Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

Partisi ruang tamu minimalis - Apakah Anda ingin ruang tengah rumah Anda terkesan tampak luas? Salah satu triknya adalah dengan membiarkan ruang tengah itu terbuka dan hanya diberi sekat pembatas (partisi). Tentu pembaca semua sudah tahu, bahwa pada umumnya ruang tengah diberi pembatas tembok. Nah, untuk kali ini konsepnya; ruang tengah dan ruang tamu tidak diberi batas tembok, tapi hanya dibatasi dengan partisi saja.

Ide Partisi Ruang Tamu Minimalis 

Konsep ruang terbuka ini tidak hanya terbatas untuk ruang tengah + ruang tamu aja sih. Jika anda ingin menggabungkan ruang tengah dengan ruang makan, ruang dapur, atau ingin membagi rumahnya jadi beberapa ruangan, maka bisa menggunakan partisi sebagai pembatasnya. Namun karena tema artikel ini mengulas tentang partisi ruang tamu minimalis, maka saya akan fokus membahas tentang topik ini saja.

Oh iya, sudah tahukah Anda apa itu partisi?

Jika Anda termasuk orang yang berkecimpung di bidang desain interior, pasti tau banget apa itu partisi. Tapi tentu beda dengan orang awam, saya rasa (bisa jadi) masih banyak yang belum tahu.

Jadi partisi itu adalah semacam sekat yang berfungsi sebagai pembatas ruangan. Kebanyakan bentuk partisi adalah berupa dinding ruangan (sebagiannya lagi ada juga berupa rak, lemari pembatas, tirai, dll). Nah bedanya dinding partisi ini dengan dinding tembok adalah; partisi ini tidak permanen, sehingga bisa di pindah-pindah, sedangkan tembok beton tentu sudah pasti permanen. 

Karena partisi ini sifatnya tidak permanen, sehingga jika Anda tidak ingin menggunakan lagi, maka tinggal dilepas atau dibuka saja. Ruangan rumah Anda pun kembali terlihat luas lagi. Bagaimana menurut Anda? Sangat simpel dan praktis sekali bukan? :)

Saran tambahan: Gunakanlah partisi ruang tamu minimalis untuk membagi area tamu dengan area pribadi.

Lalu, berapa ya kira-kira harga partisi ini?

Tentang harga partisi sendiri sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk menghemat biaya, ada baiknya menggunakan barang lain di dalam rumah untuk dijadikan partisi. Cara ini akan menghemat biaya serta ruangan di dalam ruang tamu.

Berikut adalah beberapa ide partisi ruang tamu minimalis yang dapat Anda coba.

Diantaranya:

1. Lemari TV


Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

Salah satu barang di rumah yang bisa menjadi partisi antara ruang tamu dengan ruang keluarga adalah lemari tv. Bentuknya yang besar dan tinggi bisa dimanfaatkan untuk memisahkan kedua ruangan. Pilihlah lemari tv yang tinggi sehingga dapat menutupi sebagian besar dari area pribadi rumah.

Untuk mendapatkan kesan minimalis, pilihlah lemari yang simpel dan tidak banyak lubang atau bagian lainnya. Dan usahakan untuk memilih lemari yang bisa memiliki dua sisi sehingga bagian belakangnya tidak membuat ruang tamu menjadi jelek.

Info Menarik Lainnya : 5 Model Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis

2. DIY Partisi Tali


Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

Selain sebagai pemisah ruangan, partisi dapat digunakan sebagai penghias ruangan. Oleh karena itu pilihlah partisi yang dapat memperindah ruangan. Jika ingin menghemat uang dan partisi yang unik, maka buatlah partisi dari tali rafia atau tali biasa. Jangan membayangkan bentuknya akan aneh atau jelek karena jika dikerjakan dengan benar maka akan menghasilkan partisi yang keren.

Cara membuat partisi dari tali adalah dengan mengikatkan tali pada ataa tembok lalu tarik ke bawah untuk diikat. Pastikan tarikannya kencang sehingga tali tidak terlihat loyo. Ulangi langkah ini pada sebelah tali rafia yang sudah dipasang. Usahakan untik tidak memberikan jarak yang terlalu jauh antara satu tali dengan tali yang lain.

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Rumah Pemanis Ruang Tamu, Intip Yuk!

3. Partisi Kayu Minimalis


Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

Bagi yang memiliki budget lebih dapat membeli sebuah partisi yang simpel seperti kayu. Pilihlah partisi yang terbuat dari kayu namun dengan kombinasi tambahan seperti plastik semi transparan. Dengan desain seperti ini penghuni rumah tetap bisa melihat orang di rumah tamu dengan samar. Namun, tetap bisa mendapatkan fungsi utamanya sebagai pembatas ruangan.

Info Menarik Lainnya : 5 Ide Ruang Tamu lesehan ala Arab, Lihat Yuk!

4. Batang  Bambu


Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

Untuk memberikan kesan natural di dalam rumah, maka pilihlah batang bambu sebagai partisi ruang tamu minimalis. Cara untuk menjadikannya partisi pun sangat mudah karena hanya perlu merangkainya sejajar secara rapi atau acak. Jika ingin terlihat polos, maka partisi sudah bisa didapatkan setelah pemasangan selesai. Namun, bagi yang ingin membuatnya terlihat lebih cantik gantunglah tanaman kecil pada kedua sisi.

Itulah beberapa opsi partisi ruang tamu minimalis yang dapat digunakan. Keempat desain diatas memiliki anggaran yang sangat murah bahkan ada yang bisa dibuat sendiri. Selain itu, partisi-partisi diatas memiliki desain yang sangat minimalis, membuat ruangan tidak sempit maupun penuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membeli partisi ruang tamu minimalis adalah ukurannya. Pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai agar tidak menutup seluruh bagian atau akses dari satu ruang ke ruang lainnya. Jadi, meskipun dibatasi oleh partisi, masih ada jalan untuk menghubungkan kedua ruangan.

Info Menarik Lainnya : Ruang Tamu Lesehan ala Jepang untuk Rumah Minimalis

Demikianlah info tentang desain partisi ruang tamu minimalis. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)"