Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)

Cara menata ruang tamu minimalis - Ruang tamu termasuk salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi penting. 

Selain sebagai tempat untuk menerima pengunjung, ruang tamu juga dapat berfungsi sebagai simbol prestise dan status sosial sang tuan rumah. Sehingga ruangan inilah yang paling banyak mendapatkan perhatian dari pemilik rumah.

Makanya tidak mengherankan jika di sebuah ruang tamu terdapat hiasan berupa piala atau foto prestasi anggota keluarga yang bisa dibanggakan. Jika Anda termasuk orang yang sering berkunjung ke rumah saudara, kolega, atau sahabat, maka pasti Anda pernah mendapati hal-hal yang saya sebutkan ini. 

Iya 'kan? 😊

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis

Nah, karena ruang tamu inilah yang akan memberikan kesan pertama kepada para pengunjung, maka segi kerapihannya juga perlu untuk diperhatikan. Tujuannya tentu saja agar ruang tamu tersebut jadi tampak indah dan nyaman.

Mungkin akan timbul pertanyaan: 

"Bagaimana cara menata ruang tamu minimalis agar terlihat luas, apik dan rapi?"

Berikut ini akan di uraikan secara detail tentang cara menatanya. Yuk di simak pembahasannya sampai tuntas.

Cekidot!

1. Pilih Perabotan Dengan Desain dan Warna yang Netral

Kondisi ruangan yang luas sekalipun dapat terlihat sempit apabila pemiliknya tidak mampu menata maupun memilih perabotan dengan baik. Apabila ruang tamu sering digunakan, pilihlah sofa dan meja tamu yang nyaman. Sementara, apabila ruang tamu jarang digunakan, desain sofa dan meja yang unik tentu dapat menambah kesan rapi dan nyaman dipandang mata.

Apabila memang membutuhkan sofa dengan ukuran besar, trik untuk mengatasinya adalah dengan menempatkan sofa menempel pada dinding. Hindari meletakkan sofa di tengah-tengah ruangan sebab akan menimbulkan kesan sempit. 

Usahakan warna sofa tidak bertabrakan dengan warna cat dinding maupun warna perabotan lainnya. Intinya usahakan agar warnanya serasi dan tampak "matching". Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)
Ilustrasi. Foto by : Blog.spacestock.com

Yang tidak boleh ketinggalan juga adalah pemilihan bantal sofa. Pilihlah ukuran yang pas, sarung bantal atau motif yang tidak terlalu ‘ramai’ agar sofa tidak terkesan ‘penuh’.

Selain sofa, hal penting lainnya terkait perabotan di ruang tamu adalah meja. Meja pada ruang tamu biasanya berfungsi untuk meletakkan hidangan yang disuguhkan untuk tamu. Oleh sebab itu, pilihlah meja yang kokoh, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil. Jika ingin ukuran yang besar, pilihlah meja dengan jenis coffee table. Sementara jika menginginkan ukuran yang sedikit lebih kecil, dapat memilih side table.

2. Cat Dinding Warna Pastel Dapat Menambah Kesan Lapang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan cat dinding dapat mempengaruhi cara menata ruang tamu minimalis. Cat dengan warna yang mencolok, tentu tidak cocok apabila dipadukan dengan perabotan berukuran besar serta memiliki banyak motif maupun warna. Sementara, cat dinding yang terlalu polos, akan menimbulkan kesan membosankan.

Ketika ingin mengisi ruangan dengan perabotan yang berukuran besar dan memiliki motif ataupun warna yang cerah, berikan sentuhan warna pastel ataupun netral pada cat dinding ruang tamu. Warna-warna seperti putih, kuning gading, baby pink, biru muda, dapat menambah kesan cerah dan ceria pada ruang tamu. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)
Ilustrasi. Foto by : Jual-apartemen.com


Info Menarik Lainnya : Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

3. Perhatikan Bagian Lantai

Cara menata ruang tamu minimalis selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagian lantai. Umumnya, lantai ruang tamu menggunakan marmer atau keramik. Namun, apabila ingin menonjolkan kesan natural dan minimalis, penggunaan bahan seperti vinyl atau motif kayu merupakan pilihan yang tepat.


Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)
Ilustrasi. Foto by : Meiganflooring.com

Selain itu, area lantai juga dapat semakin menarik dan nyaman dengan tambahan karpet. Untuk pemilihan karpet sendiri juga tidak perlu yang terlalu kecil. Melainkan harus sesuai dengan kondisi ruangan dan berwarna netral.

Info Menarik Lainnya : 5 Model Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis

4. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Selain lebih terang, ruangan yang mendapatkan cahaya matahari secara langsung dapat menghemat penggunaan listrik. Oleh sebab itu, keberadaan jendela maupun ventilasi akan sangat penting. 

Penggunaan jendela yang besar, dapat memberikan kesan lebih luas. Tetapi, jika rasanya kurang memungkinkan untuk memasang jendela besar, cermin dapat menjadi alternatif solusi yang baik.

Lihat ilustrasi pencahayaan dari sinar matahari pada foto dibawah ini.


Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)
Ilustrasi. Foto by : Corkwineshop.com

Untuk penggunaan lampu dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila ruang tamu cukup sering digunakan pada malam hari, pilih lampu yang memiliki cahaya putih terang. Sementara jika ruang tamu tidak terlalu sering digunakan pada malam hari, lampu dengan cahaya temaram juga dapat memberi kesan hangat. 

Lihat ilustrasinya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)


Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Rumah Pemanis Ruang Tamu, Intip Yuk!

5. Beri Sentuhan Dekorasi Yang Menarik

Nah, cara menata ruang tamu minimalis yang terakhir adalah dengan memberikan sentuhan dekorasi yang simple dan menarik. Sediakan space khusus pada salah satu dinding, letakkan beberapa pigura atau hiasan macrame agar ruang tamu tidak terkesan monoton. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)


Nah, itulah diatas 5 cara menata ruang tamu minimalis yang apik, rapi dan elegan. Sehingga jadi terlihat nyaman dan enak dipandang. Padu padan warna cat dinding dan perabotan adalah kunci utama dalam menata ruang tamu. Hindari meletakkan terlalu banyak barang agar ruang tamu tidak terlihat sempit. 

Jika memang terdapat banyak pernak pernik yang membutuhkan ruang penyimpanan, pilihlah sofa atau meja yang dilengkapi dengan laci. Selamat mencoba menerapkannya pada ruang tamu Anda.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menata Ruang Tamu Minimalis (Apik, Rapi & Elegan)"