Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!

Desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan - Apakah Anda memiliki rumah dengan gaya minimalis? Bagaimanakah konsep desain ruangan pada rumah minimalis Anda? Kebetulan artikel kali ini mengulas tentang konsep desain ruangan pada rumah minimalis.



Yaitu desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan.

Pemilik rumah minimalis biasanya suka mendesain secara khusus salah satu ruangan dirumahnya. Biasanya bagian yang dipilih adalah ruang tengah. Kenapa yang dipilih ruang tengah? Karena biasanya ruangan ini berukuran cukup luas. Nah ruangan tengah itulah yang dirancang menjadi dua fungsi. Yaitu sebagai ruang berkumpul keluarga, sekaligus untuk ruang makan.

Apa tujuan menggabungkan satu ruangan yang luas itu ke dalam 2 fungsi? Dan apa manfaat dari desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan?

Tujuannya tentu saja agar dapat menumbuhkan kehangatan, kebersamaan dan keharmonisan didalam keluarga tersebut. Jika ada ruangan besar khusus untuk berkumpul serta makan bareng dirumah tersebut, maka tentu masing-masing penghuni rumah dapat saling berkomunikasi, bertukar pikiran, dan saling bercanda di ruang tengah tersebut.
Sehingga terciptalah sebuah keluarga yang hangat dan harmonis
Bandingkan kondisinya jika sebuah rumah hanya memiliki ruang makan dan ruang tamu yang sempit. Masing-masing anggota keluarga hanya bisa berkumpul disaat waktu makan saja. Setelah itu masing-masing dari mereka hanya sibuk dengan urusannya sendiri.

Anak yang paling tua sibuk mengurung diri dikamar, 2 orang adiknya hanya sibuk dengan gadget ditangannya, sedangkan sang ibu dan bapaknya juga sibuk dengan urusan pekerjaannya masing-masing. Nyaris tidak ada waktu untuk berkumpul, makan-makan dan ngobrol bareng dirumah itu. Sungguh betapa suram, sunyi dan sepi suasana keluarga yang seperti itu. 

Nah, diantara dua kondisi diatas, maka suasana yang manakah yang akan Anda pilih?

Yup! Sudah pasti Anda akan memilih suasana keluarga yang pertama. 😊

Nah, mungkin sekarang timbul pertanyaan baru dipikiran Anda: "Lantas, seperti apakah contoh desain ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan itu?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka berikut ini ada beberapa referensinya.

Diantaranya:

1. Suasana Segar Warna Hijau dan Pastel

Konsep penataan ruangan ketiga adalah dengan memadukan warna hijau dengan pastel. Warna hijau yang cenderung cerah memberikan efek segar. Kemudian warna ini akan sangat cocok dengan furnitur di ruang keluarga dengan dominan warna pastel seperti putih gading dan krem pastel.

Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!


Di belakang keluarga terdapat ruang kosong yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang makan. Sehingga, sambil menikmati makanan juga sambil bersantai dengan keluarga di rumah. Warna meja makan disarankan cenderung warna pastel akan senada dengan furnitur di ruang keluarga.

2. Nuansa Feminin

Salah satu inspirasi desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan adalah menghadirkan nuansa feminim dengan memberikan desain interior dan furniture bernuansa feminim. Di sisi ruang keluarga menggunakan sofa minimalis berwarna putih bersih yang diberi selimut dan bantal berwarna pink pastel. Serta, karpet bulu di ruang keluarga menghadirkan kesan feminin yang bersih dan nyaman.

Lihat ilustrasi dibawah ini.


5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!


Kemudian pada ruang makan, tampak ditata dengan sederhana. Desain meja makan berwarna putih yang sangat sederhana dipadukan dengan kursi berwarna hitam menghadirkan kesan minimalis. Selain itu, warna monokromatik pada meja makan terlihat sangat kaku bila dibandingkan konsep yang dihadirkan di ruang keluarga.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Banget Lho!

3. Unsur Kayu yang Cerah

Konsep kedua adalah menggunakan unsur kayu dengan warna oak gelap yang dipadukan dengan warna kuning yang cerah. Warna oak gelap dan kuning sangat cocok untuk menghadirkan konsep natural yang menyegarkan mata. Kontras warna antara kuning dan coklat oak gelap sangat serasi.

Lihat ilustrasi berikut ini.


5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!


Terlebih desain interior rumah minimalis akan menghadirkan kesan yang sederhana dan sangat nyaman untuk dihuni. Desain interior nya yang sangat menyenangkan, terlebih warna dinding abu-abu muda seperti menjadi latar belakang yang tepat untuk penataan dengan unsur kayu dan warna cerah.

4. Tatanan Ruangan Sesuka Hati

Ruangan seperti di gambar ini merupakan salah satu konsep yang dapat ditiru karena tidak ada patokan mengenai menata ruangan. Satu ruangan keluarga ini langsung terhubung dengan ruang makan sehingga tampak seperti dua ruangan yang berbeda. Ruangan ini menjadi sangat menarik bila ditata sesuai dengan keinginan.

Lihat contohnya dibawah ini.


5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!


Artinya, warna dan desain furnitur tidak menjadi dasar untuk penerapan sebuah konsep ruangan. Karena konsep yang dihadirkan menyesuaikan kesukaan pemilik rumah. Dapat dilihat dengan seksama dinding polos berwarna putih seperti kanvas yang bisa didekorasi dengan ornamen apa saja. Tentu sangat menarik untuk dicoba.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana (Nyaman & Apik)

5. Nuansa Shabby Chic

Bagi pecinta desain interior tentu sudah tak asing lagi dengan konsep shabby chic. Konsep ini mengusung tema berwarna putih dengan dekorasi ornamen-ornamen vintage yang khas. Sebagai contoh, selimut perca dengan satu gradasi warna, bahan kayu pada furniturnya, dan masih banyak lagi.

Lihat contoh ilustrasi berikut ini.


5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!


Pada gambar di atas memanfaatkan ruang keluarga yang terlalu luas sebagai ruang makan di dekat dapur. Sehingga ruang makan dadakan tersebut menjadi ruang penghubung antara dapur dan ruang keluarga. Keserasian konsep dan furnitur lebih baik diseragamkan mulai dari ruang keluarga, ruang makan, hingga dapur.

Nah itulah diatas 5 inspirasi desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Ini akan sangat menarik bila dicoba di rumah. Tentunya, bisa juga memadukan desain-desain yang telah ada untuk menjadi desain custom sendiri. Jangan lupa untuk sampaikan pada desainer interior rumah untuk memberikan kesan yang menyenangkan bila ruang keluarga menyatu dengan ruang makan.
Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk! "