Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!

Bisnis tidak mengenal batasan usia. Siapapun yang memiliki niat dan serius menggelutinya, maka pasti bisa menjalankan usaha. Tidak terkecuali orang-orang berusia muda. Ternyata, ada banyak sekali pilihan usaha yang cocok untuk anak muda. Mencoba membuka usaha di usia muda sangat baik karena akan menambah pengalaman dalam berusaha.

Semakin muda usia seseorang dalam menjalankan usaha, maka akan semakin banyak waktu yang bisa digunakan untuk memperbaiki kegagalan. Memulai usaha di usia muda juga lebih berpeluang meraih keberhasilan. Karena anak muda memiliki banyak waktu untuk melebarkan usaha. Sudah banyak contoh pengusaha yang berhasil meraih sukses di usia relatif muda.

Nah, apakah Anda ingin menjadi salah satu pengusaha sukses tersebut? Yuk, lihat pilihan usaha yang cocok untuk anak muda dalam artikel ini.

Cekidot!

Sukses Membuka Usaha di Usia Muda

Ide-ide kreatif sering membanjiri kepala anak-anak muda. Belum lagi keberanian bercampur dengan adrenalin membuat semangat anak muda sering meledak-ledak. Keinginan untuk membuka usaha seringkali langsung dieksekusi karena keberanian dan semangat khas anak muda ini.

Semangat dan keberanian membuka usaha di usia muda tentu tidak buruk, namun alangkah baiknya jika ide-ide kreatif ini dikelola dengan baik dan penuh perhitungan. Agar usaha yang dijalankan bisa sukses dan tidak hanya jadi usaha musiman, perencanaan yang baik harus diterapkan.

Di awal usaha, tetapkan visi misi yang jelas. 

Visi misi ini sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Selain itu, mulailah jalankan bisnis sesuai dengan minat dan bakat. Jangan menjalankan bisnis hanya karena ikut-ikutan karena belum tentu bisnis yang sedang ramai itu cocok dengan passion diri sendiri.

Selalu ada resiko dalam dunia bisnis. 

Anak muda yang berbisnis perlu memitigasi resiko itu. Dengan memitigasi resiko tentu akan lebih mudah menyiapkan cara-cara untuk menghadapi atau menekan resiko. Masalahnya, anak muda cenderung mudah panik dan tidak siap menghadapi masalah atau resiko dalam dunia usaha.

Anak muda yang sukses berbisnis adalah yang pandai membangun jaringan. 

Maka, perluas pergaulan dan berpikiran terbuka agar bisa terus menambah pertemanan dan jaringan. Percayalah, ini salah satu faktor terpenting kesuksesan usaha. Jangan lupa juga untuk terus mengevaluasi bisnis yang sedang dijalankan dan jangan cepat berpuas diri.

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda

Anak muda seringkali pusing soal modal ketika ingin menjalankan usaha. Padahal banyak usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim. Berikut ini akan diberikan pilihan usaha untuk anak muda yang cocok untuk berbagai minat dan bakat. 

Simak daftar berikut ini:

1. Penulis Artikel

 
7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda (Modal Minim)
Ilustrasi.

 

Jika ada bakat menulis dan suka menulis, maka menjadi penulis lepas untuk artikel bisa dijadikan ladang usaha. Menulis artikel lepas adalah usaha yang sangat menarik dijalankan oleh anak muda karena sangat fleksibel. Usaha ini bisa dijalankan dimana saja dan hanya memerlukan modal koneksi internet yang kencang.

Jika sudah berpengalaman menjadi penulis artikel, maka bisa dicoba mengembangkan untuk membuka usaha penyedia jasa penulisan sendiri. Saat ini, seiring dengan perkembangan internet yang pesat, kebutuhan akan artikel untuk diunggah di website sangat tinggi. Maka, usaha ini sangat potensial untuk dijalankan oleh anak-anak muda yang kreatif.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjadi Penulis yang Handal

2. Blogger

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda (Modal Minim)
Ilustrasi.

 

Usia muda sekarang ini identik dengan blogging. Membuat blog kemudian mengisinya dengan artikel-artikel bermutu bisa mendatangkan uang. Jangan salah, sebuah blog bisa digunakan untuk branding dan memasang iklan pada setiap konten di blog. Karena dekat dengan dunia digital, ini merupakan usaha yang cocok untuk anak muda.

Modal untuk membuka blog tidak banyak bahkan ada yang hanya puluhan ribu sebulan. Untuk mencoba dan menambah pengalaman, bisa dicoba membuka blog secara gratis terlebih dahulu. Unggah konten-konten berkualitas yang sesuai dengan minat dan passion. Tujuannya adalah lebih fokus dalam membuat konten.

 Baca Juga : Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi Sampai Menghasilkan Uang

3. Bisnis Preloved

Akhir-akhir ini memang bisnis preloved sedang naik daun di Indonesia. Padahal, bisnis ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Bisnis yang dulu dikenal dengan nama garage sale ini sekarang biasa dijalankan di platform online oleh para pelakunya. Jadi preloved bahasa mudahnya "bisnis jual barang bekas". Bedanya, ini bukanlah barang bekas biasa, tapi merupakan produk-produk bermerek yang harganya mahal dan berkualitas tinggi.
 

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda (Modal Minim)
Ilustrasi. Foto by : Suarapubliknews.net
 

Usaha ini cocok untuk anak muda karena mudah untuk dijalankan dan ada pasarnya. Kunci suksesnya adalah pada kualitas barang, jenis barang, dan juga pelayanan. Akan lebih unik dan menarik lagi jika barang-barang preloved berasal dari kalangan selebgram, artis, atau orang ternama.

4. Dropshiper

Ini adalah salah satu jenis usaha yang cocok untuk anak muda karena minim modal dan bisa dijalankan melalui internet atau media sosial. Untuk memulainya, pilihlah produk-produk yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Lakukan riset terhadap penyedia produk, apakah produknya diterima dengan baik oleh konsumen atau tidak.

 

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!
Ilustrasi Dropshiper. Foto by : Busana Muslim Terbaru Olshop.

 

Menjadi dropshipper tidak perlu kulakan barang atau melakukan pengiriman. Semuanya akan dilakukan oleh pemilik produk. Dropship hanya bertugas untuk bertindak seolah-olah menjadi pemilik produk kemudian memasarkannya. Pastikan produk yang dikirim adalah produk yang baik karena setiap komplain dari konsumen akan ditujukan ke dropshiper bukan ke pemilik barang.

 Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dan Bisa Dikerjakan Dirumah

5. Usaha Jasa Pengetikan dan Printing

Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa atau bisa juga anak muda usia sekolah menengah. Pasarnya bisa dari teman-temannya sendiri dulu. Saat ini, tugas sekolah banyak yang berupa paper atau makalah dan tidak semua anak memiliki fasilitas printing dan percetakan. Maka, usaha ini layak dicoba.

 

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!
Ilustrasi. Foto by : Adam Printing.

Jika usaha sudah berkembang, maka segmen pasar bisa diperluas lagi. Membuka usaha ini di lingkungan kos-kosan mahasiswa sangat potensial. Bahkan, usaha pengetikan ini sekarang bisa dijalankan secara online. Bergabunglah dengan situs freelancer dan temukan banyak sekali permintaan untuk proyek pengetikan.

6. Jasa Pencarian Hadiah

Bisnis ini memang belum banyak dijumpai di Indonesia tapi justru disinilah kekuatannya. Usaha ini lebih condong ke bidang konsultan untuk orang-orang yang ingin memberi hadiah kepada orang lain tapi kesulitan menentukan jenis hadiahnya. Selain itu, usaha ini juga bertugas untuk membelikan hadiahnya ketika budget dan usulan sudah disetujui oleh klien.
 

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!
Ilustrasi.
 

Dalam perkembangannya, usaha ini bisa dijalankan oleh sebuah tim kecil yang berisi orang-orang kreatif. Segmen pasar dari usaha ini bisa beragam karena semua orang tentu berpotensi memberikan hadiah kepada orang lain. Agar lebih fokus, targetkan satu atau dua segmen pasar saja. Promosikan usaha ini di platform yang tepat seperti Instagram atau Website.

7. Bisnis Kue Kering Rumahan

Anak muda yang suka memasak bisa mencoba membuat kue kering rumahan. Selain pada hari raya, kue kering ternyata tetap banyak dicari untuk hantaran atau hadiah, lho. Kembangkan keahlian memasak dan jaga kualitas rasa dari kue-kue kering.

 

7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!
Ilustrasi. Foto by : Lena Zainal.
 

Agar lebih menarik, pilih kemasan kue kering yang menarik dan kekinian. Pilih saluran promosi yang tepat untuk usaha ini seperti Instagram, E-commerce, dan juga website. Selain itu, promosi konvensional seperti mulut ke mulut juga sangat efektif untuk usaha ini.

 Baca Juga : 7 Ide Usaha Makanan yang Mampu Bertahan Saat Masa Pandemi

Nah, itulah tadi beberapa pilihan usaha yang cocok untuk anak muda yang layak dijajal. Beberapa pilihan di atas telah disesuaikan untuk berbagai minat dan jenis usaha. Jangan takut untuk gagal dan terus kembangkan ide-ide kreatif yang ada.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!"