Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)

Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu - Mendekorasi rumah memang ada semacam sensasi yang menyenangkan. Apalagi jika itu adalah rumah baru. Rasanya ingin semua barang dibeli dan ditaruh di dalam rumah. Eitss,,, Tapi tunggu dulu,,, sebelum Anda membeli perabotan ini-itu, maka hendaknya perhatikan dulu seberapa luas rumah Anda tersebut.

Jangan sampai karena terlalu bersemangat, sehingga Anda membeli perabotan yang ukurannya tidak sesuai dengan luas ruangan rumah Anda. Seringkali orang yang punya rumah baru salah pilih ketika membeli barang perabotan.

Kesalahan Umum dalam Tata Cara Menghias Ruang Tamu

Misalnya ketika membeli sofa untuk ruang tamu dirumahnya. Eh dia malah pilih sofa yang ukurannya paling besar, padahal luas interior diruang tamunya berdiameter kecil. Nah karena sofa besarnya sudah terlanjur terbeli, akhirnya dipaksakan juga dijejali ke ruang tamu tersebut. Akibatnya ruang tamu itu jadi terkesan sumpek, sempit dan tidak nyaman.


5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)
Ilustrasi ruang tamu yang sempit. sumpek dan berantakan.


Dan ini akibatnya bisa fatal.

Apa sebab?

Karena jika ruangan interior rumah terlalu sempit, maka jangankan orang lain (yang datang sebagai tamu), sang tuan rumah sendiri pasti akan merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut.

Salah satu bagian penting dari interior rumah adalah ruang tamu. Di ruang inilah sang tuan rumah akan menyambut tetangga, teman, kolega dan kerabatnya untuk bersilaturahmi. Maka sulit rasanya dibayangkan ketika mereka semua itu datang, malah dihadapkan dengan suasana ruangan yang sempit dan sumpek. 

Akibatnya, tentu saja dapat membuat mereka jadi merasa kurang nyaman. Alhasil mereka tidak akan betah singgah berlama-lama dan segera bergegas pergi meninggalkan rumah tersebut.

Agar semua kejadian diatas tidak terulang lagi, maka dibawah ini akan saya uraikan beberapa tips dan trik dalam mendekorasi ruangan rumah. Terutama pada rumah yang memiliki ukuran ruang yang terbatas.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mendekorasi Ruang Tamu Berukuran Sempit

Cara menghias ruang tamu yang tepat perlu diperhatikan untuk rumah-rumah dengan lahan terbatas. Memang ini akan menjadi sesuatu yang menantang, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Butuh trik khusus agar ruang tamu tidak terasa sesak dan berantakan. 

Supaya hal seperti diatas tidak terjadi lagi, maka hindari beberapa tindakan di bawah ini saat mendekorasi ruang tamu:

1. Menaruh Terlalu Banyak Bantal


5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)
Ilustrasi.

Beberapa orang menaruh bantal pada sofa sebagai ciri khas ruang tamu mereka. Ini bukan sesuatu yang salah dan tetap bisa dilakukan pada ruang tamu kecil. Hanya saja perhatikan ukuran bantal serta jumlahnya. Jangan pilih bantal yang berukuran besar karena akan membuat sofa terlihat penuh. Selain itu, jumlah bantal yang terlalu banyak juga dapat mengesankan ruangan jadi sesak dan berantakan.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa, Unik Banget Lho!

2. Meletakkan Sofa di Tengah Ruangan

Penempatan sofa di tengah ruangan sangat tidak dianjurkan untuk ruang tamu yang sempit. Cara menghias ruang tamu seperti ini akan membuat ruangan bertambah sempit. Orang akan sulit untuk berlalu lalang sehingga tidak nyaman berlama-lama di sana. 

Letakkan saja sofa dengan posisi menempel dinding agar ada ruang untuk bergerak. Perlu diketahui bahwa dengan adanya jarak antara sofa dengan tembok, maka dapat membuat ruangan terkesan jadi kecil dan sempit. Oleh karena itu, jangan letakkan sofa ditengah ruangan, terkecuali jika ruang tamu Anda itu berukuran luas. Contohnya seperti ruang tamu yang luas seperti foto dibawah ini.


5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)

3. Kurang Memberi Pencahayaan


5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)
Ilustrasi ruang tamu yang kurang pencahayaan.


Tak banyak orang yang paham fungsi cahaya saat mendekorasi ruangan. Pencahayaan tidak hanya berguna untuk membuat ruangan terang, tetapi juga untuk memunculkan kesan tertentu. Untuk ruang tamu yang sempit, pastikan pencahayaan cukup agar memberikan kesan yang luas. 

Kalau ruang tamu tidak berada di dekat pintu atau jendela terbuka, maka akan terasa sesak dan pengap. Hindari pencahayaan yang remang-remang karena orang tidak akan nyaman dengan ruangan yang tidak begitu luas.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana (Nyaman & Apik)

4. Memilih Warna Furniture Gelap


5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)
Ilustrasi furniture ruang tamu yang serba gelap dan suram.


Pemilihan warna furniture pun masih banyak keliru oleh beberapa orang. Mereka pikir dengan warna gelap akan terlihat elegan dan berkelas. Sebaliknya, di ruangan yang sempit warna gelap justru harus dihindari atau seminimal mungkin. 

Warna-warna gelap akan menimbulkan kesan suram dan sempit di area yang terbatas. Pilihlah warna-warna terang, seperti light grey, beige, atau putih. Warna-warna netral yang cerah cocok untuk ruangan tidak begitu besar.

5. Memajang Terlalu Banyak Foto dan Hiasan


5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)
Ilustrasi.


Memajang foto dan menggantungkan hiasan dinding boleh dilakukan untuk ruang tamu sempit asal jumlahnya terbatas. Jangan memajang foto berukuran besar yang menutupi satu dinding atau beberapa foto berukuran kecil dalam jumlah banyak. Ini akan mengesankan ruangan tampak penuh sesak. 

Pilihlah beberapa foto terbaik dan biarkan dinding terlihat bersih. Dengan begitu, menghias pun dapat namun tidak menimbulkan kesan sumpek. Jadi sampai ruang tamu Anda terlalu sesak seperti foto diatas ya. 😁

Info Menarik Lainnya : 8 Kombinasi Warna Sofa yang Bagus untuk Mempercantik Ruangan

Cara menghias ruang tamu dengan area kecil tidak bisa sembarangan. Setiap keputusan yang diambil harus mempertimbangkan kenyamanan saat menghabiskan waktu di sana. Tak ada salahnya memberikan beberapa sentuhan khusus. Namun harus sadar diri juga kalau tidak bisa semua keinginan diwujudkan dengan lahan yang terbatas.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek) "