Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Modal Usaha Kebab Harga Ekonomis, Dagangan Laris Manis

 

Modal Usaha Kebab Harga Ekonomis, Dagangan Laris Manis

Pernahkah Anda berpikir untuk memulai usaha dengan modal tidak lebih dari Rp300.000? Berbeda dengan kebab yang dijual di depan minimarket, kebab ekonomis ini adalah pilihan kebab dengan ukuran yang lebih kecil dan dinikmati dalam porsi kecil. Modal usaha kebab ini termasuk sangat ekonomis karena tidak membutuhkan banyak biaya untuk memulainya.

Kebab ekonomis ini dapat dibuat sendiri tanpa perlu membeli lisensi dari franchise terkenal. Cukup membuka tutorial membuat kebab di Youtube dan memasak ulang resep yang sudah ada di situs website resep masakan. Cara pembuatannya pun juga sangat mudah.

Modal Usaha Kebab Ekonomis dan Peluangnya

Peluang usaha kebab versi ekonomis ini terbilang sangat cocok bagi pengusaha kuliner pemula. Hal ini dikarenakan snack kebab pada umumnya dibanderol dengan harga Rp15.000 per buah. Nah, dengan ada versi ekonomis ini maka dengan harga yang sama, pembeli dapat memperoleh 5 pcs kebab ukuran kecil.

Makanan khas Turki ini sebenarnya merupakan makanan kaki lima yang sering menjadi snack dan makanan selingan. Kemudian, beberapa brand franchise membawa kebab ke Indonesia untuk dikembangkan sebagai bisnis kuliner waralaba. Ada dua brand franchise kebab yang terkenal yaitu kebab Turki Baba Rafi dan Kebab Kayana yang sangat mudah dijumpai dan hampir di setiap kota pasti ada cabang dua kebab franchise ini.

Rincian Modal Usaha Kebab Ekonomis

Kebab asli turki bila dibandingkan dengan kebab ekonomis yang akan diproduksi tentu berbeda jauh terutama dari segi ukurannya. Ukuran kebab ekonomis yang lebih kecil sehingga modal usaha kebab yang dibutuhkan juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis snack lain. Selain itu membuatnya pun sangat mudah sekali, maka dari itu tak perlu khawatir mengenai resiko menjual kebab ekonomis ini.

Dari segi permodalan, kebab ekonomis sangat murah sekali. Modal peralatan dan bahan baku pun sangat mudah didapat. Peralatan yang dibutuhkan bisa menggunakan teflon atau penggorengan persegi, kompor, penjepit makanan, pisau, sarung tangan, wadah untuk meletakkan sayuran, botol untuk menempatkan saus tomat, sambal dan mayonaise.

Kemudian, untuk bahan-bahan yang diperlukan adalah daging kebab, tortilla kebab berdiameter 10 hingga 15 cm, sayuran (terdiri dari selada air, tomat, mentimun, bawang dan bombay), serta saos tomat, sambal dan mayonaise untuk menambah rasa lezat.

Rincian biaya yang diperlukan untuk membuat kebab adalah sebagai berikut:

Daging Kebab 2 kilogram Rp120.000

Tortilla Kebab isi 100 lembar diameter 15 cm Rp.50.000

Selada Air 500 gram  Rp10.000

Tomat 250 gram Rp5.000

Bawang Bombay 2 buah Rp5.000

Saos Tomat 1 bungkus Rp8.000

Saos Sambal 1 bungkus Rp10.000

Mayonaise 1 bungkus Rp8.000

Mentega 1 bungkus Rp8.000

Kemasan Mika 1 pack isi 100 pcs Rp25.000

Isi Stapler Rp3.000

Stiker Rp5.000

Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuat kebab ekonomis adalah Rp257.000 dalam satu kali produksi. Setiap kali produksi diperkirakan dapat menghasilkan 100 pcs kebab yang dikemas setiap 3 pcs per pack nya. Maka dari itu, harga pokok produksinya adalah Rp2.570 per pcs nya.

Bila dikemas 1 pack berisi 3 pcs kebab maka harga pokok produksinya adalah Rp7.710. Lalu untuk keuntungan yang ingin diperoleh bisa dari 30% sampai dengan 50% dengan harga jual ke pasaran dari Rp10.000 hingga Rp15.000 per packnya.

 

Modal Usaha Kebab Harga Ekonomis, Dagangan Laris Manis
Ilustrasi seorang pedagang kebab.

Baca Juga : Mau Berbisnis Waralaba? Pilihlah Franchise Kebab Baba Rafi

Pemasaran Kebab Ekonomis

Bagaimanakah memasarkan kebab ekonomis ini? Kebab ekonomis memiliki tempat khusus di hati para pelanggannya. Biasanya yang membeli kebab ini merupakan ibu rumah tangga dan remaja yang lebih memilih 3 porsi kecil dengan harga yang terjangkau daripada 1 porsi besar. Cara ini biasanya digunakan untuk mempengaruhi psikologi pelanggan dalam menentukan produk yang dibeli.

Selain itu, kebab dengan berbagai layanan yang diberikan seperti gratis pengiriman ke rumah pembeli. Kemudian, menjajakan produk dengan menitipkan ke toko-toko juga salah satu cara agar produk dapat dipasarkan ke masyarakat dengan baik. 

Cara-cara pemasaran dan penjualan ini akan dibahas lebih lanjut dibawah ini. Simak terus yuk!

1. Buka Pre-order Kebab Siap Saji

Pemasaran yang baik dengan cara membuka pemesanan kebab ekonomis melalui kanal-kanal media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Cara membuka pemesanan ini sering disebut sistem pre-order. Sistem ini dipercaya sistem yang paling tepat untuk memasarkan produk kebab ekonomis tanpa takut ada produk yang tidak terjual.

Biasanya sistem ini sangat cocok untuk memperkenalkan produk dengan skala yang kecil. Dalam hal ini, produsen tidak perlu mencari modal tambahan untuk produksi, karena produk sudah dibayar di muka. Maka dari itu, menjual kebab ekonomis dengan sistem seperti ini akan sangat menguntungkan bagi para produsen.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia, Anda Ingin Coba?

2. Titipkan ke Pedagang Kue Basah

Cara kedua adalah dengan menitipkan kebab ekonomis pada pedagang kue basah di sekitar rumah. Konsinyasi adalah sebutan dari cara penjualan tersebut. Produsen menitipkan produknya ke pedagang kue basah di sekitar rumah.

Kemudian, agar produk kebab yang dijual makin laris. Tak ada salahnya sebagai produsen mencantumkan lokasi pedagang kue basah dan toko yang menjual produk kebab tersebut. Hal ini dilakukan agar sebagai produsen tetap memberikan kesempatan bagi para penjual untuk mendapatkan untung serta membantu para penjual mempromosikan kebab ekonomis.

3. Pasarkan secara Online

Strategi yang ketiga adalah dengan memasarkan secara online melalui sosial media, e-commerce, dan aplikasi pemesanan makanan online. Pemasaran semacam ini dinilai cukup ampuh untuk menjangkau target pasar para remaja dan ibu muda. Hal ini dikarenakan kepraktisan dan kebersihan serta tampilan feed dan postingan sosial media yang menarik mampu menarik para target pasar untuk membeli produk tersebut.

Ya, cara ini cukup mendapat perhatian dari kalangan milenial dan gen Z yang menghabiskan waktunya lebih banyak untuk gadget bila dibandingkan dengan target pasar berusia 40 tahun ke atas. Maka, hal ini dapat menjadi satu cara yang dapat ditempuh untuk menjangkau pelanggan dari berbagai macam kalangan.

4. Tawarkan Kebab Ekonomis Beku

Strategi terakhir ini dengan cara menjual kebab ekonomis versi beku. Ya, kebab ekonomis versi beku ini dapat dijual bersamaan dengan kebab siap makan. Modal usaha kebab ekonomis beku ini hanya saja perlu memperhatikan cara penyimpanannya wajib diletakkan di dalam cooler atau chiller dengan suhu rendah agar awet. Pastikan sebelum melempar produk kebab beku ke pasaran lakukan trial test terlebih dahulu untuk memastikan kondisi dan kualitas kebab beku ini.

Untuk pemasarannya pun lebih dikhususkan untuk pre-order agar dapat segera dikonsumsi dan tidak didiamkan terlalu lama. Kemudian dengan sistem konsinyasi di toko sayur dan sembako yang menjual frozen food karena telah menyediakan chiller. Serta, pasarkan online dengan menambahkan kebab ekonomis frozen pada aplikasi pemesanan makanan tersebut. Kedua jenis kebab ekonomis tersebut baik siap makan maupun frozen wajib diunggah pada akun resmi sosial media yang dimiliki.

Artikel Menarik Lainnya : Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)

Nah, karena modal usaha kebab ini cukup terjangkau, tak ada salahnya mencoba dari sekarang. Sebelumnya tawarkan produk kebab ekonomis ini pada keluarga dekat dan tetangga terdekat sebelum dipasarkan secara luas. 

Selamat memulai usaha dan semoga sukses ya. Aammiin.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Modal Usaha Kebab Harga Ekonomis, Dagangan Laris Manis"