Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah, Lihat Yuk!

Cara pasang paving block - Saat ini kebanyakan orang lebih memilih paving block untuk material pelataran rumahnya. Pilihan ini tentu ada alasan tersendiri. Salah satu alasan paling kuat yaitu; karena harga paving block dinilai lebih ekonomis dan kualitasnya cukup baik. Sehingga tidak mengherankan jika peminat paving block ini cukup banyak.

Selain harga terjangkau dan kualitasnya terbilang baik, kelebihan lainnya dari paving block yaitu cara memasangnya cukup mudah. Oleh karena itu, untuk memasang paving block ini sebenarnya tidak perlu menggunakan jasa orang lain (seperti menyewa tukang, dll). Karena Anda bisa memasangnya sendiri secara mandiri. 

Lihat contoh ilustrasi dibawah ini.


Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi. Foto by : Abarudin Sukarni (Youtube).

Terkecuali jika Anda adalah orang yang sangat sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk mengerjakannya sendiri, maka itu lain soal. Tentu Anda boleh-boleh saja jika ingin menggunakan jasa tukang, semua terserah Anda.

Tahapan Dan Cara Pasang Paving Block

Namun jika Anda memiliki cukup banyak waktu luang, maka sebaiknya Anda memasang paving block ini secara mandiri. Karena selain lebih menghemat biaya untuk tukang, Anda pasti bisa kok memasangnya sendiri. Jika Anda telaten, teliti, dan sabar dalam memasang paving block tersebut, yakinlah Anda pasti bisa! :-)

Mungkin timbul pertanyaan: "Lalu, apa aja sih tahapan dan cara pasang paving block itu?"

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tahapan serta cara memasangnya, yuk ikuti penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cekidot!

1. Mengecek Keadaan Tanah (Padatkan dan Ratakan)


Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi. Foto by : Sam-stroitel.com


Pertama-tama cara pasang paving block adalah dengan melihat kondisi tanah yang akan dilapisi permukaannya dengan paving block. Yang perlu dilihat pada tanah adalah apakah kondisinya sudah rata, padat dan tidak terdapat lubang. Jika tanah yang akan dipasang paving block itu berlubang, maka akan menimbulkan masalah.

Diantara salah satu masalahnya adalah dapat membuat paving yang telah dipasang akan amblas dalam waktu yang singkat. Tetapi tenang saja jika tanah mengalami lubang. Ini dapat disiasati dengan mengisi lubang dalam tanah dengan mesin Roller (Wales) atau bisa juga Stamper kuda.

2. Bersihkan Lahan


Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi. Foto by : STAR Gaming TV (Youtube).


Untuk memperlancar cara pasang paving block dapat dilakukan pembersihan terlebih dahulu pada tanah. Seperti misalnya membersihkan tanah dari rumput yang tumbuh liar, sampah organik contohnya ranting dan daun yang berjatuhan. Maupun sampah plastik, contohnya bekas bungkus makanan yang dapat memperlambat proses pemasangan paving block.

Apabila paving block dipasang pada tanah yang dalam keadaan tidak bersih dari berbagai macam hal di atas, Akan menyebabkan paving block yang telah terpasang menjadi lebih mudah bergeser. Ini dikarenakan paving tidak dapat menempel pada tanah dengan sesempurna jika dibandingkan dengan pemasangan paving block saat tanah sudah bersih.

Info Menarik Lainnya : 7 Ide Desain Lantai Garasi Batu Alam (Unik & Menarik)

3. Lapisi Dengan Tanah Urug


Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi.

Langkah cara pasang paving block yang ini memang memerlukan persiapan berupa tanah untuk lapisan pertama. Alasannya karena tanah yang akan dipasang paving block di atasnya tidak cukup hanya menjaga kebersihan tanah tersebut. Ini juga dilakukan untuk menjaga tingkat permukaan tanah agar tetap dalam keadaan rata.

Akan tetapi juga perlu tambahan perawatan lain berupa tanah yang akan digunakan sebagai urug. Fungsinya supaya tanah benar-benar sudah dalam keadaan rata dan siap untuk dipasangi paving block.

Info Menarik Lainnya : 8 Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Terbaik

4. Mulai Pasang Paving Block


Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi. Foto by : Sjppaving.net

Sebelum memulai memasang paving block, terlebih dahulu pasang beton untuk pinggiran agar paving block tidak mudah bergeser nantinya. Letakkan beton pada sisi-sisi paving block sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Baru langkah selanjutnya adalah mulai memasang paving block dengan cara berjalan maju.

Supaya paving block yang dipasang lebih merekat pada tanah urug, pemasang dapat menginjak sambil memasang paving block tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecat Lantai Rumah Secara Mandiri

5. Bersihkan Paving Block


Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah
Ilustrasi. Foto by : Terraconblock.com

Cara pasang paving block yang terakhir adalah dengan membersihkan permukaan paving block sebelum digunakan. Jangan beranggapan bahwa setelah selesai paving block dipasang maka paving block sudah siap digunakan.

Perhatikan sisa-sisa tanah urug yang telah digunakan sebelumnya bersih dari permukaan paving block. Memang sisa-sisa tanah urug tidak terlalu mengganggu kelihatannya. Namun jika dalam jumlah yang terbilang banyak akan membuat selip pada ban mobil.

Mudah bukan cara pasang paving block sendiri tanpa bantuan tukang bangunan. Siapa saja tentu dapat mencoba cara-cara diatas asalkan dapat telaten dan rajin pasti bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. 😉

Post a Comment for "Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah, Lihat Yuk! "