Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Tirai Magnet Paling Mudah, Lihat Yuk!

Cara memasang tirai magnet - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik interior rumah kita. Salah satu caranya yaitu dengan memasang hiasan pada setiap bagian ruangan rumah. Misal pada bagian dinding, maka Anda bisa memasang hiasan seperti pigura foto, hiasan dinding dari benang wol, tali kur, dll.

Bagian interior lain yang tak kalah penting diberi hiasan adalah pintu rumah. Sebaiknya pintu rumah jangan dibiarkan kosong melompong saja. Tentu Anda akan merasa kurang nyaman jika semua aktivitas keluarga terlihat bebas dari luar bukan? 

Itulah sebabnya kenapa pintu rumah jadi penting untuk diberikan tirai. Dan salah satu jenis tirai yang direkomendasikan untuk dipasang adalah tirai magnet.

Pintu rumah yang paling disarankan untuk diberi penutup tirai adalah bagian pintu kamar dan ruang keluarga. Pintu kamar diberi tirai tujuannya agar privacy yang ada dalamnya dapat terjaga. 

Jadi walau berdiam di dalam satu atap, tetap ada batasan privacy yang tidak boleh terlihat oleh penghuni rumah yang lainnya. Karena biasanya ada orang lain dirumah tersebut, contohnya seperti pembantu.

Sedangkan pintu ruang keluarga (yang biasanya berbatasan dengan ruang tamu) juga perlu diberi tirai. Tujuannya agar aktifitas anggota keluarga tidak bebas terlihat oleh para tamu yang sedang berkunjung.

Lihat foto ilustrasi tirai magnet tersebut dibawah ini.


Cara Memasang Tirai Magnet Paling Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi.

Hal diatas termasuk penting untuk kita dilakukan. Karena kultur dan budaya kita sebagai bangsa Indonesia masih menjaga hal-hal tertentu yang dianggap sebagai privacy. Oleh karena itu, pintu kamar dan pintu ruang keluarga sebaiknya diberi batas dengan tirai.

Berilah penutup tirai magnet, agar bagian privacy dari rumah Anda tidak terlihat secara langsung dari luar. Sehingga privacy Anda dapat terjaga. Selain itu, bagian interior rumah Anda akan terlihat lebih indah dengan adanya tirai magnet tersebut.    

Selain kegunaan diatas, tirai magnet ini juga punya manfaat lain yang tak kalah penting. Yaitu bisa menahan nyamuk agar tidak masuk ke dalam ruangan yang ada dibalik pintu tersebut.

Lalu, bagaimanakah cara memasang tirai magnet ini?

Yuk simak beberapa langkah dan cara memasangnya berikut ini.

Cekidot!

1. Unboxing Tirai Magnet

Jika sudah mendapatkan sepaket tirai magnet, maka harus segera dibongkar dan dipisahkan satu per satu. Tirai magnet ini biasanya terdiri dari beberapa bagian. Yaitu rangka dan beberapa bagian kecil lainnya. Tentunya termasuk bagian tirai yang harus dipasang.


Cara Memasang Tirai Magnet Paling Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi.

Biasanya tirai magnet ini terlihat lebih ringkas pada saat pengemasan (karena komponennya masih terpisah). Oleh karena itu, saat unboxing silahkan cek satu per satu bagiannya (untuk memudahkan pemasangan tirai magnet). 

Kemudian lakukan beberapa langkah berikutnya dibawah ini, agar tirai magnet dapat terpasang dengan sempurna sebagai penutup bagian pintu.

Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Desain Pintu Kupu Tarung Terbaik Untuk Anda

2. Persiapkan Alat Bantu Untuk Memasangnya.

Setelah unboxing tirai magnet tentu akan memisahkan bagian per bagian yang ada. Seperti tiang tirai, tirai magnetnya, mur, dan beberapa komponen kecil lainnya. Tapi biasanya, meskipun komponen sudah lengkap, terkadang tirai magnetnya masih belum terpasang dengan sempurna. 

Maka dari itu, dibutuhkan bantuan alat lainnya untuk pemasangan tirai magnet tersebut.

Alat tersebut seperti palu, beberapa paku, dan bisa juga tambahkan selotip untuk merekatnya. Kemudian setiap komponen harus siap di pasang (bagian per bagian). Selanjutnya lakukan pemasangan tirai magnet yang ukurannya sudah sesuai dengan pintu ruangan.

Pentingnya menggunakan alat bantu saat memasang tirai magnet ini. 

Tujuannya agar tirai magnet bisa terpasang pas di pintu ruangan. Alat bantu ini akan memudahkan pemasangan. Contohnya seperti paku yang akan membuat tirai terpasang secara paten ke bagian pintu. Kemudian palu yang akan membantu pemasangan tirai lebih pas saat menancapkan paku.

Saat bagian penyangga sudah terpasang pada tirai, selanjutnya letakkan tirai sejajar dengan pintu ruangan. Biasanya ukuran tirai magnet sudah standar sesuai dengan pintu yang ada, sehingga tinggal menempelkan saja. 

Info Menarik Lainnya : Simak! 9 Teralis Jendela Rumah Minimalis Pilihan Untuk Anda

3. Pasang Bagian Rumit Terlebih Dahulu


Cara Memasang Tirai Magnet Paling Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Yabes Putra (Youtube).

Pada saat memesan tirai magnet, biasanya pengguna memilih warna, namun belum paham perlengkapan apa saja yang digunakan saat memasang. Terkadang petunjuk (ilustrasi) pemasangan tidak tertera dengan sempurna. Sehingga butuh improvisasi tersendiri dalam memasangnya.

Bagian yang rumit justru terletak pada bagian tirai yang akan dipasang. Dari bahannya saja, tirai magnet ini di desain cukup tipis. Oleh karena itu, butuh cara memasang tirai magnet yang ekstra hati-hati (agar tidak sobek). Selanjutnya, masukkan bagian penyangga tirai (agar tirai magnet tetap berdiri tegak).

Info Menarik Lainnya : Cara Menentukan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis Yang Ideal

4. Teliti Kembali, Pastikan Tirainya Tidak Mudah Lepas

Setelah semua bagian terpasang dengan baik di pintu ruangan, maka kemudian cobalah untuk meneliti bagian per bagian. Hal ini penting dilakukan agar tirai magnet tidak mudah lepas saat tertarik, sehingga tetap menempel kuat di pintu.

Biasanya bagian atas yang harus dicek dengan teliti, karena merupakan bagian tumpuan di mana tirai magnet tersebut terpasang. Jika bagian atas sudah kuat, itu artinya tirai magnet tersebut telah terpasang sempurna. Sehingga bagian pinggirnya hanya tinggal mengikuti pemasangan saja.

Demikianlah informasi singkat tentang cara memasang tirai magnet. 

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Memasang Tirai Magnet Paling Mudah, Lihat Yuk! "