Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Trik desain tangga rumah - Banyak rumah minimalis zaman sekarang yang seakan tampak kecil dari luar. Namun ternyata rumah itu ada bagian yang bertingkat dibelakangnya. Hal ini baru dapat diketahui setelah berkunjung dan masuk ke dalam rumah tersebut.

Pertanyaannya: "Kenapa bagian tingkatnya tidak bisa terlihat dengan jelas dari luar?

Jawabannya: Karena rumah tersebut telah diapit dengan rapat sekali oleh bangunan disampingnya. Bagian tingkatnya baru akan bisa terlihat jelas jika dilihat dari atas, atau dari tempat yang lebih tinggi. 

Kondisi diatas adalah salah satu efek akibat dari terbatasnya lahan untuk pemukiman, apalagi di kota-kota besar. Sehingga hampir semua bangunannya jadi rapat sekali, nyaris tidak ada celahnya. Keadaan ini juga menimbulkan efek lain bagi setiap pemilik rumah. Yakni tidak memungkinkannya lagi untuk membuat tangga dibagian sisi samping rumahnya. 

Lantas adalah solusinya?

Untungnya ada. 😉

Yaitu dengan cara membuat tangga dibagian dalam rumah.

Dan Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan desain tangganya seperti apa. Karena di dalam artikel ini akan saya uraikan beberapa trik dalam merancang desain tangga rumah yang unik, dan juga tidak memakan banyak tempat.

Trik Desain Tangga Rumah

Sebelum merancang desain tangga ini, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah; jangan sampai tangga yang ada didalam rumah ini menyulitkan penghuni rumah. Pilihlah penempatan tangga yang paling tepat, misalnya dibagian sudut rumah. Sehingga tangga itu tidak membuat sempit ruangan didalam rumah.

Faktor keamanan dan kenyamanan juga hal utama lainnya yang harus diperhatikan. Rancanglah tangga yang aman ketika digunakan. Ini jadi penting terutama jika ada anak-anak atau lansia dirumah tersebut. Selain itu, perhatikan juga penerangan di sekitar tangga. Serta, jangan lupa gunakan material anti-selip untuk menghindari resiko terpeleset.

Cara Mendesain Tangga untuk Rumah Kecil

Saat akan membuat tangga dalam rumah, tentukan posisi yang mudah dijangkau oleh seluruh penghuni rumah. Sebaiknya tangga ditempatkan di ruang terbuka, misalnya di ruang keluarga. Namun, jika ingin menempatkan tangga di sana harus selektif memilih desain. Sebab tangga akan menjadi bagian dari desain interior ruangan. 

Di bawah ini ada beberapa trik desain tangga rumah yang bisa dijadikan referensi.

Diantaranya:

1. Jangan Menggunakan Beton, Pilihlah Tangga Dari Bahan Besi. 

Buatlah tangga melingkar dari bahan besi yang ramping dan kuat. Lihat contohnya dibawah ini.


Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Jadi hindarilah penggunaan material beton pada bangunan rumah yang sempit. Bahan beton biasanya akan memberikan kesan tebal, penuh, dan sempit. 

Selain itu, tangga dari beton membutuhkan area yang luas, karena hasil akhirnya cenderung jadi besar. Kalau dipaksakan membuat tangga rumah dari beton, maka akan memakan banyak tempat, sedangkan space yang ada sebenarnya masih bisa dimanfaatkan untuk ruang lainnya. 

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi

2. Perhatikan Jarak Antar Anak Tangga

Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan SempitDimensi anak tangga tak hanya menentukan estetika tangga secara keseluruhan. Namun poin utamanya adalah faktor keamanan dari pengguna tangga tersebut. Idealnya, lebar anak tangga sekitar 20-30 cm. 

Ukuran ini aman untuk kaki anak-anak dan orang dewasa. Mengingat luas rumah tidak begitu besar, maka ukuran 20 cm sudah cukup untuk tangga di dalam rumah sempit. Sedangkan, tinggi yang disarankan adalah 15 cm. 

3. Pastikan Kemiringan Tangga Tidak Terlalu Curam

Terkadang untuk menghemat ruangan beberapa orang membuat tangga terlalu curam. Ini justru berbahaya, baik saat orang naik maupun menuruni tangga tersebut. Lihat contoh tangga yang terlalu curam pada foto dibawah ini. 


Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Tangga seperti ini akan berbahaya sekali jika digunakan oleh anak-anak.

Untuk mengakalinya, bisa memilih desain tangga spiral atau yang berputar agar tidak memakan banyak tempat. Tapi kalau sudah terlanjur memiliki tangga seperti ini, tinggal tambahkan railing sebagai pengaman orang-orang yang melintasi tangga tersebut.

Info Menarik Lainnya : 5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)

4. Pilih Warna Cerah

Untuk tangga di ruangan sempit, sebaiknya jangan menggunakan warna-warna yang gelap. Apalagi dinding dan di sekitar ruangan sudah dikelilingi warna-warna gelap. Pilih cat dengan warna cerah, misalnya putih, krem, abu-abu muda, dan sebagainya. Lihat contohnya dibawah ini.


Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Warna-warna ini akan membantu ruangan terlihat lebih terang dan lapang. Selain itu, warna cerah pun bisa menjadi sentuhan tersendiri pada ruangan tersebut.

5. Manfaatkan Sudut Rumah

Selain memilih model spiral atau tangga memutar, bisa juga membuat tangga dengan desain siku-siku. Model tangga seperti ini cocok diposisikan di sudut ruangan. Lihat ilustrasinya dibawah ini.


Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit


Kombinasikan model siku-siku dengan sedikit lengkungan sehingga bisa tampak sedikit berbeda. Kalau mau didesain tambahan, bisa diberi sentuhan seperti melayang di bagian kerangkanya.

Sebenarnya saat ini ada banyak desain tangga untuk rumah berlahan sempit. Semuanya terlihat minimalis tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Justru, desain-desain tangga tersebut menambah sentuhan tersendiri untuk keseluruhan suasana rumah. Trik desain tangga rumah di atas bisa dicoba dan sebenarnya cocok juga untuk rumah dengan lahan yang agak luas.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)

Demikianlah info tentang trik desain tangga rumah minimalis. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit "