Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!

Cara membuat hiasan dinding dari kardus - Anda punya banyak kardus bekas yang nganggur di rumah? Kardus yang terlalu lama menumpuk biasanya akan muncul debu tebal di permukaannya. Selain itu, tumpukan kardus tersebut dapat membuat suasana rumah Anda jadi tampak sumpek, kumuh dan berantakan.

Tentu hal ini menimbulkan suasana tidak nyaman di rumah Anda. Baik bagi tuan rumah, terlebih lagi bagi para tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda. Pastinya Anda tidak menginginkan semua itu terjadi bukan?

Lalu, apa solusinya?

Ada 2 pilihan solusi. 

Solusi pertama yaitu menjual semua kardus bekas itu kepada tukang loak. Namun ada pilihan solusi kedua yang jauh lebih baik daripada dijual.

Apa itu?

Yaitu dengan cara membuat hiasan dinding dari kardus bekas tersebut.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Riska Awaliah Hasan (Youtube).


Inilah solusi yang paling tepat.

Apa sebab?

Karena Anda akan memperoleh 3 keuntungan sekaligus, yakni:

  1. Rumah Anda jadi rapi dan tidak ada tumpukan kardus lagi.
  2. Dinding rumah Anda tampak jadi lebih indah berkat adanya hiasan kardus hasil kreasi Anda tersebut.
  3. Anda terbentuk menjadi orang yang kreatif dan punya pola fikir yang smart. Karena biasanya hanya orang-orang cerdas dan punya jiwa kreatifitas tinggi yang suka melakukan hal-hal seperti ini.   

So, alih-alih membiarkan kardus bekas itu menumpuk hingga berdebu, maka lebih baik Anda olah menjadi hiasan dinding. Sehingga kardus bekas itu dapat bermanfaat dan meningkatkan nilai estetika ruangan rumah Anda.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Tapi masalahnya saya belum tau mau bikin hiasan dinding apa? Selain itu saya juga belum tau cara membuatnya. Gimana dong?"

Tenang saja,,,, Jika Anda belum memiliki ide atau belum tahu cara membuatnya, maka jangan khawatir.

Karena berikut ini akan penulis uraikan beberapa cara untuk membuat hiasan dinding dari kardus.

Yuk simak terus sampai tuntas.

Cekidot!

1. Dibuat Bingkai foto Dekoratif


Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Beauty Crafts (Youtube).

Bahan bekas seperti kardus bisa disulap menjadi bingkai foto dekoratif yang pastinya akan menarik perhatian tamu. Bahan dasar yang diperlukan adalah kardus, hiasan (seperti pita, kertas berwarna, dan manik-manik), lem, dan tali pendek. 

Selanjutnya, cara membuat hiasan dinding dari kardus ini dimulai dengan menggambar bagian depan dan belakang bingkai sesuai bentuk yang diinginkan.

Potong sesuai bentuk yang digambar tadi dan pastikan bingkainya lebih besar dari foto. Tempelkan kertas berwarna pada bingkai, kemudian berikan hiasan sesuai selera. Letakkan foto pada bingkai kemudian pasang gantungan talinya. Terakhir, gantung bingkai pada dinding.

2. Dibuat Gantungan Burung Hantu


Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!


Cara untuk membuat hiasan dinding dari kardus yang satu ini terbilang mudah tapi memerlukan kreativitas yang cukup tinggi. Bahan yang dibutuhkan hanyalah kardus, lem, dan spidol. 

Pertama-tama buat mata burung hantu dengan menggunting dua buah kardus dengan lebar masing-masing 5 cm. Gulung hingga mencapai diameter 7 cm kemudian lem.

Selanjutnya, dengan cara yang sama buat gulungan untuk badan dengan diameter yang lebih besar. Satukan semua gulungan dan pasang mutiara hitam pada bagian mata. Tambahkan pula detail seperti alis dan sayap. 

Terakhir gantung burung hantu dari kardus itu pada dinding rumah Anda.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado

3. Dibuat Hiasan Dinding Gantung


Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!


Hiasan dinding tidak selalu harus ditempelkan. Ada juga hiasan yang bisa digantung agar tidak merusak dinding. Bentuk dan warnanya bisa dibuat bervariasi sesuai selera, namun bahannya tentu saja masih dengan kardus, lem, kertas warna, dan benang. 

Pertama gambar dulu bentuk yang ingin dibuat. Misalnya bentuk kaligrafi, bintang, bulan, awan, hewan, kue, dll. Terserah Anda mau buat bentuk apa saja, yang penting punya nilai seni dan indah dilihat.

Lalu, gunting kardus sesuai bentuk dan beri warna sesuai imajinasi. Jika bentuk yang dibuat berupa hewan atau makanan, bubuhkan detail yang akan membuat gambarnya nyata. Setelah itu, buat lubang kecil pada ujung pola kemudian hubungkan satu dengan yang lainnya menggunakan benang.

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Dinding dari Gypsum Ini Direkomendasikan Untuk Anda

4. Dibuat Tipografi


Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!


Tipografi ini bisa menjadi hiasan saat hari perayaan tertentu seperti ulang tahun, anniversary, dan natal. Untuk membuat tipografi dari kardus, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kardus, cutter, penggaris, pensil, dan aksesoris atau hiasan pelengkap.

Mulailah dengan menggambar tiap huruf dari suatu kata dengan ukuran yang agak besar di kardus.

Gunakan penggaris untuk presisi yang lebih mantap. Setelah itu, potong setiap huruf tadi dan tempelkan hiasan sesuai selera. Rangkai huruf hingga membentuk kata pada dinding dan tambahkan aksesoris tambahan jika dibutuhkan.

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Dinding dari Benang Wol ini Unik Banget, Lihat Yuk!

5. Dibuat Rak Gantung


Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Gudang Kardus (Youtube).

Cara membuat hiasan dinding dari kardus yang terakhir ini bukan hanya untuk sekedar gaya-gayaan, tapi juga memiliki nilai fungsional. Jadi, selain menghias dinding, rak gantung ini juga memberikan ruangan tambahan untuk memamerkan koleksi.

Ada banyak model rak gantung yang bisa dibuat dengan kardus. Namun yang paling mudah adalah membuat rak berbentuk box kemudian melapisinya dengan kertas kado. Setelah itu, tinggal menambahkan lubang di sisi kiri dan kanan untuk menyisipkan gantungan. 

Kalau bisa buat semacam pintu di rak gantung tersebut, agar tampilannya jadi terlihat unik dan menarik.

Cara membuat hiasan dinding dari bahan kardus  tidak hanya terbatas pada lima ide di atas. Dengan kreativitas dan imajinasi yang tinggi seseorang bahkan bisa membuat hiasan dinding yang tidak hanya bernilai estetis tetapi juga ekonomis. Tapi kalau untuk kamar sendiri sih, semoga beberapa ide di atas bisa menginspirasi ya.

Selamat mencoba! 😉

Post a Comment for "Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus, Simak Yuk! "