesan air kotor (dari kamar mandi atas) ke ruang dapur dibawahnya.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Kenapa harus begitu?"
Jawabannya: Karena ruang dapur itu identik sebagai ruangan untuk memasak dan menyimpan makanan. Tentu Anda akan merasa jijik jika ada rembesan air dari kamar mandi atas yang menetes ke ruang dapur bukan? Terkecuali bila ruangannya memiliki fungsi yang sama. Misalnya sama-sama ruang kamar mandi, yang satu ada ditingkat atas, satunya lagi ada dibagian bawah bangunan. Bila seperti ini, maka tidak mengapa kalau posisinya sejajar secara vertikal antara kamar mandi atas dengan yang dibawahnya.

Selain cara diatas, berikut dibawah ini akan saya uraikan beberapa tips dalam mengatur ruang dapur dengan kamar mandi. Tips ini diperuntukan bagi Anda yang memiliki tanah atau bangunan yang tidak begitu luas.

Diantaranya:

1. Dapur Terbuka di Samping Kamar Mandi


Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal
Ilustrasi.

Konsep semacam ini dapat dicontoh apabila pintu masuk kamar mandi berada di area terbuka. Memanfaatkan ruangan samping kamar mandi sebagai dapur terbuka tentu sangat menarik untuk dicoba. Terlebih area dapur yang terbuka memudahkan sirkulasi udara di area dapur.

Kemudian, lokasi kamar mandi di dekat area terbuka, tentu sangat menentramkan hati. Apalagi ketika menikmati bathing time dengan mendengarkan suara kicauan burung di area terbuka. Bisa juga menambahkan ruang makan outdoor di tengah-tengah taman agar memberikan kesan yang menyenangkan dan menyegarkan.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Dapur dan Ruang Makan Mungil (Unik plus Menarik)

2. Kamar Mandi di Samping Dapur


Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal
Ilustrasi.

Desain dapur dan kamar mandi berdekatan adalah dengan menempatkan kamar mandi tepat di samping dapur. Hal ini dirasa sangat lumrah terjadi pada hunian rumah di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Umumnya, kamar mandi diletakkan di samping dapur untuk memudahkan peletakkan pipa saluran air agar tidak terlalu jauh.

3. Kamar Mandi di Ujung Dapur

Desain berikutnya dengan meletakkan kamar mandi di ujung dapur. Peletakkan kamar mandi di ujung dapur untuk memperluas ruangan dapur. Bila tidak diletakkan di ujung maka dapur akan terasa sempit.

Lihat ilustrasinya dibawah ini.


Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal


Desain kamar mandi yang terletak di dekat dapur seperti ini umumnya dapat ditemukan di rumah-rumah daerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina. Dengan meletakkan kamar mandi di dekat area dapur dan ruang makan, akan memudahkan penghuni rumah untuk bersiap makan setelah membersihkan diri.

Info Menarik Lainnya : Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka (Cocok untuk Milenial)

4. Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Berikutnya adalah salah satu contoh desain yang dapat ditiru bagi rumah minimalis dengan dua lantai. Memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai dapur kecil dapat dijadikan sebagai solusi. Tepat di samping dapur, terdapat kamar mandi untuk tamu yang memudahkan tamu untuk menemukannya.

Lihat contohnya dibawah ini.


Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal


Keberadaan dapur kecil ini memang dikhususkan untuk membuat teh dan menyajikan kudapan ringan bagi tamu. Sehingga, tidak diperlukan banyak peralatan dapur di ruangan ini. Warna keramik porselen yang senada dengan kamar mandi meringankan anggaran dana yang dibutuhkan untuk merenovasi dapur dan kamar mandi.

5. Kamar Mandi di Bawah Tangga


Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal


Kamar mandi dapat diletakkan tepat di bawah tangga dekat dapur. Memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga menjadi kamar mandi adalah sebuah ide brilian. Selain itu lokasi dapur yang berada di ruangan di samping tangga memudahkan instalasi pipa air karena sejalur. Desain semacam ini bisa diterapkan di rumah-rumah yang area bangunannya cukup luas.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!
Nah, demikianlah 5 inspirasi desain dapur dan kamar mandi berdekatan. Contoh desain ini dapat dijadikan contoh sebagai desain kamar mandi dan dapur yang berdekatan. Tak ada salahnya mencoba dan berkonsultasi dulu dengan arsitek rumah sebelum renovasi.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Simak! Desain Dapur dan Kamar Mandi Berdekatan Yang Ideal"