Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Menggunakan PayPal

Tinggal di luar negeri baik itu untuk bekerja atau sekolah tidak menjadi halangan jika ingin mengirim uang ke tanah air. Cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia semakin mudah. Perkembangan teknologi memungkinkan orang mengirim uang dari luar negeri dengan cepat dan mudah.

Cara kirim uang dari luar negeri ada banyak. Namun pada pembahasan kali ini akan dipusatkan pada salah satu yang paling banyak digunakan yaitu PayPal. Seperti apa PayPal dan bagaimana cara kerjanya? Simak artikel ini sampai habis, ya.

Berkenalan dengan PayPal, Cara Kirim Uang dari Luar Negeri dengan Mudah 

 
Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Menggunakan PayPal
Ilustrasi.

 

PayPal merupakan sebuah rekening online dimana user bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, berbelanja dan membayar produk secara online serta berkirim uang kepada orang lain. PayPal juga bisa dihubungkan dengan kartu kredit atau rekening bank lokal.

Secara umum, PayPal adalah sistem pembayaran digital yang menggantikan metode cek serta transfer uang di bank secara tradisional atau konvensional. PayPal banyak digunakan orang untuk membayar belanjaan di Ebay atau Amazon. Tak lupa, untuk mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia.

Di Indonesia, PayPal memang jarang digunakan dan kurang populer. Layanan dari PayPal antara lain adalah bisa digunakan untuk menerima kiriman uang dari rekening bank, berkirim uang antar pemilik PayPal, mengirim uang dari PayPal ke rekening bank, dan juga membayar belanjaan online.

Untuk bisa mengirim uang dari luar negeri menggunakan PayPal, seseorang harus memiliki akun PayPal terlebih dahulu. Pembuatannya cukup mudah karena hanya memerlukan email untuk aktivasi. Pendaftaran akun PayPal bisa dilakukan di laman resmi PayPal atau download aplikasi PayPal di smartphone.

Alasan Kenapa Orang Menggunakan PayPal

PayPal digunakan sebagai cara kirim uang dari luar negeri bukan tanpa alasan. Seperti diketahui bahwa transfer dari luar negeri akan dikenakan beberapa biaya. Biaya-biaya itu terkadang bisa sampai sangat mahal. PayPal, menetapkan biaya yang cukup masuk akal dan tergolong murah.

Biaya pengiriman uang yang dikenakan oleh PayPal adalah sebesar 3 persen dari total transaksi jika mengirim uang ke rekening non-PayPal. Ini tentu lebih murah jika dibandingkan dengan metode pengiriman lain. Untuk pengiriman ke rekening PayPal, pengirim tidak akan dikenakan biaya.

Selain itu, cara kirim uang dari luar negeri menggunakan PayPal layak dicoba karena mudah. Semua pengiriman uang ataupun pembayaran ke dalam negeri bisa dilakukan hanya melalui smartphone. Aplikasi PayPal bisa diunduh dengan mudah di App Store atau Google Play Store.

Kemudahan top up saldo PayPal juga menjadi salah satu alasan mengapa cara ini banyak digunakan. Orang yang tinggal di luar negeri bisa melakukan top up melalui rekening bank lokal yang dimiliki. Sedangkan untuk orang yang ada di Indonesia, top up bisa dilakukan melalui kartu kredit.

Mengirim uang dari luar negeri menggunakan PayPal juga tergolong cepat yaitu 24 jam. Ini tentu lebih cepat jika dibandingkan dengan Western Union yang memerlukan waktu hingga 2 hari. Selain itu, data-data pengguna juga dilindungi oleh PayPal sehingga transaksi bisa berjalan dengan aman.

Info Menarik Lainnya : Mudahnya Cara Beli Barang Di Ebay, Belanja Apa Saja Ada

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Lewat PayPal

Bagi mahasiswa atau pekerja yang tinggal di luar negeri, mengirim uang secara rutin ke kampung halaman sangat penting. Untuk itu, PayPal sebagai sarana pembayaran online yang banyak digunakan orang di luar negeri memberikan solusinya. Berikut ini beberapa cara kirim uang dari luar negeri dengan bantuan PayPal:

1. Buat Akun PayPal

Untuk bisa mengirim uang menggunakan PayPal, seseorang harus memiliki akun. Akun tersebut bisa didapatkan dengan mendaftar ke laman resmi PayPal, atau melalui aplikasi PayPal. Pastikan email dan data-data diri tersedia lengkap, karena pendaftar akan diminta mengisi hal ini.

Pendaftaran bisa dilakukan di situs PayPal.com. Minimal usia untuk bisa memiliki akun PayPal adalah 18 tahun. Akun PayPal ini bisa dihubungkan dengan rekening bank lokal yang telah dimiliki sebelumnya. Akun PayPal yang telah selesai dibuat bisa langsung digunakan untuk bertransaksi.

2. Login Aplikasi PayPal

Setelah akun selesai dibuat, masuklah ke aplikasi PayPal di smartphone dengan memasukkan user id dan juga password. Pada saat login pertama kali, pengguna akan diminta untuk mengisi pertanyaan di kolom pertanyaan keamanan. Klik Kirimkan agar proses verifikasi bisa dilakukan.

3. Cek Saldo

Untuk bisa mengirim uang dari PayPal, maka akun PayPal harus terisi dengan saldo. Jika berada di luar negeri, pengisian saldo bisa dilakukan melalui internet banking, ATM atau datang ke bank. Di luar negeri rata-rata semua bank bisa digunakan sebagai sumber dana akun PayPal. Top up dulu saldo sampai pada jumlah yang ingin dikirimkan atau bisa juga lebih.

Info Menarik Lainnya : Cara Berjualan di Amazon, Salah Satu E-Commerce Kelas Dunia

4. Transfer Uang

Setelah memastikan saldo tersedia, langkah selanjutnya adalah mengirimkan uang. Pilihlah menu Transfer Money kemudian isikan jumlah uang yang akan dikirim. Isikan nama PayPal tujuan atau rekening bank tujuan jika penerima tidak memiliki akun PayPal. Setelah itu, klik Send dan proses mengirim uang selesai.

Penerima akan menerima uang dalam 24 jam, atau paling lambat 48 jam. PayPal dan pihak bank perlu melakukan proses pengecekan dan biasanya hal ini memerlukan waktu. Namun, umumnya semua proses akan selesai dalam waktu 24 jam. Pengirim bisa memberitahukan kepada penerima bahwa uang sudah berhasil dikirim.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Mengirim uang dari PayPal sangat mudah dan bisa dikatakan aman. Namun tetap saja ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam bertransaksi dengan PayPal. Salah satunya adalah masalah untuk masalah konversi rate.

PayPal mengatur kebijakan mengenai konversi rate ini. Hal ini terjadi jika mata uang yang digunakan untuk mengirim uang berbeda dengan mata uang penerima. Misalnya, seseorang mengirim Canadian Dollar ke Indonesia yang akan diterima dalam bentuk Rupiah. Akan ada konversi rate dari CAD ke IDR yang dihitung melalui Kalkulator Mata Uang di PayPal.

Pengirim hendaknya melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum mengirim uang. Terkait konversi rate, perlu diketahui bahwa PayPal belum menyediakan layanan untuk mata uang Rupee. Padahal, India termasuk salah satu negara yang paling pesat perkembangan ekonominya.

Selain masalah rate, masalah penerima juga sering menjadi masalah. Dikarenakan PayPal tidak sepopuler metode lainnya, maka penerima sering bingung dalam hal mencairkan uang. Apalagi jika penerima bukan pemilik PayPal juga. Maka, ada baiknya minta penerima untuk membuat akun PayPal juga.

Info Menarik Lainnya : Cara Import Barang dari China Dan Beberapa Tips Rahasia

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah masalah kerentanan transaksi. Seperti diketahui bahwa PayPal bisa digunakan di seluruh dunia. Artinya ada potensi penyalahgunaan transaksi karena PayPal sangat terbuka. Banyak penipuan yang mengatasnamakan PayPal. Sebaiknya, perhatikan dan verifikasi ulang transaksi-transaksi yang menggunakan PayPal.

Kesimpulannya, cara kirim uang dari luar negeri bisa dengan mudah dilakukan dengan PayPal. Biaya pengiriman uang murah dan prosesnya tergolong cepat. Pembuatan akun PayPal yang mudah membuat banyak orang di luar negeri menjadikan cara ini sebagai solusi untuk mengirimkan uang ke Indonesia.   

Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Menggunakan PayPal"