Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Tips Bisnis Online Khusus Untuk Mahasiswa, Cekidot!

Tips bisnis online khusus untuk mahasiswa - Apakah Anda seorang mahasiswa dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Anda bisa memperoleh pendapatan dari kegiatan bisnis yang dilakukan di sela-sela aktifitas Anda sebagai mahasiswa. Salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan tidak mengganggu aktifitas belajar adalah dengan berbisnis online.

 

Tips Bisnis Online Khusus Untuk Mahasiswa, Cekidot!
Ilustrasi. Foto by : SEE Project (Youtube).

Yuk simak sampai tuntas tips bisnis online khusus untuk mahasiswa berikut ini.

Cukup banyak model dan jenis bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Mereka bisa berjualan online melalui marketplace/e-commerce. Jika punya modal yang cukup, maka mahasiswa tersebut bisa menjual produk milik sendiri. Namun jika belum punya modal, maka bisa membantu menjualkan produk milik orang lain. Kerjasama seperti ini dalam bisnis online biasa disebut sebagai dropshipper.

Seorang mahasiswa juga berbisnis online melalui website toko online milik sendiri. Apa kelebihan berjualan online di website sendiri daripada di marketplace? Kelebihan utamanya adalah Anda tidak terikat oleh peraturan-peraturan yang ada di marketplace tersebut. Selain itu Anda dapat membangun branding website toko online Anda sendiri. 

Berbeda dengan berjualan di marketplace. Anda tidak akan bisa membangun branding website di sana, karena situs marketplace itu bukanlah milik Anda. Paling-paling Anda hanya bisa membangun branding akun toko online saja di sana, sebab status Anda hanya "numpang jualan" di situs marketplace tersebut.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Tapi kalau saya belum tahu cara bikin toko online gimana dong? Apakah ada solusinya?

Salah satu solusinya Anda bisa menggunakan jasa dari Zyro.

Apa itu Zyro?

Zyro adalah sebuah situs jasa untuk membuat dan membangun website. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat dan membangun website toko online Anda sendiri. Karena Zyro akan membantu membuat sekaligus mengembangkan situs toko online Anda.

Situs Zyro juga memiliki beberapa tools yang akan dapat membantu website toko online Anda. Diantara tools itu yaitu Logo Maker, AI Writer dan  Zyro Business Name Generator.

Artikel Menarik Lainnya : 50+ Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Sedangkan kalau seorang mahasiswa sudah punya blog yang populer di niche tertentu (misal kecantikan, otomotif, fashion, dll) maka dia bisa bekerjasama dengan brand tertentu. Tentunya brand itu produknya harus relevan dengan niche blog mahasiswa tersebut.

Cara kerjasamanya yaitu si mahasiswa membuat artikel review tentang produk brand tersebut. Dia harus menjelaskan secara rinci tentang kelebihan dan manfaat dari produk itu. Nah, nanti sang mahasiswa akan mendapatkan fee jika ada orang yang membeli produk itu melalui blog miliknya. 

Kerjasama seperti diatas itu biasa disebut dengan afiliasi marketing. Dan masih banyak lagi model bisnis online lainnya. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut sama mbah Google. 😉

Sudah bukan rahasia, banyak mahasiswa masa kini yang tidak bergantung lagi pada orang tuanya. Karena sudah banyak mahasiswa yang sukses membiayai kuliahnya dengan hasil usaha dan keringat sendiri.

Tentu ini adalah suatu kegiatan yang sangat positif, karena sang mahasiswa bisa memiliki penghasilan sendiri sambil kuliah. Disamping itu, memulai bisnis sejak dini seperti ini dapat melatih jiwa wirausaha seorang mahasiswa. Oleh karena itulah saat ini sudah ada mata kuliah kewirausahaan yang mana mengharuskan mahasiswa untuk mencari peluang usaha terbaik untuk dilakukannya.

Namun dalam memilih jenis bisnis online ini seorang mahasiswa harus memperhatikan beberapa hal penting.

Yaitu pilihlah model bisnis online yang paling cocok untuk dijalankan. Tujuannya agar supaya kuliahnya tidak terganggu oleh aktivitas bisnis tersebut.

Apa sebab?

Karena tugas utama seorang mahasiswa tentunya adalah untuk mendapatkan ilmu dan pendidikan (sesuai dengan jurusan yang diambilnya). Adapun tentang usaha atau bisnis yang dijalaninya, merupakan suatu usaha sampingan saja. Fokus utamanya tetap harus menyelesaikan kuliah hingga berhasil mendapatkan gelar sarjana dengan nilai terbaik.

Jadi yang ditekankan disini adalah; seorang mahasiswa harus mampu secara proporsional mengatur semua kegiatannya. Jangan sampai karena keasyikan berbisnis dan terasa enaknya nyari duit, eh kuliahnya malah jadi terbengkalai. 😂 

Info Menarik Lainnya : 7 Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Cekidot!

Tips Mencari Ide Bisnis Online Khusus Untuk Mahasiswa

Dan dalam artikel kali ini Kami akan membahas tentang bagaimana cara mencari ide bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Karena bagaimanapun juga mahasiswa terkadang memiliki kesibukan tersendiri sehingga sulit untuk membagi waktu berbisnis dengan kuliah. Padahal kuliah adalah hal yang tak boleh keteteran meski untuk bisnis sekalipun.

Bisnis yang fleksibel

Hal yang pertama harus diperhatikan dalam bisnis untuk mahasiswa adalah untuk memilih jenis bisnis yang bisa memiliki waktu yang fleksibel. Dalam artian waktu khusus untuk kuliah sama sekali tak terganggu oleh bisnis.

Begitu pun juga bisnis tak akan terganggu atau dicampur adukkan dengan urusan kuliah. Pilih bisnis yang bisa dikerjakan kapan saja ketika Anda free dari kuliah dan segala tugas perkuliahan.

Kerja sama dengan teman

Jika Anda kesulitan untuk mencari waktu khusus untuk bisnis maka coba bisnis dengan bekerja sama dengan teman yang Anda percaya. Namun jangan lupa untuk membuat sebuah proposal usaha dan perjanjian yang mana menjelaskan sistem pembagian hasil yang jelas sehingga arah bisnis pun terencana dengan baik.

Dengan lakukan kerja sama maka paling tidak ada pembagian tugas dalam bisnis yang bisa Anda lakukan sehingga bisnis bisa berjalan beriringan dengan perkuliahan Anda.

Lakukan secara online

Karena Anda melakukannya di sela waktu bebas kuliah Anda maka otomatis Anda tak memiliki jam operasional yang tetap. Tentu jenis usaha yang tepat adalah secara online.

Jika ternyata konsumen Anda berada satu wilayah dengan Anda maka rencanakan untuk melakukan pertemuan COD sesuai kesepakatan. Namun jika konsumen berada di wilayah yang berbeda maka kirimkan produk yang Anda jual dengan menggunakan jasa pengiriman.

Info Menarik Lainnya : 10+ Ide Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Mudah Dilakukan

Adakah Kendala Yang Dihadapi Saat Jalani Usaha Online Untuk Mahasiswa?

Setiap usaha pasti akan menemui satu kendala yang harus dihadapi. Baik itu usaha yang dijalankan secara online atau offline. Apalagi jika usaha tersebut di jalankan secara part time oleh mahasiswa yang nota bene memiliki kesibukan tersendiri. Salah satunya adalah dimana layanan fast respon yang harus ada dalam sebuah bisnis menjadi satu kendala utama.

Hampir kebanyakan konsumen pasti menginginkan setiap permintaannya dilayani secepat mungkin. Dan jika layanan dari Anda terkendala kesibukan Anda dalam hal perkuliahan maka tentunya hal itu juga akan menghambat perkembangan dan kemajuan usaha yang Anda tekuni tersebut.

Solusi terbaik dari kendala yang Anda alami adalah dengan selalu menghubungkan bisnis dengan Anda dimana pun, dan kapan pun Anda berada.

Meski mungkin respon yang bisa Anda berikan hanyalah sebatas respon jawaban melalui pesan, namun paling tidak itu sudah menentukan satu kepastian pada konsumen untuk setiap pesanan yang dimilikinya. Itulah beberapa tips sukses untuk usaha online yang bisa dilakukan mahasiswa.

Info Menarik Lainnya : 11 Pilihan Peluang Usaha Untuk Pemula, Prospeknya Bagus Dan Menguntungkan

Semoga informasi singkat diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Tips Bisnis Online Khusus Untuk Mahasiswa, Cekidot! "