Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Yang Ideal

Ukuran kusen pintu dan jendela rumah minimalis - Pintu dan jendela rumah tidak akan bisa berfungsi jika tanpa ada kusen. Kusen merupakan bingkai pintu/jendela, dan pada umumnya terbuat dari kayu. 

Fungsi dari kusen ini adalah sebagai rangka untuk meletakkan daun pintu dan jendela. Sehingga pintu dan jendela tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis yang Ideal
Ilustrasi by : Pengadaan.web.id

Namun sudah tahukah Anda ukuran kusen pintu dan jendela rumah minimalis yang ideal?

Mengetahui ukuran kusen pintu dan jendela adalah salah satu hal yang penting. Apalagi dengan semakin berkembangnya dunia konstruksi yang cukup pesat, sehingga jenis kusen jadi semakin banyak pula.  Nah, jika Anda ingin mengetahui ukuran ideal dari kusen pintu dan jendela, yuk simak informasi berikut ini.

Daftar Ukuran Kusen Pintu Rumah Minimalis

Ukuran kusen pintu dan jendela rumah minimalis cukup beragam. Tapi ada beberapa ukuran yang paling ideal. Berikut ini telah penulis rangkum beberapa ukuran kusen pintu yang ideal untuk rumah berkonsep minimalis.

Cekidot!

1. Ukuran Kusen Pintu Utama


Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis yang Ideal
Ilustrasi.

Rumah minimalis biasanya menggunakan pintu utama dengan satu daun saja. Nah, untuk ukuran kusen pintu satu daun ini adalah sekitar 6 cm pada setiap sisinya, lebih tepatnya ketebalannya. Atau jika diukur secara keseluruhan, maka ukurannya adalah sekitar 92 cm x 215 cm.

Akan tetapi belakangan ini, banyak desain rumah minimalis yang menggunakan pintu dengan dua daun. Apabila menggunakan pintu jenis ini, ukuran kusen tetap bisa disamakan dengan pintu satu daun, yakni 6 cm setiap sisinya.

2. Ukuran Kusen Pintu Kamar Tidur Aluminium


Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis yang Ideal
Ilustrasi.

Salah satu ruangan yang wajib dilengkapi dengan pintu adalah kamar tidur. Pasalnya, kamar tidur merupakan ruangan dengan privasi yang tinggi di rumah. Sedangkan bahan yang digunakan untuk pintu kamar, biasanya adalah alumunium.

Idealnya, ukuran kusen pintu kamar tidur yang terbuat dari bahan alumunium adalah 4 inch. Sedangkan ketebalan kusennya, umumnya sekitar 1 cm hingga 1,5 cm. Namun, jika menggunakan pintu berbahan engineering, maka ketebalan kusennya bisa menjadi 2 kali lipat ukuran pintu aluminium.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

3. Ukuran Kusen Pintu Kamar Mandi


Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis yang Ideal
Ilustrasi.

Biasanya untuk kamar mandi, bahan yang digunakan untuk pintunya adalah alumunium dan PVC. Tetapi, jika rumah berkonsep minimalis, kebanyakan pintu yang digunakan adalah aluminium dengan ukuran 40 cm x 180 cm. Sedangkan ukuran kusennya ada dua, yakni ukuran 3 inch (7,6 cm x 3,8 cm) dan 4 inch (10,2 cm x 4,4 cm).

Daftar Ukuran Kusen Jendela Rumah Minimalis

Tak hanya ukuran kusen pintu saja yang penting, kusen jendela pun juga harus diketahui agar rumah menjadi sempurna. Oleh sebab itu, ketahuilah ukuran kusen jendela pada daftar berikut ini:

1. Ukuran Kusen Jendela Utama


Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis yang Ideal
Ilustrasi.

Sama halnya pintu utama, jendela utama terletak paling depan dan memiliki ukuran yang lebih besar dari jendela lainnya. Untuk ukuran kusennya sendiri, tentunya akan menyesuaikan ukuran jendelanya.

Namun, pada umumnya, ukuran kusen jendela utama adalah sekitar 80 cm untuk lebarnya dan 120 cm untuk tingginya. Akan tetapi, hal ini juga bisa diukur dengan menyesuaikan luas jendela yang akan dipasang.

Info Menarik Lainnya : Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik

2. Ukuran Kusen Jendela Kamar


Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis yang Ideal
Ilustrasi.

Jendela pada kamar, tentu tidak lebih luas dari jendela utama, mengingat ukuran ruangannya. Untuk pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, disarankan kusen jendela minimal berukuran 60 cm x 80 cm.

Namun, hal ini tentunya akan menyesuaikan ukuran jendela kamar yang akan digunakan. Jika ingin jendela yang lebih luas, maka ukuran kusen juga akan bertambah.

Dengan mengetahui ukuran kusen pintu dan jendela rumah minimalis, tentu saja akan sangat bermanfaat pada proses pembangunan rumah. Jangan hanya dibaca saja, perlu juga untuk mencatatnya agar tidak kehilangan informasi penting ini di kemudian hari.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecat Lantai Rumah Secara Mandiri

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Yang Ideal "