Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Memasang Rak Dinding Vintage Secara Manual (Tanpa Bor)

Cara memasang rak dinding vintage - Sebuah rumah pada umumnya memiliki rak dinding. Paling minimal, setidaknya ada satu rak dinding yang ditempatkan pada salah satu ruangan. Biasanya rak dinding itu ditaruh di ruang keluarga atau ruang tamu.

Apa sih sebenarnya fungsi dari rak dinding?

Rak dinding memiliki 2 fungsi yang sama pentingnya, yakni:

Sebagai sarana untuk penyimpanan barang.

Jadi dengan adanya rak dinding ini, maka barang-barang tertentu dapat tersimpan dengan aman. Selain itu juga membuat barang tersebut tertata rapi, sehingga lebih mudah ditemukan.

Bayangkan jika sebuah rumah sama sekali tidak ada rak dindingnya, maka barang penting seperti piala hingga benda-benda koleksi seperti die cast metal, action figur, dll akan mudah tercecer kemana-mana.

Kalau sudah tercecer, tentu semua benda itu dapat beresiko hilang atau rusak. Itulah sebabnya rak dinding ini fungsinya tergolong penting pada sebuah rumah. 

Lihat salah satu contohnya pada rak dinding vintage dibawah ini. 


Cara Memasang Rak Dinding Vintage Secara Manual (Tanpa Bor)
Ilustrasi. Foto by : Dekoruang.top

Bagaimana menurut Anda rak dinding diatas? Tampak sangat rapi dan menarik bukan? 😊

Fungsi kedua yaitu sebagian walt art (untuk memperindah tampilan dinding). 

Dengan adanya rak dinding ini, maka dinding rumah tidak akan terlihat kosong melompong.

Ruangan rumah akan memiliki nilai seni tersendiri berkat adanya rak dinding tersebut. 

Apa sebabnya? 

Karena berbagai macam benda yang tersusun rapi di rak itu membuat ruangan tersebut menjadi lebih indah. Apalagi jika Anda meletakan jenis rak dinding vintage di ruangan tersebut. Tentu akan makin tampak unik dan berbeda dari ruang yang lainnya.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Apa itu rak dinding vintage?"

Rak dinding vintage adalah model rak yang mengusung gaya jadul, dimana model tersebut pernah populer dimasa lalu. Jadi ketika Anda memasang model rak ini, maka akan timbul kesan klasik dan unik pada ruangan tersebut.

Lalu, Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Vintage itu?

Rak ini bisa dipasang ke dinding menggunakan bor, dan bisa juga dipasang secara manual menggunakan perekat. Jika Anda punya mesin bor, maka itu jauh lebih baik. Karena proses pengerjaan menggunakan bor jauh lebih cepat daripada secara manual.   

Namun jika tidak punya bor, ya mau tidak mau tentu harus dipasang secara manual. Nah artikel ini sengaja ditulis untuk membantu Anda yang kebetulan tidak memiliki mesin bor. Dibawah ini akan diuraikan secara detail tahapan memasang rak dinding vintage secara manual.

Yuk simak terus hingga tuntas.

Cekidot!

1. Memilih Rak Vintage Yang Sesuai Dengan Warna Dinding


Cara Memasang Rak Dinding Vintage Secara Manual (Tanpa Bor)
Ilustrasi. Foto by : Tokopedia

Ketika memilih rak yang akan ditempel pada dinding, maka usahakan pilih yang warnanya serasi dengan dinding. Sehingga jadi enak lihat saat dipasang pada dinding rumah. Ada banyak pilihan warna rak dinding yang dijual dipasaran. Hal ini membuat pengguna lebih mudah mencari rak yang cocok dengan dinding rumahnya.

Model pada rak vintage juga beragam, sehingga setiap toko yang menjual rak ini juga tidak melulu sama. Ada banyak variasi yang dapat dipilih sesuai selera konsumen. Menariknya keindahan rak ini bukan hanya terletak pada warnanya, tapi juga dari modelnya. 

Jadi sebaiknya jangan terburu-buru asal pilih, carilah rak dinding yang tepat dan sesuai kebutuhan.

2. Pastikan Alat dan Bahan Telah Siap

Pada cara kedua ini pasti dibutuhkan untuk semua kegiatan dalam membuat atau memasang sesuatu. 

Hal ini juga berlaku untuk memasang rak cantik ini. Agar pengguna dapat menyelesaikan hal yang dilakukannya, tanpa mencari-cari alat dan bahan saat mulai memasang. Pastikan alat dan bahan yang dibutuhkan telah siap sedia, sehingga Anda dapat memasangnya dengan fokus.

Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu rangkaian rak vintage, perekat 3M (permanent double tape) dan gunting. Sangat sederhana benda-benda yang digunakan untuk memasang rak cantik ini. Hanya dengan 3 bahan ini, rak tersebut dapat dipasang dengan cepat.

Info Menarik Lainnya : Contoh Hiasan Dinding dari Tali Kur (Makrame), Intip Yuk!

3. Rakit Rak Dinding Vintage


Cara Memasang Rak Dinding Vintage Secara Manual (Tanpa Bor)
Ilustrasi. Foto by : Tutorial Yadi (Youtube).

Sebelum memasang rak dinding vintage pastikan semua rangkaiannya telah menyatu. Jadi rakit dahulu semua kerangka yang ada untuk mempercepat proses pemasangannya. Perhatikan detail-detail pada setiap kerangka, sehingga tidak ada yang terlewatkan. 

Pastikan merangkai rak tersebut dengan tepat dan benar, jangan sampai ada bagian yang longgar. Karena pemasangan rangka rak yang kurang kokoh dapat membuatnya jadi mudah lepas atau rusak.

Adapun cara memasang rak dinding vintage pada saat menyatukan kerangkanya dapat melihat petunjuk yang diberikan. Ketelitian dan fokus pada saat merakitnya sangat dibutuhkan untuk hasil yang lebih kuat.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!

4. Gunakan Perekat 3M

Ketika menggunakan perekat 3M, maka pastikan cat dindingnya tahan terhadap perekat 3M. Hal ini supaya rak tersebut tidak mudah terlepas dari dinding (karena catnya terkelupas). 

Perekat 3M ini juga tidak dapat menerima beban yang terlalu berat, sehingga jangan pasang rak vintage dengan bahan kayu yang tebal. Pasanglah kayu rak vintage yang memiliki sifat ringan namun kuat.

Pada saat penggunaannya juga harus sabar, karena tidak dapat langsung dilepaskan begitu saja. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu merobek stripnya kemudian satu sisinya dipasangkan pada dinding. 

Lihat contohnya pada foto ilustrasi dibawah ini.


Cara Memasang Rak Dinding Vintage Secara Manual (Tanpa Bor)
Ilustrasi. Foto by : Acehardware.co.id


5. Letakkan pada Bagian Dinding Rumah Sesuai Keinginan

Selanjutnya pasang rak dinding vintage yang ringan tersebut, kemudian diamkan beberapa saat agar perekatnya menempel kuat. Apabila lemnya sudah melekat dengan kuat, maka rak itu sudah dapat digunakan.

Jadi setelah rangkaian rak selesai dan alat/bahannya sudah siap, maka dapat diteruskan pada pemilihan ruang. Hal ini untuk menyelaraskan posisi rak dinding agar terlihat menarik dan serasi. 

Ketika meletakkan rak vintage tersebut pada bagian dinding, pastikan tidak ada kesalahan saat merangkainya. Hal ini bertujuan agar rak itu terlihat rapi, bersih dan menyenangkan dipandang mata.

Demikian cara memasang rak dinding vintage secara manual tanpa bor. Tren rak vintage minimalis ini biasanya tak akan lekang oleh waktu. Karena model klasik itu biasanya akan selalu berulang digunakan orang sepanjang masa.

Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Memasang Rak Dinding Vintage Secara Manual (Tanpa Bor) "