Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid

Cara membersihkan kamar mandi menggunakan citric acid - Kamar mandi termasuk salah satu bagian rumah yang rawan kotor. Hal ini sebenarnya wajar, karena ruang kamar mandi pasti sering terkena percikan sabun dan sisa air kotor saat mandi. Namun ruang mandi yang kotor itu akan mulai jadi masalah jika kamar mandinya jarang dibersihkan. Kalau sudah begini, pasti Anda akan kesulitan untuk membersihkanya.

Apa sebab?

Karena jika jarang dibersihkan, maka noda kotoran yang menempel di ruangan kamar mandi itu lama kelamaan akan mengendap dan mengeras. Dan bila sudah mengeras, maka itu adalah pertanda kotorannya sudah meresap ke pori-pori dinding kamar mandi ('menyatu' dengan unsur material kamar mandi tersebut).

Kalau kondisinya sudah seperti diatas, maka akan memerlukan tenaga yang ekstra untuk membersihkannya. Bahkan dalam kondisi tertentu memerlukan bantuan zat khusus, agar kotoran tersebut bisa luntur dan mudah dibersihkan.

Mungkin Anda akan bertanya: "Pakai zat khusus apa ya?"

Sudah pernahkah Anda mendengar cara membersihkan kamar mandi menggunakan citric acid?


Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi. Foto by : Wongpati (Youtube).

Nah itulah dia zat khusus yang penulis maksudkan.

Mungkin Anda masih jarang mendengar zat pembersih citric acid ini. Karena kebanyakan orang sudah terbiasa menggunakan produk pembersih porselen pabrikan yang banyak beredar di pasaran. Namun terkadang ada sebagian produk pembersih itu justru tidak ampuh untuk membersihkan kotoran keramik yang membandel. Padahal Anda telah membeli produk itu dengan harga yang cukup mahal.

Oleh karena itu, lebih baik Anda manfaatkan bahan yang harganya lebih terjangkau dan mudah ditemukan. Contohnya seperti citric acid, atau lebih dikenal dengan sebutan sitrun. Citric acid ini sudah dinyatakan aman bagi kesehatan. Biasanya sitrun ini juga sering digunakan untuk penambah rasa masam pada makanan dan minuman.

Jika untuk makanan saja diperbolehkan, apalagi kalau digunakan untuk bahan pembersih bukan?

Apakah Anda mulai penasaran bagaimana cara membersihkan kamar mandi menggunakan citric acid?

Yuk simak uraian selengkapnya berikut ini.

Cekidot!

1. Gosok Seluruh Bagian Kamar Mandi

Langkah awal adalah silahkan gosok seluruh permukaan kamar mandi. Jangan sampai ada satu bagian pun terlewat. Ingatlah jika kamar mandi adalah area yang cukup rawan terkena kuman. Gosok mulai lantai, dinding kamar mandi, hingga kloset sekalipun. Bila perlu gosok juga gayung apabila menggunakannya karena kadang bisa kotor oleh lumut.


Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi.


Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi.

Gosok menggunakan sikat atau batu apung. Untuk penggosokan tahap awal ini bisa lebih dulu menggunakan air sabun. Dengan begitu setidaknya kotoran yang menempel bisa sedikit terkikis, dan makin mudah dibersihkan nantinya.

2. Bilas Hingga Cukup Bersih

Jika dirasa semua permukaan sudah digosok, segera bilas dengan air bersih. Anda bisa membilasnya dengan cara menyemprotkan air (menggunakan shower atau selang air ke arah permukaan kamar mandi tersebut). 


Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi. Foto by : My-best.id

Pastikan bagian-bagian yang sebelumnya digosok sudah hilang dari sabun. Pembersihan ini tidak akan memberikan hasil maksimal. Sebab bahan terpenting yaitu citric acid belum dipergunakan.

Info Menarik Lainnya : 5 Rekomendasi Model Kamar Mandi dan WC Sederhana

3. Siapkan Citric Acid Dan Taburkan Ke Seluruh Permukaan Kamar Mandi

Bila semua bagian sudah dibilas dan sudah dipastikan bebas dari air sabun, boleh langsung siapkan citric acidnya. Buka kemasan citric acid lalu taburkan langsung ke seluruh permukaan keramik kamar mandi yang kotor. Sebaiknya lakukan langkah ini ketika kondisi kamar mandi masih sedikit basah.

Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi.


Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi. 

Jika ingin hasil lebih efektif, ada baiknya menaburkan citric acid pada sikat saja. Langsung saja bubuhkan tanpa ditambahkan air sedikit pun. Selanjutnya tinggal balurkan ke seluruh permukaan porselen kamar mandi. Boleh diberikan sedikit gosokan tak perlu terlalu kasar. Ini akan membuat proses pengangkatan kotoran menjadi lebih cepat dan mudah.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya

4. Tunggu Proses Sekitar 30 Menit Hingga 1 Jam

Setelah membubuhkan citric acid ke seluruh permukaan porselen kamar mandi, berikan sedikit jeda. Kira-kira minimal 30 menit atau satu jam untuk hasil maksimal. Jeda waktu bisa dipergunakan untuk melakukan hal-hal lain. Misalnya membersihkan bagian rumah lain yang dianggap masih kotor.

Bila terlalu cepat melakukan pembilasan, bisa jadi proses pengangkatan kotoran jadi tidak sempurna. Dampaknya, kamar mandi mungkin tidak akan bersih maksimal. Maka tidak ada salahnya untuk memberikan jeda waktu agak lama hingga citric acid bekerja dengan baik.

Info Menarik Lainnya : 6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar

5. Gosok Kembali Dan Siram Sampai Bersih

Bila waktu sudah mencapai 30 menit atau 1 jam, silahkan lakukan penggosokan ulang. Langkah ini berguna untuk membersihkan kotoran yang kemungkinan masih menempel di permukaan kamar mandi. 


Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid
Ilustrasi. Foto by : Kelasbersih.com

Selanjutnya tinggal dibilas saja sampai bersih. 

Sedikit informasi, bahwa citric acid termasuk bahan yang ringan. Artinya tidak terlalu keras daripada bahan pembersih lainnya seperti cuka atau kaporit. Maka jika dirasa belum terlalu bersih, cobalah untuk mengulang pembersihan 2 atau 3 kali lagi. Namun bila proses yang dilakukan sudah benar, biasanya pembersihan satu kali saja sudah cukup.

Itulah tadi informasi tentang 5 cara membersihkan kamar mandi menggunakan citric acid . Bahan yang lebih dikenal dengan nama sitrun ini memang familiar sebagai bahan tambahan pangan. Namun siapa sangka jika hanya menggunakan bahan tersebut kamar mandi bisa lebih bersih dan kinclong dengan mudah.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid "