Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado

Tentu diantara Anda pernah mengadakan acara hajatan seperti pernikahan, sunatan, atau perayaan ulang tahun. Dan pada umumnya para tamu yang datang akan memberikan uang kondangan  yang ditaruh di dalam amplop. Namun ada juga diantara tamu yang memberikan dengan cara lain. Yaitu hadiah (souvenir) berupa kado pada acara pernikahan, sunatan, dan ulang tahun tersebut.

Bahkan pada acara ulang tahun lebih identik diberi hadiah berupa kado. Sangat jarang sekali para tamu yang memberikan hadiah berupa uang, sebab cara itu tidak lazim dilakukan di acara ulang tahun.   

Nah, saat mendapatkan kado, kebanyakan orang akan langsung mengambil isi dan membuang kertas kadonya. Padahal biasanya jumlah kertas kado tersebut jika dikumpulkan jumlahnya cukup banyak lho! Tentu akan sayang jika dibuang begitu saja. Alangkah lebih baik semua kertas kado itu dimanfaatkan dengan cara yang tepat. 

Lalu, bisa dimanfaatkan untuk apa saja kertas kado tersebut?

Salah satunya yaitu bisa dimanfaatkan untuk menghias dinding kamar Anda.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado

Yup! Motif dan warna kertas kado yang menarik itu akan dapat mempercantik dinding kamar Anda. Cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri dari kertas kado ini juga sangat mudah. 

Yuk simak cara membuatnya dibawah ini.

Jadikan Wallpaper

Cara membuat hiasan dinding dari kertas kado yang paling mudah adalah dengan menjadikannya wallpaper. Dibandingkan membeli wallpaper yang harganya bisa mencapai lima puluh hingga ratusan ribu per rol-nya, menggunakan kertas kado jauh lebih ekonomis. 

Pilih kertas kado yang serupa dan pastikan motifnya bisa disambung satu sama lain. Selanjutnya, cukup tempelkan kertas pada salah satu dinding kamar, misalnya pada dinding samping tempat tidur atau dinding belakang headboard. 

Lihat contoh hasilnya pada foto dibawah ini.


Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado
Ilustrasi. Foto by : Rifqimuba (Youtube).

Dengan begitu, kamar akan terlihat lebih dinamis dan tidak membosankan. Meskipun terbilang mudah, menempelkan tiap-tiap lembar kertas juga membutuhkan ketelatenan loh.

Selain dijadikan sebagai wallpaper, juga ada beberapa cara dan kreasi lain yang bisa Anda jadikan pilihan.

Diantaranya sebagai berikut:

Rangkai Jadi Sarang Lebah

Jika memiliki banyak potongan-potongan kertas kado, coba buat hiasan dinding dengan bentuk heksagon. Caranya sangat mudah, ambil pensil dan penggaris, kemudian buat beberapa bentuk heksagon. Setelah itu, gunting dan tempelkan pada dinding. Saat disatukan, heksagon tersebut akan terlihat seperti sarang lebah.

Lihat ilustrasinya pada foto dibawah ini.


Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado
Ilustrasi. Foto by : Diah Dwi Arti (Youtube).

Hindari menempelkan heksagon pada satu dinding penuh. Apalagi ketika menggunakan kertas dengan berbagai warna dan pola, karena bisa menimbulkan kejenuhan dan aksen dinding yang berlebihan. Sebaiknya tempelkan pada satu garis saja, atau buat rangkaian setengah pada garis lurus dan setengah arah diagonal.

Sulap Jadi Lukisan Dinding

Ingin memiliki lukisan pada dinding kamar tapi harga lukisan menguras kantong? Kertas kado bisa menjadi solusi. Pertama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu kanvas kecil, kertas kado bermotif bunga, spidol, lem, gunting, dan pensil.

Selanjutnya, buat sketsa daun dan burung pada kertas kado menggunakan pensil kemudian gunting. Ambil kanvas dan gambar ranting pohon menggunakan spidol. Kemudian, tempelkan daun-daun dan burung dari kertas kado tadi ke ranting.

Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado


Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Dinding dari Gypsum Ini Direkomendasikan Untuk Anda

Coba Bunga Mawar 3D

Kerajinan kertas berbentuk bunga bukan lagi hal yang baru, namun keindahannya masih mampu membuat orang kagum. Bukan hanya dari kertas origami, replika bunga mawar juga bisa dibuat dari kertas kado polos. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado
Ilustrasi. Foto by : Kastories Family (Youtube).

Cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri dari kertas kado agar membentuk mawar sangat mudah. Siapkan kertas kado berwarna tanpa motif, pensil, lem, dan gunting. Selanjutnya gambar bentuk spiral pada kertas. 

Setelah itu gunting kertas mengikuti bentuk spiral tadi, kemudian gulung dari arah tengah ke luar hingga membentuk bunga. Rekatkan menggunakan lem kertas kemudian tempelkan pada dinding.

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Dinding dari Benang Wol ini Unik Banget, Lihat Yuk!

Buat Hiasan Kupu-Kupu

Biasanya kerajinan ini dibuat menggunakan kertas origami, namun pakai kertas kado juga tidak kalah cantiknya. Berbagai motif kertas kado bisa dijadikan kupu-kupu cantik dengan tampilan 3 dimensi. Caranya, pertama siapkan kertas kado dengan warna senada, namun sebaiknya memiliki motif berbeda. 

Sediakan pula pensil, gunting dan lem.

Cara buatnya, pertama gambar kupu-kupu berbagai bentuk pada bagian belakang kertas kado. Bisa juga dengan mencetak siluet kupu-kupu dengan ukuran besar dan agak kecil kemudian jiplak. Lalu, gunting gambar tersebut dan tempelkan kupu-kupu yang kecil di atas yang besar. Lipat kertas agar terlihat seperti kupu-kupu yang mengepakkan sayap sebelum menempelkannya ke dinding.

Selanjutnya, ambil lem, kemudian tempel sketsa kupu-kupu tersebut pada dinding kamar Anda dengan sedemikian rupa. Agar sketsanya terlihat lebih realistis, maka letakkan meja kecil dan sebuah wadah di dekat sketsa kupu-kupu tersebut. 

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado
Ilustrasi. Foto by : Litasta Creative Craft (Youtube).


Itulah beberapa cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas kado yang bisa dicoba. Cukup mudah bukan? Kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama anak untuk melatih kemampuan motorik halusnya.

Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado "