Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)

Cara menghias kamar tidur anak remaja - Semakin besar seorang anak, maka pasti dia akan memiliki seleranya sendiri. Dan perkembangan usia ini pasti juga akan berpengaruh terhadap perubahan tampilan, dan desain ruang privatnya. Contohnya seperti pada gaya dan desain ruangan kamar.

Jika Anda punya anak, keponakan, atau adik perempuan, pasti waktu kecilnya pernah suka dengan karakter princess. Maka desain kamarnya pun kemudian penuh dengan nuansa dan karakter dari Disney tersebut. Sebaliknya kalau anak laki-laki biasanya suka dengan karakter Avengers, atau mainan Dinosaurus. Maka sama saja, pasti ruangan kamarnya penuh dengan desain ala Avengers atau karakter kegemarannya yang lain.

Nah, perubahan selera akan gaya desain kamarnya akan berubah drastis ketika mereka beranjak di usia remaja. Tentu mereka tidak akan suka lagi dengan karakter Princess atau Avengers. Pasti sekarang mereka ingin mengganti dekorasi kamarnya dengan nuansa baru, yaitu yang sesuai dengan usia mereka.




Jadi bagaimana cara menghias kamar tidur anak remaja yang paling tepat?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya:

"Kira-kira gaya desain apa yang disukai oleh anak, ponakan, atau adik perempuan saya yang sudah mulai remaja ini ya?"

Solusinya: Anda tenang saja,,,, tidak usah bingung,,, karena Anda bisa menanyakan langsung kepada mereka tentang desain seperti apa yang mereka sukai. Namun jika orang-orang tersayang dikeluarga Anda itu juga bingung menentukan desain kamar seperti apa yang sesuai untuk mereka, maka berikut di bawah ini akan saya berikan beberapa referensi desain kamar terbaik untuk anak remaja. Desain kamar ini berbiaya rendah (low budget), tapi hasilnya tetap keren.

Sebelum merombak kamar, satu hal yang perlu diingat bahwa setiap anak remaja harus dilibatkan dalam mendekorasi kamarnya. Tentunya ini akan membuat mereka lebih puas dan senang. Selain itu, tanpa disadari cara ini pun dapat memupuk rasa tanggung jawab. Penting bagi orang tua untuk menumbuhkan self-belonging terhadap apa yang dimilikinya sehingga kamar akan dirawat sebaik mungkin.

Info Menarik Lainnya : 5 Ide Desain Kamar Ala Cafe yang Unik & Gaul Abis, Cekidot!

Mendekorasi Kamar Remaja Murah dan Menarik

Sebenarnya cukup menantang untuk mendekorasi kamar remaja. Di satu sisi mereka masih memiliki jiwa kanak-kanak, namun di waktu yang bersamaan pun ingin terlihat seperti orang dewasa. Dengan begitu, perlu tahu cara menghias kamar tidur remaja yang tepat supaya hasilnya pas sesuai usia mereka. 

Simak beberapa tips di bawah ini yang bisa dilakukan:

1. Tambahkan Sentuhan Lewat Wallpaper

Cara menghias kamar tidur yang cepat dan murah adalah dengan menggunakan wallpaper. Tidak perlu satu dinding penuh dilapisi oleh wallpaper. Cukup beberapa bagian atau di sudut-sudut tertentu saja sebagai sentuhan tambahan. 

Saat ini ada banyak jenis wallpaper dengan beragam warna, motif, dan desain. Sebagai contoh, untuk kamar remaja perempuan bisa ditambahkan wallpaper polkadot atau kupu-kupu. Sedangkan anak laki-laki bisa dengan desain stripes, pemandangan alam, pantai/laut, dsb.

Lihat salah satu contoh wallpaper pemandangan laut dibawah ini. 


Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)

2. Dekorasi Dinding dengan Poster

Setiap anak pasti punya sosok yang dikaguminya. Entah itu super hero, bintang film, penyanyi, dan sebagainya. Tanyakan hal ini pada mereka dan tawarkan untuk memajang poster di salah satu sisi kamar. 

Pilih sudut yang eye catching sehingga poster bisa menjadi central of view. Sesuaikan ukuran poster dengan luas dinding. Bisa memajang satu poster berukuran besar atau dua hingga tiga poster dengan ukuran sedang.

Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)

3. Manfaatkan Box Bekas untuk Storage

Salah satu permasalahan kamar anak remaja adalah sulit rapi. Tak jarang kamar mereka berantakan dengan segala macam barang bertebaran di mana-mana. Untuk meminimalisir hal tersebut, tambahkan beberapa kotak penyimpanan dari dus bekas yang dihias ulang, seperti dus sepatu atau box kosong lainnya. 

Supaya lebih menarik, hiasi dus dengan ditutup kertas kado, dilukis, dan sebagainya. Kalau perlu, tuliskan di sisi kotak label barang yang akan disimpan di sana. Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)
Pencahayaan termasuk unsur penting yang harus diperhatikan dalam mendekorasi ruangan. Cahaya tidak selalu didapatkan dari lampu utama. Ada banyak jenis lampu yang bisa memberikan efek tertentu. 

Cobalah untuk mengeksplorasi jenis-jenis pencahayaan, mulai dari warna hingga modelnya. Adapun lampu bisa dihias dengan digantung, ditutupi tirai, atau dilapisi kertas. Semuanya tergantung dari suasana apa yang ingin diciptakan. Lihat salah satu model lampu kamar dibawah ini.


Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)

5. Pilih Kombinasi Warna yang Tepat

Selain tokoh, seorang remaja pun memiliki warna favorit. Masukan warna tersebut sebagai unsur dekorasi kamar mereka. Padukan dengan satu atau dua warna lainnya supaya tidak terasa monoton. 

Akan lebih baik kalau warna lainnya bersifat netral agar kamar tetap tampak rapi dan minimalis. Perlu diketahui kalau warna dapat mempengaruhi mood seseorang yang berada di dalam ruangan tersebut.

Lihat contoh kombinasi warna yang keren pada kamar anak remaja laki-laki dibawah ini.


Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget)

Tidak perlu sesuatu yang mahal atau mengganti semua furniture saat anak beranjak remaja. Manfaatkan barang-barang yang ada dan cat ulang atau alih fungsikan. Cara menghias kamar tidur seperti ini tidak akan menyedot banyak biaya, bahkan bisa dilakukan dengan zero budget. 

Ingat, seorang remaja sering kali berubah seleranya. Maka jangan heran kalau mereka cepat bosan dan ingin mendekor ulang kembali kamarnya dalam waktu singkat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Menghias Kamar Tidur Remaja (Low Budget) "