Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)

Cara membuat dinding unfinished - Apakah Anda termasuk orang yang suka menonton acara Podcast Deddy Corbuzier? Jika iya, maka berarti Anda sama dengan saya. 😊

Nah, pernahkah Anda memperhatikan sesuatu yang unik pada desain ruangan Podcast tersebut? Yup! Keunikan itu itu terlihat pada dindingnya yang terlihat seolah seperti bangunan yang belum selesai dikerjakan. Dindingnya hanya berupa susunan baru bata polos dan hanya direkat oleh semen.

Tentu saja Anda sudah tahu bahwa dinding itu bukan berarti benar-benar belum selesai dikerjakan. Tapi memang disengaja dirancang dengan bentuk 'setengah jadi' seperti itu. Orang sering bilang itu namanya gaya dinding 'unfinished". Untuk lebih jelasnya, dibawah ini saya lampirkan foto dinding ruangan Podcast Deddy Cobuzier tersebut.

Dilihat dari katanya, “unfinished” sudah jelas artinya “belum selesai”. Tapi mengapa bisa sesuatu yang belum selesai dipilih orang untuk dekorasi ruangannya? Jika diperhatikan memang model dinding unfinished memberikan kesan tersendiri, yaitu tampak industrial, kuno, klasik, ataupun unik.

Nah, apakah Anda juga tertarik untuk menerapkan gaya desain dinding yang unik dan klasik tersebut dirumah Anda? Kalau ingin rumah Anda mendapatkan sentuhan unik seperti ruangan Podcast Deddy Corbuzier diatas, yuk simak cara membuat dinding unfinished di bawah ini.


Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)



Cara membuat dinding unfinished

Kabar baiknya, ternyata model dinding unfinished ini cocok diterapkan di dalam ruangan rumah. Nanti tinggal disesuaikan saja dekorasi dinding unfinished-nya dengan peruntukan ruangan tersebut.
Misalnya untuk dinding ruangan dapur, ruang makan, ruang keluarga, bahkan kamar, maka gaya desain masing-masing ruangan itu bisa dirancangan sesuai dengan fungsinya. Karena sesungguhnya perawatan dinding unfinished ini relatif mudah dilakukan. Sehingga jika dimasa mendatang Anda ingin 'maintenance' rumah lagi, maka pengerjaannya pun bisa lebih simpel.

Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)
Contoh salah satu ruangan rumah dengan gaya dinding unfinished.

Info Menarik Lainnya : Tiang Teras Minimalis Batu Alam untuk Mempercantik Rumah

Proses Pembuatan Dinding Unfinished yang Harus Dilakukan

Dinding unfinished dibuat dari semen ekspos yang kemudian dilapisi dengan cairan khusus atau pelapis (coating). Ini bisa dilihat secara detail, oleh sebab itu, teknik pembuatannya harus tepat. Cara membuat dinding unfinished tidak bisa asal-asalan. Hanya karena dinding ini belum selesai, kemudian dibiarkannya begitu saja dan ruangan langsung digunakan.
Simak langkah-langkah membuatnya supaya hasil dinding rapi dan menarik:

1. Tentukan Ruangan

Seperti yang disebutkan di awal, dinding unfinished bisa diterapkan di ruangan apapun. Oleh sebab itu, sebelum membuatnya tentukan dulu di mana dinding ini akan diaplikasikan. Kalau ingin membuatnya di ruang tamu, maka harus dihias semenarik mungkin karena dinding unfinished akan mampu mencuri perhatian siapapun yang melihatnya. Sedangkan untuk di ruangan-ruangan pribadi, seperti kamar tidur atau kamar mandi, bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

2. Plester Permukaan Dinding

Cara membuat dinding unfinished selanjutnya adalah dengan memplester permukaan dinding. Buat adukan plester dari semen dan pasir. Pastikan kerikil pada pasir seminimal mungkin dengan cara diayak terlebih dahulu. Porsi campuran antara semen dan pasir adalah 1:3 atau 1:4. Aduk hingga tercampur rata sambil sedikit demi sedikit diberi air. Terus aduk hingga keduanya tercampur sempurna.

Info Menarik Lainnya : Berbagai Pilihan Motif Granit untuk Teras Rumah

3. Aplikasikan Adukan Plester

Setelah adukan jadi, aplikasikan ke dinding batu bata yang akan dibuat dinding unfinished. Perhatikan ketebalannya, yaitu sekitar 1-2 cm. Ratakan adukan pada dinding, jangan sampai ada permukaan yang tidak rata atau adukan yang menggumpal karena hasil akhirnya tidak akan rapi. Supaya hemat, maka hindari aplikasi plester yang terlalu tebal, sebab yang terpenting adalah permukaan batu bata tertutupi.

4. Diamkan Supaya Kering

Kalau seluruh permukaan dinding sudah diplester, diamkan sejenak agar seluruhnya kering. Namun perlu diperhatikan juga sebelum melapisi dinding (proses coating), permukaan sebaiknya tidak terlalu kering. Apabila saat dipegang kering, bisa dibasahi sedikit lalu dilapisi dengan acian.

5. Lakukan Finishing yang Sesuai

Perlu diketahui kalau ada dua jenis dinding unfinished, yaitu satu tone warna abu-abu dan satu warna abu-abu dengan tone yang berbeda-beda. Sebenarnya perbedaannya tidak begitu signifikan, hanya saja di hasil akhir akan memberikan nuansa yang berbeda. Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah teknik finishing-nya. Ada empat cara yang bisa dipilih, yaitu Polished Concrete Wall, Seamless Concrete Wall, Fibre Cement, dan Faux Concrete Wall Finish. Cara yang pertama paling banyak dipilih oleh orang-orang.

Info Menarik Lainnya : Belajar Cara Bikin Rak Dinding Mandiri (Mudah dan Praktis)

Setelah satu dinding selesai, tentunya seseorang harus memandang dan merasakan sensasi hasil akhirnya. Jangan langsung seluruh dinding didesain unfinished, kecuali memang sudah yakin sebelumnya. Jangan khawatir, cara membuat dinding unfinished bisa diterapkan ke seluruh sisi dinding atau hanya satu saja. Tak ada masalah dari keputusan yang dibuat karena semuanya tergantung si pemilik rumah ingin gaya interior yang seperti apa.

Demikianlah uraian singkat tentang cara membuat dinding unfinished. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)"