Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Sukses Jual Produk Via Media Sosial, Olshop Yuk Merapat

Cara Sukses Jual Produk Via Media Sosial - Media sosial kini menjadi salah satu sarana penghubung yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penggunanya tidak hanya dari kalangan anak muda saja, tapi juga banyak orang dewasa yang menggunakan media pertemanan di internet tersebut.

Faktanya pengguna media sosial terus bertambah dari tahun ke tahun. Menurut data terbaru dari situs Kominfo.go.id, saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 63 juta orang. Dari jumlah tersebut, 95% diantaranya adalah pengguna media sosial.

Bahkan menurut data dari Hootsuite, pengguna media sosial yang aktif di Indonesia jumlahnya mencapai 160 juta orang. Dan platform media sosial yang paling banyak di gunakan di Indonesia adalah Facebook dan Instagram. Menurut data dari Hootsuite, total pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 130 juta orang. Sedangkan total pengguna Instagram di Indonesia pada tahun 2020 sekitar 63 juta jiwa.

 

Cara Sukses Jual Produk Via Media Sosial, Olshop Yuk Merapat
Ilustrasi. Foto by : Cara Ari/Sedesa ID (Youtube).
 

Sekedar info: Hootsuite ini adalah situs layanan manajemen konten. Jadi situs ini menyediakan layanan daring yang dapat terhubung ke berbagai platform media sosial. Diantara situs media sosial tersebut adalah Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Pinterest, Whatsapp, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Data dari Hootsuite tergolong valid. Karena situs layanan ini cukup rajin menyuguhkan data dan trend yang terjadi di dunia media sosial, termasuk perilaku pengguna e-commerce setiap tahunnya. Biasanya Hootsuite menyajikan data dan trend dunia internet dan media sosial pada bulan kedua di setiap tahun.  

Nah, berdasarkan semua data-data yang saya kutip diatas, bisa Anda bayangkan betapa besarnya potensi pengguna media sosial yang jumlahnya mencapai puluhan juta itu. Terutama jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan di dunia bisnis.

Yup! Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis, produk dan usaha Anda!

So, apakah Anda ingin tahu cara sukses jual produk via media sosial?

Jika iya, mari simak terus isi artikel ini sampai tuntas!

Sudah banyak orang diluar sana yang menggunakan media sosial untuk sarana promosi usaha yang mereka jalani secara online. Bahkan banyak yang sudah meraup keuntungan. Caranya cukup mudah. Yaitu hanya dengan aktif dan konsisten membuat postingan promo produk di media sosial mereka.

Lalu, adakah tips khusus agar supaya bisa sukses berbisnis online, dan bisa menjual banyak produk melalui media sosial?

Tentu saja ada! Yuk terus simak tips selengkapnya dibawah ini.

Tips Untuk Sukses Usaha Via Media Sosial Milik Anda

Untuk bisa sukses usaha, khususnya usaha online dengan menggunakan media sosial, maka Anda harus mengetahui cara melakukannya dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan, agar bisa sukses dalam menjual produk secara online.

Berikut ulasan singkatnya.

Cekidot!

Pilih media sosial yang paling cocok untuk sarana promosi Anda

Meski kini sudah banyak jenis media sosial yang ada, namun pastikan agar Anda memilih jenis media sosial yang paling tepat. Cari tahu jenis media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh teman, saudara hingga keluarga Anda. Sehingga dengan begitu, paling tidak ketika di awal-awal memulai promosi produk, Anda dapat menjangkau target pasar dengan baik dan tepat sasaran.

Di Indonesia sendiri jenis platform media sosial yang paling banyak di gunakan adalah Facebook dan Instagram. Di samping itu, fitur-fitur yang ada pada kedua platform tersebut juga sangat mendukung untuk keperluan menjual produk.

Tentu Anda semua sudah tahu, bahwa di kedua platform medsos tersebut bisa memposting foto produk dalam jumlah banyak. Selain itu foto-fotonya juga bisa di edit, karena Facebook dan Instagram memang ada fitur untuk mengedit foto. Jadi Anda bisa mengedit foto produk Anda dengan semenarik mungkin, sehingga akan semakin meningkatkan peluang penjualan.

Info Menarik Lainnya : 7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)

Tentukan target pasar

Jika banyak orang menentukan target pasar dalam bisnisnya secara luas maka sebaiknya Anda tentukan secara khusus. Apalagi Anda menjual produk secara online. Paling tidak seseorang akan lebih aman dan nyaman jika bertransaksi online dengan seseorang yang sudah mereka kenal. Untuk itu Anda juga harus menjaga kualitas layanan dan produk agar supaya tak mengecewakan mereka.

Update foto produk sendiri

Biasanya ada sebagian orang yang agak malas untuk mem-foto sendiri produk yang akan dijualnya. Banyak diantara mereka yang lebih suka memilih cara paling mudah, yaitu mengambil/memakai foto produk milik toko online lain.

Padahal jika mereka mau kreatif sedikit, kemudian membuat foto produk yang real pict buatan sendiri, tentunya konsumen akan jauh lebih tertarik. Dengan begitu, selain produk Anda akan dinilai berbeda (unik) dari produk lainnya, juga akan dapat membuat calon konsumen merasa tertarik untuk membeli produk tersebut.

Buat status di waktu yang tepat

Lalu tips selanjutnya adalah membuat postingan produk di waktu yang tepat. Waktu yang tepat disini maksudnya pada saat banyak orang sedang beristirahat dari aktivitasnya. Contohnya seperti di waktu makan siang atau saat sore hari. Dengan begitu iklan produk Anda akan langsung terlihat dan dapat dibaca oleh mereka.

Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Super Lengkap)

Bagaimana Cara Membuat Foto Produk Yang Menarik?

Adakalanya usaha iklan atau promosi yang kita buat gagal menarik perhatian pembeli. Ternyata hal itu disebabkan karena kita membuat postingan dengan meng-upload foto produk yang tidak asli, atau kurang menarik konsumen. Padahal foto produk adalah hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Jadi Anda harus bisa membuatnya tampak semenarik mungkin.

Nah untuk bisa membuat sebuah foto produk yang menarik, tentu Anda harus membuat dan mengeditnya sendiri. Oleh karena itulah sebelumnya diatas sangat ditekankan agar jangan suka mengambil/memakai foto produk milik orang lain. Karena foto produk yang terbaik tentu hanya bisa dihasilkan oleh diri kita sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuat foto produk yang menarik itu?

Caranya adalah dengan membuatnya secara detail, teliti dan memiliki nilai seni sesuai dengan kreatifitas Anda sendiri. Ambil gambar dengan berbagai sudut pandang, sehingga mampu menjelaskan bagaimana tampilan produk Anda yang sebenarnya. Jangan lupa memberikan pencahayaan yang cukup pada foto produk Anda itu, sehingga produk tersebut dapat terlihat jelas warna dan bentuknya.

Kemudian karena ukuran bisa terlihat berbeda antara yang asli dan yang di foto, maka sebaiknya sertakan sebuah alat pembanding. Misalnya seperti penggaris atau benda lain yang familiar ukurannya. Sehingga konsumen bisa memperkirakan berapa besar ukuran yang sesungguhnya dari produk yang ada di foto tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Mendapatkan Pelanggan Toko Online Ala Situs Ecommerce

Dan yang terakhir adalah dengan selalu menggunakan produk yang asli untuk foto produk milik Anda. Meskipun mungkin tampilannya tidak semenarik produk mahal yang ada di luaran sana. Namun paling tidak konsumen akan mendapatkan jenis produk yang sama seperti yang ada di dalam gambar.

Jika produk Anda berada dalam kemasan, maka buatlah foto produk yang masih dalam kemasan, dan juga buat foto produk ketika kemasannya sudah dibuka. Karena biasanya konsumen juga ingin mengetahui bagaimana isi produk yang ada dalam kemasan.

Selain itu deskripsi produk dalam iklan juga sangat penting keberadaannya. Hal itu akan menjelaskan pada konsumen tentang jenis produk apa yang Anda jual tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan harganya dengan jelas, sehingga konsumen tidak perlu lagi menanyakannya kepada Anda.

Demikianlah beberapa tips agar bisa sukses berbisnis online via media sosial. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Sukses Jual Produk Via Media Sosial, Olshop Yuk Merapat"