Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!

Cara membuat bantal kursi - Tahukah Anda? Bahwa ternyata bantal kursi dapat dibuat sendiri di rumah lho!

Cara membuat bantal kursi ternyata juga tidak terlalu sulit.

Dan yang lebih asiknya lagi, bantal kursi ini nantinya bisa dirancang bentuk dan modelnya sesuai dengan selera kita sendiri. Ya namanya saja bantal buatan sendiri, sehingga kita bisa berkreasi dengan sebebas-bebasnya. 😉

Dengan membuat bantal kursi sendiri, warna, motif, ukuran, dan tekstur bantal dapat disesuaikan dengan gaya dekorasi rumah. Bantal kursi berfungsi untuk memberikan kenyamanan lebih saat sedang duduk. Selain itu, bantal kursi juga dapat menjadi aksesoris untuk memperindah kursi.


Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Ilustrasi.


Tanpa basa-basi lebih banyak lagi, berikut ini sudah penulis rangkum langkah-langkah dan cara membuat bantal kursi tersebut. Caranya cukup mudah kok,,,,  selain itu, bantal ini juga bisa dibuat dengan alat-alat yang sederhana. Yuk langsung saja di simak cara membuatnya.

Cekidot!

Langkah-langkah dan Cara Membuat Bantal Kursi

Dimulai dari:

1. Siapkan Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat bantal kursi sangat sederhana, bahkan dapat ditemukan di mana saja. Hanya diperlukan kain, busa, resleting, jarum, benang, dan gunting saja. Namun, jika menginginkan hasil yang lebih baik, penggaris, meteran, dan mesin jahit dapat menjadi alat yang dapat membantu. Lihat ilustrasinya pada foto dibawah ini.


Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Mikirbae.com

Dalam memilih kain, pastikan kain yang digunakan merupakan kain yang kuat. Kain yang digunakan juga dapat berupa kain bekas yang didapat dari potongan baju yang sudah tidak terpakai. Warna dan motif dapat disesuaikan dengan selera.

Agar hasilnya memuaskan, pilihlah kain yang tahan kotor. Atau dapat juga disiasati dengan memilih motif dan warna yang tidak gampang menampilkan kotoran. Biasanya warna-warna yang dipilih merupakan warna yang gelap seperti hitam.

2. Buat Pola Kain Sesuai dengan Ukuran yang Diinginkan

Dalam membuat bantal kursi yang simple, hanya diperlukan 2 potong kain yang dijahit bersama. Namun jika ingin membuat bentuk kreasi dan berbeda, potongan kain dapat disesuaikan sendiri.

Untuk ukuran dan polanya, dapat mencontoh bantal kursi yang sudah ada. Tinggal bongkar bantal kursi yang lama. Ukur dan gambar pola kain bantal yang sudah dibongkar. 

Namun jika tidak memiliki bantal kursi sebelumnya, ukuran dan pola dapat dilihat internet. Banyak situs-situs yang menyediakan pola dan ukuran bantal kursi dengan gratis, contohnya Pinterest.

Lihat salah satu contoh foto tutorial membuat sarung bantal yang bersumber dari Pinterest dibawah ini.


Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Pinterest.com


3. Siapkan Kain yang Akan Digunakan

Sebelum kain dijiplak dengan pola yang sudah ada, sebaiknya kain dicuci dahulu. Jemur kain dengan benar dan setelah kering baru lah kain dipotong sesuai dengan pola. Disarankan juga untuk menyetrika kain untuk menghilangkan kerutan agar penampilannya lebih rapi.


Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Percetakankain.com

4. Jahit Kain

Letakkan dahulu busa yang akan dipakai di tengah-tengah bantal. Ukur dan sesuaikan posisi kain agar nantinya busa dapat muat setelah dijahit. Untuk menandai tempat untuk menjahit, pensil dapat digunakan untuk menggambar garis batas jahit. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Bantal.co.id


Setelah itu tinggal menjahit bantalnya. Namun ingat, pastikan untuk meninggalkan satu sisi kain untuk tempat memasang resletingnya. 

5. Pasang Resleting

Jahit resleting di sisi yang tadi sudah dibiarkan tidak terjahit. Resleting ini berfungsi untuk mempermudah jika ingin mencuci sarung bantalnya. Atau dapat juga untuk memudahkan mengganti busa bantal yang sudah tidak layak pakai.

Menjahit resleting dapat dilakukan dengan menggunakan mesin jahit maupun manual dengan jarum biasa. Namun jika ingin hasil yang maksimal, sebaiknya gunakanlah mesin jahit. Hasil jahitan nantinya akan lebih rapi dan lebih kuat. Lihat foto ilustrasinya berikut ini.


Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Craftbymood.com

6. Masukkan Busa

Tahap terakhir adalah tinggal memasukkan busa yang tadi sudah diukur ke dalam sarung bantal yang sudah jadi. Jika terjadi kesalahan dalam menjahit yang menyebabkan busa tidak muat, tinggal gunting busa kembali ke ukuran sarung agar muat.

Lihat ilustrasi busa bantal yang sudah dimasukan tersebut dibawah ini.

Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Medium.com

Sekian pembahasan mengenai cara membuat bantal kursi yang mudah. Tentunya cara tersebut berdasarkan bentuk bantal kursi yang standar. Masih banyak pilihan pola dan teknik lain yang dapat digunakan. Insya Allah nanti akan penulis buatkan lagi artikelnya. 

Semoga semua informasi yang disampaikan diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Cara Membuat Bantal Kursi dengan Mudah, Simak Yuk! "