Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Transfer Uang Antar Negara, Mudah & Cepat Sampai

Ada banyak penduduk Indonesia yang kini tengah bertempat tinggal di luar negeri baik untuk tujuan pendidikan atau bekerja. Penduduk yang tinggal di luar negeri itu tentu membutuhkan uang agar bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, pihak keluarga yang berada di Indonesia perlu mengetahui cara transfer uang antar negara.

Selama ini transfer uang memang lebih sering dilakukan di dalam negeri. Metode untuk melakukan transfer dalam negeri pun jauh lebih beragam. Meskipun demikian, bukan berarti pengiriman uang ke luar negeri (atau sebaliknya) tidak bisa dilakukan. Terlebih di zaman yang sudah semakin maju seperti sekarang ini.

 

Cara Transfer Uang Antar Negara, Mudah & Cepat Sampai
Ilustrasi.

Jadi bagaimana sih detailnya cara transfer uang antar negara itu?

Yuk simak ulasan berikut ini.

Tidak jauh berbeda dengan cara kirim uang di dalam negeri, transfer antar negara juga memiliki beberapa metode.

Diantaranya:

1. Western Union

Metode yang paling sering digunakan untuk mengirim uang ke negara lain adalah melalui Western Union. Selain dapat digunakan untuk transfer ke luar negeri, Western Union juga menyediakan layanan pengiriman uang secara lokal.

Western Union kerap menjadi pilihan untuk mengirimkan uang antar negara karena tidak memerlukan nomor rekening bank. Kemudahan juga menjadi alasan metode ini dipilih. Tidak hanya itu, biaya administrasi di Western Union juga tergolong terjangkau.

Hanya saja, untuk bisa melakukan transfer via Western Union, pengirim harus datang langsung ke kantor agen. Saat ini, Western Union telah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti kantor pos, bank, pegadaian, bahkan Indomaret.

Hal ini tentu memudahkan pengirim menemukan Western Union dan mengirim uang. Untuk mengetahui apakah sebuah kantor telah berafiliasi dengan Western Union, pengirim bisa melihat ada tidaknya stiker Western Union pada kantor atau instansi tersebut,

Apabila pengirim telah memenuhi persyaratan, maka pengirim bisa melakukan transfer via Western Union. Proses transfernya pun terbilang sangat mudah. Yang perlu dilakukan yakni:

  • Datang ke petugas untuk meminta formulir.
  • Isi formulir dengan data yang benar dan lengkap
  • Menunjukan data diri seperti KTP atau paspor sekaligus menyerahkan formulir pengiriman uang kepada petugas
  • Menyerahkan uang yang akan dikirim dan biaya pengiriman
  • Konfirmasi data transfer pada penerima, seperti identitas pengirim, nominal yang ditransfer, dan kode referensi transfer.

2. Moneygram

Moneygram menjadi salah satu cara transfer uang antar negara yang kini cukup populer. Selain agen yang tersebar luas di seluruh negara di dunia, proses pengiriman dan pengambilan uang melalui Moneygram ini tergolong mudah.

Untuk pengiriman, Moneygram bekerja sama dengan agen dan bank-bank tertentu, sehingga pengirim bisa datang ke agen atau bank untuk mengirimkan uang. Sedangkan bagi penerima, uang yang dikirim lewat Moneygram bisa diambil melalui rekening bank atau dompet digital.

Salah satu hal unik yang dimiliki Moneygram adalah fitur lacaknya. Melalui fitur ini pengirim bisa mengetahui status pengiriman uang. Dengan begitu, pengirim tidak perlu bertanya-tanya apakah uang yang dikirim telah sampai ke penerima atau tidak.

Pada dasarnya mengirim uang melalui Moneygram sama mudahnya dengan Western Union. Hal yang perlu dilakukan oleh pengirim yakni:

  • Mencari lokasi agen Moneygram terdekat
  • Persiapkan segala syarat yang dibutuhkan seperti kartu identitas pengirim dan penerima, nomor rekening jika penerima menggunakan bank, nomor telepon dan kode telepon internasional jika penerima memakai dompet digital.
  • Datangi petugas dan minta formulir.
  • Isi formulir dengan benar dan teliti
  • Selesaikan proses transaksi. Apabila telah selesai, pengirim akan mendapatkan kode referensi transfer yang harus diberitahukan kepada penerima uang.

3. Melalui ATM

Meskipun umumnya ATM digunakan untuk transfer dalam negeri, nyatanya pengirim bisa juga mengirim uang ke luar negeri melalui ATM. Namun, agar uang bisa dikirim dengan selamat dan sukses ke rekening penerima yang berada di luar negeri, maka pengirim harus menghafalkan kode swift bank yang dituju.

Jika tidak, pengirim bisa menanyakan kepada bank perihal kode swift negara tujuan. Sekilas, pengiriman uang ke luar negeri melalui ATM memang terdengar mudah dan praktis. Namun, pada kenyataannya, cara ini membutuhkan ketelitian yang tinggi dan juga rawan risiko.

Cara pengiriman uang ke luar negeri via ATM pada dasarnya seperti transfer uang pada umumnya. 

Yang harus dilakukan yakni:

  • Memasukan kartu ATM ke dalam mesin ATM
  • Masukan kata sandi yang digunakan
  • Pada menu utama pilih Transfer
  • Masukan kode Swift bank beserta nomor rekening penerima
  • Menuliskan nominal uang yang akan dikirim
  • Pastikan data-data yang dimasukan telah sesuai, lalu klik ok
  • Simpan bukti transfer

Info Menarik Lainnya : Cara Mencicil Barang di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit

4. Melalui Antar Bank

Meskipun terdapat cara cepat untuk mengirim uang di Ibukota, hal tersebut tidak menjadikan bank kalah pamor sebagai tempat untuk mengirim uang. Pada dasarnya pengiriman uang melalui bank mirip dengan transfer melalui ATM.

Hanya saja, pada bank, pengirim harus menemui teller untuk bisa mengirim uang. Hal ini tentu berbeda dengan transfer melalui ATM karena proses pengiriman dilakukan melalui layar monitor mesin ATM.

Ketika berniat mengirim uang melalui Bank, kurs mata uang menjadi perhatian tersendiri. Karena uang akan dikirim ke luar negeri, besar kemungkinan uang yang dikirim akan dikonvert sesuai kurs negara tujuan.

Proses pengiriman uang lewat bank tidak berbeda jauh dengan pengiriman melalui agen Western Union. Tahap-tahap untuk mengirim uang melalui bank, yakni:

  • Pergi ke bank terdekat dan mengisi formulir yang telah disediakan
  • Memastikan kebenaran data, lalu menunggu antrean dipanggil
  • Datang ke salah satu teller dan serahkan formulir pengiriman uang dan selesaikan proses transfer
  • Jangan lupa memperhatikan besaran biaya administrasi yang harus dibayarkan. Hal ini dikarenakan biaya administrasi untuk melakukan transfer lebih mahal dibandingkan dengan transaksi lainnya.

5. PayPal

Ketika mendengar PayPal yang teringat pertama kali adalah metode pembayaran untuk melakukan belanja online. Namun, ternyata PayPal juga bisa digunakan untuk melakukan transfer uang.

Namun, untuk bisa mengirim uang lewat metode ini pengirim harus memiliki akunnya terlebih dahulu. Cara mendaftarkan akun PayPal juga tidak terlalu sulit.

Yang harus dilakukan yakni mengisi data-data yang digunakan untuk profil PayPal dan memberi tahu informasi rekening bank atau kartu kredit  yang dipakai.

Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transfer lewat PayPal adalah saldo PayPal yang mencukupi. Jika tidak mencukupi, pengirim bisa melakukan isi ulang PayPal dengan kartu kredit.

Pengiriman uang lewat PayPal sangat praktis karena pengguna tidak perlu lagi pergi ke bank. Cara-cara transfer uang antar negara melalui PayPal adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam aplikasi PayPal
  • Klik “Transfer Money” ketika menu ditampilkan
  • Pilih nominal uang yang akan ditransfer
  • Ketikan nomor rekening penerima atau akun PayPal
  • Apabila data telah terisi dengan lengkap dan benar, pengirim bisa menekan tombol “Send”

Baca Juga : Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Menggunakan PayPal

Berkat kemajuan teknologi, cara transfer uang antar negara menjadi jauh lebih mudah dan beragam. Setiap cara memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Pengirim bisa memilih salah satu metode tadi untuk melakukan transfer uang. Dengan begitu, uang bisa dikirimkan dan diterima lebih cepat.

Demikianlah info tentang cara transfer uang antar negara. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Transfer Uang Antar Negara, Mudah & Cepat Sampai "