Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi

Cara merapikan rumah berantakan - Bagi sebagian orang, untuk memiliki rumah yang tertata rapi itu seakan sulit sekali untuk diraih. Biasanya hal ini terjadi karena 2 faktor.

Yaitu:

Faktot pertama; bisa jadi pemilik rumah terlalu sibuk bekerja, sehingga nyaris tidak ada waktu untuk mengurus/membersihkan rumah.

Faktor kedua; karena punya kebiasaan suka menimbun barang-barang kesukaan dirumahnya. Biasanya orang tipe ini suka sekali membeli barang-barang baru seperti baju, mainan hobi, sampai ke perabotan rumahnya. Sampai jumlah semua barang itu terlalu banyak dan menumpuk, sehingga dia jadi bingung sendiri bagaimana cara merapikannya.

Untuk orang yang pertama, maka solusinya adalah segera mencari asisten rumah tangga yang rajin, cekatan dan bisa dipercaya untuk mengurus rumah Anda.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Kenapa penulis sengaja menyebutkan kata "rajin dan cekatan"?

Jawabannya: Karena ada sebagian asisten alias pembantu rumah tangga yang cara kerjanya lelet dan pemalas. Dia hanya mau bekerja cepat dan rajin merapikan rumah jika tuannya sedang ada ditempat. Sedangkan bila tuannnya sedang bekerja diluar, alhasil rumah Anda pun kembali berantakan lagi.


5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi
Ilustrasi.

Sedangkan tipe orang kedua diatas, maka solusinya adalah berusaha untuk mengurangi hobinya yang suka membeli barang-barang tersebut. Atau jika sulit sekali merubah kebiasaannya itu, maka dia harus berupaya keras untuk bisa merapikan semua barang dirumahnya itu.

Nah jika Anda termasuk golongan orang yang kedua dan ingin sekali memiliki rumah yang bersih dan rapi, maka cobalah mencari tahu cara yang efektif untuk merapikan rumah yang berantakan tersebut.

Jadi bagaimana sih sebenarnya cara merapikan rumah berantakan itu?

Cara tersebut perlu diketahui untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk dihuni. Selain itu, cara tersebut juga berguna untuk menghemat tenaga karena tidak perlu sering-sering merapikan rumah. 

Berikut ini adalah 5 cara merapikan rumah berantakan yang bisa dicoba dengan mudah.

Diantaranya:

1. Mengkategorikan Barang

Rumah yang mudah berantakan bisa jadi karena pemilik rumah menyimpan barang-barang secara tidak teratur. Oleh karena itu, untuk menjaga rumah agar tetap rapi dan tidak sering berantakan, cobalah untuk mulai mengkategorikan barang-barang. Misalnya, mulailah untuk memilih dan mengkategorikan barang-barang sesuai ukuran, seberapa sering barang tersebut digunakan, dan tingkat kepentingannya.

Kemudian, kategorikan juga mana barang yang ingin disimpan dan tidak akan digunakan kembali. Jika terdapat barang yang ingin disimpan, pilah barang-barang tersebut menjadi barang yang jarang dan sering dipakai. Kemudian, pisahkan pula barang yang berukuran besar dari barang yang berukuran kecil.

Lihat Contoh ilustrasinya pada foto dibawah ini.


5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi

Baca juga : 5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)

2. Memiliki Tempat Penyimpanan Tertutup

Sayangnya tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk mengkategorikan barang-barang. Namun, tidak perlu berkecil hati karena ada cara merapikan rumah berantakan menjadi bersih dan juga rapi. Caranya yaitu dengan memiliki tempat penyimpanan tertutup sehingga rumah tetap terlihat rapi.

Lihat contohnya dibawah ini.


5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi

Di atas tempat penyimpanan tersebut bisa diletakkan tanaman hias, bingkai foto, maupun pajangan untuk mempercantik rumah. Namun, pastikan barang yang disimpan pada tempat penyimpanan adalah barang yang berguna.

3. Memanfaatkan Dinding

Jika masih bingung dimana bisa membuat atau meletakkan tempat penyimpanan, cobalah untuk memanfaatkan dinding rumah. Misalnya, yaitu dengan memasang rak-rak, selain untuk tempat penyimpanan tertutup juga bisa mempermanis ruangan. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi

Baca juga : Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)

Dengan begitu, dinding rumah menjadi tidak terlihat membosankan karena adanya rak-rak yang multifungsi dan cantik. Memanfaatkan dinding untuk tempat penyimpanan juga amat cocok bagi rumah dengan lahan terbatas.

4. Menyimpan Barang di Tempat Terjangkau

Salah satu hal yang ternyata bisa membuat rumah mudah berantakan yaitu karena pemilik rumah menyimpan barang-barang tidak pada tempatnya. Jadi ketika mencari dan mengambil barang tertentu, dia malas menaruh kembali ditempatnya. Jadi dia letakkan semaunya saja. Akibat tindakan ini, akhirnya membuat rumahnya jadi berantakan. Biasanya ini sering terjadi pada peralatan kosmetik.

Sebagai solusinya yaitu cobalah untuk meletakkan barang-barang yang sering digunakan ditempat yang mudah dijangkau. Atau, pemilik rumah bisa juga meletakkan barang-barang tersebut di tempat penyimpanan yang transparan. Dengan begitu, barang-barang yang ingin digunakan pun mudah ditemukan dan rumah pun selalu rapi.

Lihat contoh tempat menyimpan kosmetik yang keren banget dibawah ini.


5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi

Baca juga : Hiasan Dinding dari Kertas yang Unik & Mudah Dibuat

5. Menyingkirkan Benda yang Tidak Diperlukan

Terkadang pemilik rumah cenderung untuk menumpuk barang-barang karena merasa kalau barang-barang tersebut sayang jika dibuang. Padahal, belum tentu barang-barang tersebut akan sering digunakan nantinya. Selain itu, menumpuk barang-barang juga seringkali membuat rumah menjadi mudah berantakan.

Oleh karena itu, cara merapikan rumah berantakan yaitu dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Bagi sebagian orang, melakukan pemilahan barang-barang adalah hal yang amat sulit dilakukan. Namun, cobalah untuk berpikir lebih jauh jika menumpuk barang-barang dalam jangka waktu yang lama akan memperburuk keadaan dan kerapian rumah.

Jika Anda merasa sayang untuk membuang barang yang sudah tidak terpakai itu, toh Anda juga bisa kok menjualnya ke tukang rongsokan. 'Kan lumayan uang hasil penjualannya buat tambahan uangan jajan. Contohnya Anda bisa menjual perangkat PC/komputer bekas seperti pada foto dibawah ini.


5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi


Jika rumah selalu berantakan, jangan buru-buru kesal karena pasti ada solusinya. Cobalah untuk menerapkan 5 cara merapikan rumah berantakan yang telah diulas pada artikel ini. Pada awalnya memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan, namun hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat hunian menjadi lebih nyaman.

Baca juga : Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)

Demikianlah info singkat tentang cara merapikan rumah berantakan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Cara Merapikan Rumah Berantakan Jadi Bersih & Rapi "