Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Banget Lho!

Desain ruang tamu minimalis tanpa sofa - Sifat dan karakter tiap orang pastinya berbeda-beda, bahkan ada yang unik. Ada sebagian orang yang memiliki rumah bergaya minimalis, namun kurang suka menaruh sofa dikediamannnya tersebut. Baginya keberadaan sofa itu (seakan) membuat suasana ruangan rumahnya menjadi terasa sempit. Oh iya, ada satu hal yang perlu dicatat disini tentang "rumah minimalis". Istilah yang berisi dua suku kata itu bukan berarti rumahnya berukuran kecil lho ya.

Jadi apa definisi rumah minimalis itu?

Dan apa korelasinya dengan desain ruang tamu minimalis tanpa sofa?

Istilah rumah minimalis itu terkait dengan konsep desain dan gaya arsitektur. Jadi ini merupakan konsep rumah modern dengan desain ruangan dan furniture bergaya sederhana. Oleh karena itulah seorang penggemar rumah bergaya minimalis tulen cenderung kurang suka menggunakan sofa diruang tamunya.

Mereka lebih suka dengan desain ruang tamu minimalis yang tanpa sofa.

Kalaupun ada yang menggunakan sofa, maka dalam porsi yang minimalis sekali. Kebanyakan dari mereka malah lebih suka gaya duduk lesehan. Mungkin karena lesehan itu dianggap lebih santai dan rileks. 'Kan jadi bisa duduk selonjoran gitu lhooo. 😃

Jadi menggunakan konsep lesehan pada ruangan tamu minimalis, merupakan salah satu alternatif untuk membuat ruangan tamu tersebut menjadi lebih leluasa. Walaupun tanpa sofa, namun dengan memadukan desain yang tepat, maka dapat membuat ruang tamu menjadi lebih santai, selaras dan harmonis.

Kehangatan dan keakraban bukan berarti tidak dapat tercipta dengan adanya sofa. Hanya saja duduk di sofa itu nuansanya jadi kurang santai. Oleh sebab itu, ketika ingin menerima tamu dengan suasana yang lebih santai dan akrab, maka sangat disarankan untuk memilih gaya lesehan saja.

Kelebihan Ruang Tamu Tanpa Sofa

Desain ruang tamu minimalis tanpa sofa memiliki beberapa kelebihan. Yaitu suasana ruangannya menjadi lebih lapang dan luas. Sehingga sangat cocok untuk menerima tamu dari kalangan teman dekat, atau keluarga. Bahkan, tamu formal pun bisa menjadi lebih akrab dengan suasana ruang tamu lesehan tanpa sofa tersebut.

Apakah salah dan tidak boleh menaruh sofa diruang tamu minimalis?

Tentu saja boleh, asalkan model dan ukuran sofanya sesuai dengan konsep minimalis.

Keberadaan sofa memang dapat membuat duduk terasa nyaman, terutama sofa dari bahan yang empuk. Namun terkadang yang jadi masalah ukuran sofa itu biasanya besar, sehingga jadi tidak sesuai dengan konsep rumah minimalis. Akibatnya dapat mengurangi nilai estetika pada ruangan tersebut.

Esensi ruang tamu pada rumah minimalis yaitu sebuah ruangan dengan konsep rumah modern sederhana. Lebih mengutamakan harmoni, keselarasan dan nilai estetika, termasuk dalam penggunaan furniturenya. Jadi makna "rumah minimalis" itu bukan berarti rumah kecil yang ruangannya sangat minim (seperti asumsi kebanyakan orang awam).

Ide Desain Ruang Tamu Tanpa Sofa

Sebagai konsep rumah yang modern, desain ruang tamu minimalis tanpa sofa sangat direkomendasikan untuk membuat ruangan lebih lapang, tercipta keharmonisan dan nilai estetika. Berikut ini beberapa referensi desain yang paling direkomendasikan.

Diantaranya:

1. Ruang Tamu Minimalis dengan Karpet Berbulu

Karpet berbulu akan memberikan kenyamanan ketika diduduki. Dengan demikian, penggunaan karpet ini sangat disarankan sebagai pengganti sofa pada ruangan tamu minimalis. Ruangan akan menjadi lebih nyaman dengan menyediakan plasma TV di ruangan tamu.

Lihat ilustrasi ruang tamunya pada foto dibawah ini.


Pilihan Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Lho!
Info Menarik Lainnya : Kesalahan Menata Ruang Tamu Minimalis (Koreksi dan Solusi)

2. Ruang Tamu dengan Gaya Lesehan

Tidak ada salahnya untuk menghadirkan ruangan tamu gaya lesehan tersebut pada rumah minimalis. Ruangan tamu dengan gaya lesehan sudah menjadi tradisi rumah-rumah tradisional dari sejak dulu. Tidak hanya di Indonesia, rumah tradisional ala Jepang dan Korea pun mengusung konsep tersebut. Sehingga tidak perlu merasa rendah diri untuk menghadirkan konsep ini pada hunian.

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Pilihan Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Lho!

3. Kasur Lantai Biru Tua dan Karpet Tebal

Membuat tamu menjadi lebih nyaman dengan desain ruang tamu minimalis tanpa sofa bisa menggunakan kasur lantai biru tebal dan karpet tebal yang empuk. Ruangan tamu untuk rumah minimalis dengan desain seperti ini sangat cocok untuk menerima tamu dari kalangan kerabat, keluarga, dan teman dekat.

Lihat fotonya dibawah ini.


Pilihan Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Lho!
Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana (Nyaman & Apik)

4. Lesehan Karpet Biru dan Meja Kayu Bundar

Menambahkan warna biru pada ruangan tamu lesehan dipadukan dengan meja kayu bundar memberikan nilai estetika yang tinggi. Disamping itu, desain tersebut dapat membuat ruangan lebih luas dan mewah. Dengan demikian, sekalipun tanpa sofa tetap saja memberikan unsur keindahan.

Lihat ilustrasi dibawah ini.


Pilihan Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Lho!


5. Kursi Tamu Kayu


Alternatif ini bisa dipilih untuk ruangan tamu yang minimalis namun bisa tanpa sofa, tapi merasa enggan untuk mendesain dalam bentuk lesehan. Penggunaan kursi kayu ini merupakan solusinya. Dengan demikian, bisa dihadirkan untuk ruangan tamu minimalis tanpa mengesampingkan nilai estetika modern.

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Pilihan Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Lho!


Desain ruang tamu minimalis tanpa sofa masih tetap bisa memberikan kenyamanan serta nilai estetika yang tinggi dengan mencoba salah satu desain yang direferensikan sebelumnya. Sehingga dapat dijadikan pilihan untuk membuat ruangan minimalis yang lebih stylish dan penuh keakraban.
Semoga ide-ide yang ada didalam artikel ini dapat menginspirasi Anda semuanya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "5 Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Banget Lho!"