Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik

Profil kayu pegangan tangga - Apakah rumah Anda bertingkat dan memakai tangga? Jika iya, maka bisa dipastikan ada railing alias pegangan tangga disana. 

Railing tangga ini adalah sebuah benda yang berfungsi untuk pegangan pada saat naik/turun tangga. Dengan adanya pegangan tangga ini, maka akan mencegah resiko terjatuh dari tangga tersebut.

Selain untuk keamanan, pegangan tangga ini juga berfungsi untuk memperindah tampilan tangga itu sendiri. Oleh karena itulah pegangan tangga ini dibuat orang dengan bermacam-macam model, desain dan bahan.

Ada pegangan tangga yang terbuat dari stainless, besi, dan bahan kayu. Nah, artikel ini akan mengulas pegangan tangga berbahan kayu. Terutama tentang beberapa profil kayu pegangan tangga yang unik dan menarik.

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Pada Pegangan Tangga Kayu

Pegangan tangga dari bahan kayu memang unik dan terkesan elegan (mewah). Namun ketika memutuskan memilih pegangan tangga dari kayu, pastikan bahannya harus terbuat dari kayu pilihan. Salah satu jenis kayu yang terkenal kuat contohnya seperti kayu jati.  

Kenapa soal bahan dan profil kayu pegangan tangga ini penting untuk diperhatikan?

Pegangan tangga kayu tentu berbeda dari yang berbahan besi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa kelebihan tangga dari bahan kayu yaitu lebih memiliki nilai artistik dibandingan dengan tangga besi.

Salah satu kelebihan tangga kayu yaitu bisa didesain dan diukir sedemikian rupa. Sehingga jadi tampak indah dipandang mata. Namun tangga kayu juga ada kekurangannya. Yaitu bisa lapuk dimakan usia, terutama jika Anda memilih tangga dari bahan kayu yang tidak berkualitas.  

Jika kayu sudah lapuk, maka akan sangat berbahaya bagi penghuni rumah. Apalagi fungsi utama pegangan tangga adalah untuk mencegah orang terjatuh. Kalau sudah lapuk, maka tentu kemampuan pegangan kayu itu untuk menahan beban juga ikut berkurang.

Jika sampai masalah ini luput dari perhatian (sehingga kayunya semakin lapuk), maka bisa jadi sewaktu-waktu pegangan tangganya patah seketika. Tentu saja hal ini dapat membahayakan anggota keluarga Anda. Terutama jika ada anak-anak dan lansia yang sedang menaiki tangga tersebut.

Maka dari itu, pemilik rumah harus pintar-pintar memilih kayu yang kokoh dan tahan lama. Selain itu, ada ancaman lain yang perlu diwaspadai, yaitu rayap yang dapat menggerogoti kayu tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan agar memakai pegangan tangga dari kayu jati. Karena konon kabarnya jenis kayu itu sangat kuat dan tahan dari serangan rayap.

Kelebihan lainnya pegangan tangga kayu ini yaitu cocok untuk segala style rumah. Mulai dari gaya klasik, minimalis, sampai industrial. Perawatannya pun tergolong mudah. Pegangan tangga hanya perlu diseka dari debu secara rutin dan teratur.

Info Menarik Lainnya : Desain Pagar Balkon Minimalis Terbaru Yang Direkomendasikan

Inspirasi Desain dan Profil Kayu Pegangan Tangga

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan (sebelum memilih kayu sebagai pegangan tangga), maka berikut ada beberapa inspirasi desain yang dapat Anda tiru.

Cekidot!

1. Pegangan Tangga Dari Bahan Kayu Ranting Alami


Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik


Pegangan tangga kayu yang dipadukan dengan ranting-ranting sangat cocok untuk rumah bertema naturalis dan klasik. Dengan perpaduan keduanya, selain menjadi pengaman pegangan tangga juga akan menjadi karya seni untuk mendekorasi ruangan.

Cara pembuatan pegangan tangga seperti ini juga tergolong mudah. Hanya diperlukan ketelitian untuk menemukan ranting atau potongan pohong yang tepat agar hasilnya cantik dan menarik.

2. Pegangan Tangga Bergaya Jadul (Klasik)


Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik


Pegangan tangga dengan model seperti ini banyak sekali ditemukan di bangunan-bangunan tua. Namun walaupun begitu, desainnya masih tetap dapat dipakai di rumah-rumah sekarang dan tidak ketinggalan zaman.

Biasanya, desain pegangan tangga seperti ini dipakai di rumah bergaya klasik, vintage maupun rumah bergaya country seperti rumah-rumah di Texas.

Info Menarik Lainnya : 5 Dekorasi Rumah Kayu Kampung ini Unik & Keren Abis

3. Pegangan Tangga Dari Potongan Kayu Alami


Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik


Pegangan Tangga seperti ini tidak hanya akan menghemat budget, namun juga bisa memberi kesan artistik dan unik di rumah. Selain itu, model pegangan tangga seperti ini sangat mudah dibuat, bahkan dapat dibuat sendiri tanpa bantuan ahli.

Kunci dari membangun pegangan tangga seperti ini adalah menemukan potongan kayu dengan kualitas yang baik dan penampilan yang unik. Jika sudah maka kayu tinggal dipoles lalu dipasang sebagai pegangan tangga.

4. Pegangan Tangga Tinggi


Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik


Dengan desain pegangan tangga seperti ini, ruangan akan terasa lebih tinggi daripada yang sebenarnya. Ilusi ini dapat tercipta berkat garis-garis vertikal dari kayu yang memberi kesan tinggi pada ruangan.

Namun tangga ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada rumah tangga yang belum memiliki anak kecil. Gaya pegangan tangga seperti ini tidak memberikan perlindungan yang cukup untuk mencegah anak untuk menyalip dari sela-selanya.

Info Menarik Lainnya : Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit

5. Pegangan Tangga Kayu yang Dipadukan dengan Kaca


Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik
Sumber : www.avarfurniture.co.uk

Profil pegangan tangga kayu yang dipadukan dengan kaca akan terlihat simple, minimalis, dan kokoh. Gaya tangga seperti ini cocok di rumah dengan desain minimalis dan klasik.

Sekian pembahasan mengenai profil kayu pegangan tangga yang dapat dicontoh. Semoga informasi yang telah disebutkan jelas dan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Post a Comment for "Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik "