Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dan Bisa Dikerjakan Dirumah

Semakin berkembangnya zaman, kini untuk mendapatkan uang tidak mengharuskan seseorang pergi ke kantor. Bekerja tidak lagi sebuah aktivitas berangkat dari rumah, menembus jalanan, dan pulang di sore hari. Perkembangan teknologi, khususnya internet, membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel. Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dilakukan. Keuntungannya lebih banyak dan tidak terikat oleh ruang serta waktu.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dan Bisa Dikerjakan Dirumah


Cara seperti ini bisa dilakukan oleh siapa pun. Baik ibu rumah tangga atau pun pegawai kantoran, bisa juga seorang sarjana atau hanya yang lulusan SD. Yang terpenting adalah memiliki niat dan kedisiplinan diri. Keduanya penting untuk menjaga konsistensi. Tak jarang beberapa orang berhenti di tengah jalan karena tidak sabar. Padahal kalau ditekuni, justru usaha lewat internet lebih menjanjikan hasilnya.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet.


Sekarang ini zamannya menggunakan internet yang bisa menghasilkan uang. Jadi bukan cuma sekedar eksis di media sosial saja, pahamilah bahwa fungsi internet bisa lebih dari itu. Jika bijak menggunakan internet, maka akan dapat menjadi ladang penghasilan. Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari internet, cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Di antaranya :

1. Menjadi Blogger.


Anda suka menulis diary? 

Atau senang menulis informasi-informasi bermanfaat untuk orang lain? 

Ada yang namanya blog di dunia internet. Ini merupakan web application yang berbentuk tulisan pada sebuah halaman website. Ibaratnya seperti punya website pribadi, bebas menuangkan ide apa saja di dalam blog. Semakin bermanfaat dan menarik isinya, maka akan semakin banyak orang yang datang berkunjung (traffic).

Cara yang efektif untuk menghasilkan uang dari internet lewat blog adalah dengan menggunakan teknik SEO. Dengan menerapkan teknik SEO yang benar, maka Anda akan berpeluang besar mendapatkan trafik organik (trafik gratis yang berasal dari penelusuran Google). Anda bisa mempelajari tekniknya di Google, karena saat ini sudah banyak sekali tutorial dari blogger master yang menuliskan ilmu SEO-nya di internet.

Artikel Menarik Lainnya : Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi Sampai Menghasilkan Uang

Gunakanlah kata-kata kunci (keyword) yang sering diketik orang ketika mencari informasi lewat Google. Semakin relevan kata-kata yang digunakan di dalam blog, maka kemungkinan blog Anda bisa muncul di laman pertama Google, akan semakin besar. 

Jika Anda masih awam sekali dengan teknik SEO (sehingga sulit untuk memahami tutorial yang ada di internet), maka Anda bisa menggunakan jasa SEO. Saat ini cukup banyak blogger master yang membuka layanan jasa SEO. Anda bisa memanfaatkan layanan mereka pada saat di awal terjun menjadi blogger. Nanti seiring waktu, ketika Anda sudah mulai paham tentang ilmu SEO, maka Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa SEO lagi.

2. YouTuber Atau Vlogger.


Untuk menjadi terkenal kini relatif sudah lebih mudah, lewat YouTube Anda sudah bisa menjadi layaknya artis. Buktinya, tak sedikit artis ternama saat ini berangkat dari keisengannya bikin video YouTube. Entah dengan cara meng-cover lagu, membuat review produk, kulineran, atau jalan-jalan. Contohnya seperti Ria ricis dan Atta halilintar. 

Kedua YouTuber kondang di atas itu memulai karir mereka dengan membuat video-video yang menghibur. Salah satu kunci sukses mereka adalah ; karena mereka membuat video yang sesuai dengan passion mereka. Sehingga semua hasil karyanya terlihat natural dan mengalir, jadinya video mereka enak ditonton (menghibur). Oleh karena itu, jika Anda ingin merintis menjadi seorang YouTuber, maka sesuaikanlah konten video dengan hal-hal yang Anda sukai dan kuasai. Kemudian kemas atau edit video itu menjadi semenarik mungkin.

Jika channel YouTube Anda sudah terkenal dan memiliki banyak viewers/followers, maka akan banyak brand yang ingin beriklan di sana. Apalagi sekarang YouTube mengembangkan berbagai jenis iklan di satu video. Penempatan iklan yang beragam membuat penonton tidak merasa di ganggu oleh iklan saat mengunjungi channel YouTube tersebut.

3. Buka Toko Online.


Inilah salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang paling populer. Yaitu bisnis online, atau berjualan secara online. Ada beberapa sistem jualan online. Di antaranya membuka toko online di website sendiri, berperan sebagai reseller/dropshipper, atau bergabung di sebuah maket place. 

Bagi pemula lebih disarankan untuk bergabung terlebih dulu dengan market place, karena di market place sistemnya lebih simpel. Selain itu berjualan di market place kemungkinan mendapatkan pembelinya cenderung lebih besar. Sebab market place tentu sudah punya branding dan dikenal luas oleh masyarakat. Contoh market place terkenal di Indonesia di antaranya adalah Bukalapak dan Tokopedia.

Artikel Menarik Lainnya :  34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Saat membuka toko online ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kredibilitas toko. Ini bisa dibangun dengan tampilan (posting) foto pada toko online yang rapi, up to date, dan berkualitas (enak dilihat mata). Selain itu, Anda harus responsif menjawab setiap pertanyaan dari calon pembeli. Hal ini akan mencerminkan profesionalitas toko online Anda. Sehingga pada akhirnya akan dapat menumbuhkan kepercayaan dari pelanggan. Karena Anda terlihat sangat berkomitmen terhadap toko online Anda.

4. Jasa Penulisan Artikel.


Penyaluran hobi menulis tidak hanya terbatas di media blogging saja. Anda juga bisa meniti karir menjadi seorang penulis lepas (freelance writer). Banyak situs penyedia jasa penulisan artikel yang bisa diikuti, baik di dalam maupun luar negeri. 

Caranya mudah, layaknya apply pekerjaan pada umumnya. Nanti mereka akan meminta contoh tulisan Anda. Jika cocok, maka Anda akan bisa bergabung dengan penyedia jasa penulis tersebut.

Sistem kerjanya online. Tidak perlu tatap muka atau datang ke kantor. Cukup konsisten menulis sesuai aturan dan tema yang diberikan. Hasil tulisan dikirim atau di-upload berdasarkan sistem kerja mereka. Dari setiap tulisan yang dibuat akan dihargai sesuai jumlah tertentu. Nah, dengan begitu, uang dapat diperoleh melalui kerja berbasis online ini.

5. Ikut Survey Berbayar.


Cara menghasilkan uang dari internet lainnya (namun belum banyak orang yang tahu) adalah dengan mengikuti survey berbayar. Cara ini tergolong cepat (meski beberapa orang menganggap ini bukan langkah yang baik untuk mendapatkan uang). Tidak ada bedanya antara survey online dan offline, hanya saja survey online dilakukan lewat internet.

Saat mengisi survey harus memberikan data diri, seperti nama, pekerjaan, lokasi tempat tinggal, dan sebagainya. Tidak butuh keahlian khusus untuk mengikuti survey online. Jawab saja semua pertanyaan yang diajukan. Sebagai reward, akan diberikan kupon belanja, merchandise, atau uang tunai dengan nominal tertentu.

6. Affiliate Marketing.


Jika Anda sudah memiliki blog yang trafiknya tinggi, maka cobalah untuk mengikuti program affiliate. Secara sederhana, program ini seperti marketing pada umumnya. Barang yang terjual dari blog akan dibagi keuntungannya berdasarkan komisi. Besaran komisi tergantung pada kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya. Adapun barang/jasa yang ditawarkan sebaiknya benar-benar Anda pahami seluk beluknya. Sehingga Anda menjadi lebih mudah untuk mempromosikan produk tersebut di blog Anda.

Cara menghasilkan uang dari internet melalui program affiliasi ini, yaitu dengan membuat artikel ulasan tentang produk tersebut. Promosikan produk atau jasa dari brand tertentu, kemudian di dalam artikel tersebut beri tautan link ke website si pemilik produk/brand tersebut. Jika ada orang yang membeli produk tersebut (melalui tautan link di blog Anda), maka Anda akan mendapatkan komisi.

Kerjasama affiliasi ini bisa juga dengan cara mencantumkan link referral atau kode promo dari rekan bisnis Anda. Setiap transaksi yang berhasil dari artikel tersebut, maka akan dibagi komisinya.

7. Ikut Program Google AdSense.


Google AdSense adalah layanan dari Google yang menampilkan iklan pada blog atau website. Iklan-iklan yang dipajang sangat fokus karena disesuaikan dengan kata kunci tertentu. Iklan-iklan ini pun tidak sembarangan karena harus cocok dengan targetnya. Maka, tidak semua website atau blog akan mendapatkan iklan yang sama.

Langkah awal mengikuti program Google AdSense adalah dengan mengevaluasi website atau blog yang Anda miliki. Kalau sudah yakin website/blog Anda cukup berkualitas, maka segera daftarkan ke Google AdSense. Setelah Anda mendaftar, nanti google akan menyuruh memasang kode script iklan mereka di blog Anda. Selanjutnya konten blog Anda akan di review oleh tim Google. Pada tahap review inilah akan di nilai, apakah blog Anda sesuai dengan kriteria mereka atau tidak. 

Artikel Menarik Lainnya : Menurut Google Adsense : Konten Anda Tidak Memadai, Bingung? Ini 5 Penjelasannya!

Jika berhasil lolos, maka iklan akan mulai tayang pada website atau blog Anda. Anda akan menerima bayaran dari setiap iklan yang di-klik pengunjung. Sistem iklan Google Adsense ini dikenal dengan istilah pay per click (PPC). 

8. Upload Desain atau Foto.


Keahlian atau hobi hunting foto bisa jadi cara menghasilkan uang dari internet yang cukup mudah. Kumpulkan foto sebanyak-banyaknya, kemudian unggah pada penyedia jasa microstock. Gambar bisa dibeli berkali-kali sehingga uang yang didapat berlipat dari gambar yang sama. Akan lebih baik jika rajin browsing dan memiliki niche. Ini akan lebih terfokus pada market tertentu.

Semakin banyak karya yang unggah, semakin banyak juga kemungkinan uang yang akan didapat. Kalau punya keahlian lebih, bisa mencoba bikin video pendek. Ini pun mulai banyak digemari oleh beberapa orang. Hasil-hasil karya yang diunggah bisa menjadi porto folio jika ingin mendapatkan klien tertentu.

9. Install Aplikasi Micro-Tasking.


Sering bermain smartphone pun juga bisa menghasilkan uang. Install aplikasi micro-tasking untuk mendapatkan uang lewat internet melalui cara ini. Beberapa aplikasi Android memiliki penawaran layanan micro-tasking, yakni seseorang harus melakukan tugas khusus dari aplikasi tersebut. Caranya gampang, ikuti saja perintahnya maka langsung mendapatkan imbalan.

Reward yang diterima bermacam-macam, bisa berupa tambahan pulsa atau sejumlah uang tunai. Tugasnya pun tidak sulit dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Biasanya tugas yang diselesaikan sederhana, seperti menerjemahkan paragraf, mereview sesuatu, dan sebagainya. Yang terpenting adalah koneksi internet jangan terputus-putus.

10. Jadi Admin Social Media.


Saat ini beberapa perusahaan bahkan usaha kecil mulai concern menggunakan media sosial. Baik sebagai sarana pemasaran atau sekedar berbagai informasi. Tak jarang mereka membayar orang lain untuk mengelola akunnya. Lowongan ini banyak disebarkan melalui internet. Coba cari dan dapatkan salah satunya. Untuk nominal bayaran terhitung lumayan.

Pekerjaannya persis seperti mengelola akun sendiri. Hanya saja ada aturan yang harus diikuti, misalnya dari brand guideline, jadwal konten, dan sebagainya. Tugas seorang admin media sosial adalah meng-update, memantau, serta menjawab pertanyaan dari netizen. Semua ini bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Pekerjaan bisa selesai selama ada koneksi internet.

Persiapan Yang Harus Dilakukan.


Sepuluh cara menghasilkan uang dari internet di atas relatif mudah dilakukan. Kini saatnya pembahasan tentang beberapa persiapan, agar supaya semuanya dapat berjalan lancar. Dari beberapa cara di atas ada yang tidak membutuhkan modal, ada pula yang sedikitnya harus mengeluarkan uang. 

Di bawah ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

1. Gadget Dengan Spesifikasi Tertentu.


Namanya juga bekerja melalui internet, pasti membutuhkan gadget. Karena saat ini zaman semakin berkembang, maka spesifikasi gadget pun tidak bisa sembarangan. Jika pekerjaannya mudah, maka spesifikasi yang dibutuhkan tidak harus tinggi. Namun untuk beberapa pekerjaan tertentu, seperti desain, ada spesifikasi grafis khusus yang harus dimiliki.

Sesuaikan gadget yang dimiliki dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu jika gadget tidak mumpuni. Selain hasilnya tidak akan maksimal, akan mengganggu flow kerja dari rekan kerja.

2. Koneksi Internet.


Berbagai macam cara menghasilkan uang dari internet tidak akan berhasil kalau jaringan internetnya sendiri buruk. Ini adalah kunci utama untuk menjalankan semuanya. Saat ini berbagai macam provider menawarkan jenis-jenis paket data internet. Ada yang harga per hari, paket mingguan, hingga bulanan. Kalau load pekerjaan tinggi, bisa manfaatkan paket unlimited. Ini akan lebih hemat dan koneksinya pun cenderung lebih cepat.

3. Pahami Prinsip Kerja.


Cara menghasilkan uang dari internet tidak bisa dilakukan secara asal. Paling tidak harus ada pengetahuan dasar mengenai hal yang akan dilakukan. Misalnya, jika ingin mengikuti program affiliate marketing, tidak bisa begitu saja memasarkan sesuatu. Kuasai product brief supaya ulasan lebih mengena. Selain itu, tahu juga apa fungsinya kode referral supaya lebih maksimal dalam penggunaannya.

Contoh lain, apabila berminat memasang Google AdSense pada website atau blog. Pahami dulu prinsip kerja Google AdSense baru mendaftar kepada penyedia jasa. Jangan asal membuat website atau blog kemudian mendaftar. Ini akan membuang waktu dan dinilai tidak profesional atau serius. Penting juga untuk menganalisis pengunjung website atau blog. Iklan akan lebih terfokus dan tidak mengganggu pengunjung nantinya.

Artikel Menarik Lainnya : 15 Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses

4. Buat Akun atau E-mail Yang Profesional.


Ini adalah pintu gerbang untuk mendapatkan uang dari internet. Layaknya nomor telefon, klien atau rekan kerja seringnya akan menghubungi lewat akun atau e-mail pribadi. Buat dengan nama yang asli, bukan nama alias atau dengan status-status tertentu. Ini akan terkesan serius dan tidak main-main. Bisa juga berikan foto dengan tampilan yang profesional.

Akun ini pun harus aktif dan rajin dibuka. Respon setiap pesan atau chat yang masuk ke dalamnya. Pesan yang lama dijawab membuat calon klien akan pergi. Menganggap relasi kerja yang akan dijalin tidak serius. Terkadang beberapa pesan masuk ke junk. Maka dari itu, cek seluruh bagian akun atau e-mail supaya tidak ada pesan yang telat dijawab.

5. Punya Rekening Bank Atau PayPal.


Tanpa adanya rekening bank, uang tidak dapat diterima. Cara menghasilkan uang dari internet mengharuskan adanya rekening bank. Klien atau rekan kerja akan mentransfer uang bayaran atau komisi ke rekening bank ini. Penting untuk memberikan rekening bank yang aktif supaya tidak terjadi kendala. Misalnya, gagal kirim atau kesulitan saat menarik dana.

Beberapa pihak menerapkan rekening online atau rekening elektronik. Contoh dari rekening ini dan sering digunakan adalah PayPal. Layaknya rekening bank pada umumnya, rekening PayPal pun bisa digunakan untuk mengirim uang, berbelanja, menerima transferan, dan sebagainya. Jika memiliki PayPal akan lebih mudah untuk mendapatkan uang dengan nilai dollar.

Menghindari Scam.


Cara menghasilkan uang dari internet yang bervariasi dan relatif mudah memang menggiurkan. Banyak orang yang kini beralih dari kerja kantoran menjadi pekerja di balik gadget. Seperti yang telah disebutkan di awal, keuntungannya karena fleksibel dan hasilnya lebih menjanjikan. Hal inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Bukannya memberikan keuntungan, hasilnya malah bisa merugikan bahkan berujung penipuan.

Ada istilah scam dalam dunia internet. Sebelum mendulang keuntungan melalui internet, perlu untuk memahami apa itu scam. Secara singkat, scam diartikan sebagai penipuan. Penjelasannya adalah sebuah berita elektronik yang bersifat bohong sehingga si pengirim mendapatkan keuntungan tertentu. Makannya, perlu dibedakan antara iklan yang benar atau promosi yang asli dengan scam ini.

Contoh kemunculan scam adalah informasi pemenang lotre. Biasanya scam akan muncul dengan begitu mengagumkan dan menjanjikan. Si penerima diiming-imingi sejumlah uang tertentu, padahal belum tentu mereka mengikuti lotre atau undian tersebut. Setelah itu, si penerima pesan diminta melakukan sesuatu yang memberikan keuntungan dari si pengirim.

Ada pula scam dalam bentuk e-mail promosi palsu. Beberapa e-mail seperti ini biasanya langsung masuk ke spam. Tapi tidak menutup kemungkinan tetap masuk ke dalam inbox. Kalau pesan ini dibuka biasanya ada sebuah link/url. Jangan pernah meng-klik link ini karena pintu masuk virus. 

Data-data akan terserap oleh si pengirim, bahkan bisa lebih merugikan dari itu. Oleh karena itu hendaknya Anda selalu berhati-hati dengan bahaya scam ini.

Artikel Menarik Lainnya : 10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini (Serta Cara Menemukannya)

Demikianlah cara menghasilkan uang dari internet beserta beberapa hal yang perlu diperhatikan. Semakin canggih teknologi, maka pekerjaan dan cara mendapatkan uang akan terus bergeser. Tidak lagi melulu secara konvensional. Batasan ruang, waktu, bahkan jabatan pun seolah akan dihilangkan secara perlahan. Semuanya mengedepankan kualitas dan kecepatan pengerjaan. Kehadiran teknologi internet yang terus bertambah maju, semakin mem-fasilitasi semua hal tersebut.

Banyaklah melakukan riset untuk mengetahui tren yang ada di pasar. Ingat, persaingan yang dihadapi bukan lagi teman sebelah. Kini kualitas diadu secara global. Cara menghasilkan uang dari internet akan sangat efektif jika Anda mampu memahami tren pasar virtual.

Demikianlah tulisan kali ini tentang cara menghasilkan uang dari internet. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. 

Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dan Bisa Dikerjakan Dirumah"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel