Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri

Hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri - Ruang tamu adalah tempat yang paling tepat untuk menonjolkan keindahan rumah dan status sosial. Sebab ruang tamu merupakan area rumah yang paling sering terlihat oleh orang lain. Hal ini biasanya sangat terkait erat dengan unsur prestise (gengsi). Oleh karena itulah kenapa ada sebagian orang mampu yang sengaja membeli etalase kaca, lalu memajang semua koleksi berharganya di ruang tamu tersebut.

Ada orang yang memajang aneka koleksi gundam, hot wheels, die cast metal, dan aneka mainan langka yang berharga mahal lainnya di ruang tamu tersebut. Ada juga orang yang suka memajang aneka pernak-pernik dan barang antik (langka) yang harganya juga tak kalah mahal. Dll.

Cara diatas lazim dilakukan oleh orang-orang berada dari kalangan menengah keatas. Lalu bagaimana dengan orang yang status sosialnya biasa-biasa saja? Apakah juga bisa merancang desain ruang tamu yang indah dan menarik?

Jawabannya tentu saja bisa!  

Karena untuk mempercantik ruang tamu tidak harus dengan cara menonjolkan kemewahan. Anda tetap bisa menciptakan desain ruang tamu yang unik, sederhana, namun terlihat elegan. 

Bagaimana caranya?

Yaitu dengan cara memasang hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri.


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi. Foto by : Idekunik.com

Karena hiasan dindingnya merupakan buatan sendiri, sehingga ruang tamu Anda jadi terlihat sangat unik. Sebab hiasan itu tidak ada ditempat manapun, kecuali di rumah Anda. 

Hiasan dinding ini tidak banyak memakan banyak tempat. Sehingga cocok untuk dipasang pada semua ukuran ruang tamu.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu yang bisa dibuat sendiri.

Semoga informasi ini dapat menjadi sumber referensi dan menjadi inspirasi bagi Anda.

Yuk langsung saja disimak. Cekidot!

1. Hati 3D


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi. Foto by : Thewilddecoelis.com


Biasanya hiasan dinding kertas berbentuk hati dibuat 2 dimensi saja. Tapi, dengan sedikit modifikasi pada proses pembuatannya, hiasan dinding bentuk hati tersebut bisa berubah menjadi 3 dimensi. Alat dan bahan yang dibutuhkan pada proses ini adalah kertas kado atau HVS berwarna, gunting, pensil, dan lem.

Pertama bentangkan kertas, lalu gambar bentuk hati dengan berbagai ukuran. Kemudian, gunting semua gambar sesuai pola dengan rapi. Setelah selesai, gunting belahan hati ke arah tengah, kemudian lipat kertas agak ke belakang dan lem. Ini akan membuat kertas terlihat menggembung dan menciptakan efek 3D. terakhir, tempelkan pada dinding.

2. Bunga Dari Kertas Gulung Tisu Toilet


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi. Foto by : Jillienedesigns.blogspot.com

Pernah terpikir untuk menyulap kertas tisu toilet menjadi karya yang menakjubkan di dinding ruang tamu? Dengan sedikit usaha dan kreativitas, gulungan berbentuk tabung itu bisa dirangkai menjadi berbagai macam hiasan, salah satunya bunga.

Untuk membuat hiasan dinding ini, kumpulkan dahulu gulungan sebanyak yang diperlukan. Setelah itu, gepengkan  semua gulungan dan gunting selebar 2 cm. Rekatkan ujung potongan satu sama lain hingga membentuk bunga. Terakhir, tempel dan rangkai bunga-bunga kertas tersebut pada dinding. Agar hasil bunga lebih indah, cat potongan-potongan tersebut dengan berbagai warna.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)

3. Hiasan Dari Washi Tape


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi.

Sekilas hiasan dinding ini terlihat seperti mural atau lukisan. Namun, siapa sangka ternyata pola indah berbentuk pegunungan tersebut dibuat menggunakan selotip Jepang yang disebut Washi. Selotip ini memiliki berbagai warna dan motif, sehingga cocok digunakan sebagai dekorasi.

Pertama-tama, pola pegunungan digambar pada dinding menggunakan pensil. Kemudian, selotip digunting dan ditempelkan mengikuti pola. Saat menempelkannya, pasti kan selotip menutupi garis pola ya. jika tidak memiliki selotip washi, selotip hitam yang sering digunakan untuk kabel dan kertas juga bisa menjadi alternatif.

Info Menarik Lainnya : 5 Model Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis

4. Sayap Instagramable


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi. Foto by : Blog.moonberry.com


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi. Foto by : Blog.moonberry.com

Daripada membuat origami kecil yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga, mending bikin sayap seperti ini. Jika dibuat dengan ukuran besar, hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri ini bisa menjadi spot yang bagus untuk berfoto. Bahasa kerennya sih instagramable banget.

Pembuatannya memerlukan lumayan banyak kertas origami, namun jika tidak ada, bisa menggunakan kertas biasa yang digunting persegi. Yang penting kertas yang digunakan bersifat lentur dan mudah dilipat. Kemudian, lipat kertas seperti pada gambar, lalu rangkai pada dinding.

Info Menarik Lainnya : 10 Pilihan Warna Cat Ruang Tamu yang Sejuk Dipandang

5. Hiasan dari Stik Es


5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri
Ilustrasi. Foto by : Makeanddocrew.com

Bukan rahasia lagi kalau stik es merupakan benda yang serbaguna. Mulai dari furniture hingga aksesoris bisa dibuat. Hiasan dinding ini merupakan sebuah karya sederhana dari stik es yang bisa dibuat untuk mempercantik ruang tamu. Pembuatannya pun sangat mudah.

Stik es pertama-tama di cat lalu dikeringkan untuk memberi varian warna pada dinding nantinya.  Setelah kering, stik es dirangkai dan dilem membentuk pola hati. Selain hati, ada banyak poa lain yang bisa dibuat, misalnya hexagon, segi tiga, bahkan pola abstrak. Setelah selesai, tempelkan pada dinding menggunakan lem.

Itulah hiasan dinding yang bisa dipraktikkan di rumah. Gimana? Meskipun contoh-contoh di atas merupakan hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri, namun tampilannya tidak kalah  menarik dari barang mewah, 'kan? 

Selamat mencoba! 😉

Post a Comment for "5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri"