Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengirim Barang Lewat J&T Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengirim Barang Lewat J&T - Saat ini sudah banyak jasa pengiriman paket yang ada di Indonesia. Kamu bisa melihat, bahwa bisnis satu ini terbilang menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat bagus.

Penyebabnya karena minat berbelanja online masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Sehingga tak heran jika kemudian banyak sekali jasa ekspedisi yang bermunculan.

Meski sudah banyak jasa ekspedisi yang ada, sebaiknya kamu jeli dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat (ketika akan mengirim paket). Dan kini, salah satu jasa ekspedisi yang ramai digunakan (dijadikan sebagai pilihan) oleh banyak kostumer adalah J&T.

Nah, jika kamu belum pernah menggunakan jasa ekspedisi J&T, maka ada baiknya mulai mencobanya ketika mengirim barang.

Apa alasannya?

Ya karena jasa ekspedisi yang satu ini menawarkan banyak kemudahan, salah satunya dalam hal pengiriman. Apabila kamu belum pernah mengirim barang dengan J&T, maka ada baiknya kamu mengetahui cara mengirim barang lewat jasa ekspedisi ini.

Yuk simak terus uraiannya hingga tuntas.

Cara Mengirim Barang Lewat J&T

Cara Mengirim Barang Lewat J&T Yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi. Foto by : Gogandul.com

 

Agar bisa mengirim barang melalui ekspedisi pengiriman J&T, maka ada serangkaian cara mengirim barang lewat J&T yang harus kamu perhatikan. Kali ini, kami akan membahas secara runut dan detail tentang cara mengirim barang lewat J&T.

Berikut penjelasannya.

Cek Terlebih Dulu Tarif Ongkos Kirim (Ongkir) J&T Express

Sebelum mengirim barang melalui j&T, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu berapa ongkos kirim yang harus kamu bayarkan. Hal ini akan sangat berguna sekali. Tujuannya agar kamu bisa menyesuaikan dana ongkir yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Jadi jangan sampai ongkos kirim yang kamu keluarkan malah lebih mahal daripada harga barang. Karena sampai detik ini cukup banyak terjadi kasus ongkos kirim yang jauh lebih mahal daripada harga barang. Semua itu bisa terjadi karena kurangnya ketelitian, atau karena malas mengecek tarif ongkirnya.

Untuk menghindari kasus seperti itu, maka kamu harus mengecek tarif ongkos kirimnya. Lalu, cara mengecek tarif ongkos kirim di J&T itu seperti apa sih?

Nah, salah satu kelebihan menggunakan J&T adalah; kamu bisa mengetahui ongkos kirim dengan beberapa cara. Yakni sebagai berikut:

Cara Mengetahui Ongkos Kirim dengan Memanfaatkan Website Resmi J&T

Cara mengetahui ongkos kirim yang pertama adalah dengan memanfaatkan website resmi J&T. Cara pertama, kamu harus memasukkan alamat web jet.co.id/index/query/query.html ke kolom pencarian yang kamu gunakan (Google Chrome, Mozilla, UC Browser, dll).

Jika hasilnya sudah ditampilkan, maka kamu bisa mengisi data, seperti "Dari", "Ke", dan "Berat".

Kolom "Dari" bisa kamu isikan kota tempat asal kamu mengirimkan barang. 

Sedangkan di kolom "Ke" silahkan Anda ketik kota tujuan pengiriman barang. 

Dan kolom "Berat" di isi dengan perkiraan bobot paket barang yang akan kamu kirim. Sebaiknya paketnya ditimbang terlebih dahulu, agar kamu bisa tahu berapa beratnya secara akurat.
 

Jika barang yang kamu kirim ingin diasuransikan, maka silahkan ceklis (centang) tulisan asuransinya ya. Kemudian kamu bisa menginformasikan terkait kisaran harga barang (dalam bentuk angka ya gais).

Apabila barang yang kamu kirim volumenya berukuran besar, maka kamu bisa menceklis tulisan "Dimensi’'. Kemudian masukkan perkiraan ukuran Panjang, Lebar, dan Tinggi paket kamu tersebut.

Catatan: Jika kamu ingin hasil pengukurannya akurat, maka kamu bisa menggunakan meteran kain yang banyak dijual ditoko-toko alat jahit. Harganya cukup murah kok, jadi tidak ada salahnya kamu beli meteran tersebut. Apalagi kalau kamu memang fokus berkecimpung di usaha bisnis online, maka timbangan dan meteran wajib harus kamu miliki.

Nah, setelah semua data berat dan volumenya terisi lengkap, silahkan langsung klik tulisan "Cari". Selesai deh. Ongkir yang harus kamu keluarkan akan segera diinformasikan di layar ponsel.

Cara Menegetahui Ongkos Kirim dengan Aplikasi J&T Express

Cara mengetahui ongkos kirim yang kedua adalah dengan aplikasi. Mengecek ongkos kirim dengan Aplikasi J&T Express sangat mudah. Pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstall aplikasi J&T Express di ponsel kamu ya. Kamu bisa menginstallnya di Google Playstore atau di APP Store.

Nah, jika sudah, silahkan buka aplikasinya. Nanti di bagian halaman, kamu akan menemukan menu "Harga’' di sana. Di halaman harga tersebut kamu bisa menemukan berbagai informasi. Seperti kota asal atau asal pengiriman, kota tujuan, jenis atau nama barang, hingga dimensi barang.

Isi semua data yang diperlukan dengan baik. Masukkan kota kamu dan kota tujuan, kemudian langsung klik tombol "Cari’'. Done, hanya menunggu beberapa detik saja informasi ongkos kirim yang kamu butuhkan akan langsung muncul di layar ponsel. 

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

Packing Barang Sesuai Standar J&T 


Cara Mengirim Barang Lewat J&T Yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi. Foto by : J&T Express Indonesia

 

Cara mengirim barang lewat J&T yang kedua adalah dengan packing barang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh J&T. Cara mengirim barang lewat J&T yang kedua ini bisa kamu lakukan jika merasa ongkos kirim yang harus kamu keluarkan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Berikut ini, kami sajikan informasi terkait packing barang yang sudah sesuai dengan standar pengiriman barang J&T.

Packing Barang Elektronik

Apabila kamu akan mengirimkan barang elektronik, maka kamu harus packing barang dengan tepat. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan mengemas barang bagian dalam dan luar dengan menggunakan kardus atau kayu.

Sementara bagian dalam barangnya harus kamu lapisi bubble wrap dengan lapisan yang cukup tebal, yakni 3 sampai 5 lapis (disesuaikan dengan kerentanan barangnya). Makin rentan barangnya terhadap benturan, maka harus semakin banyak lapisan bubble wrap-nya.

Nah agar barang yang kamu kirim aman dan untuk menghindari beberapa hal, maka kamu mesti memberikan PE Foam ke sudut-sudut kemasan. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan ukuran kardus yang tidak longgar ya.

Prosedur packing yang sangat ketat seperti diatas itu jika barangnya elektronik. Namun jika barang yang akan kamu kirim sifatnya tahan benturan (misal seperti baju, kolam karet, sparepart motor dan sebagainya), maka kamu bisa packing dengan cara biasa. Yakni cukup dipacking menggunakan kardus saja.

Jika sudah dipacking dengan baik, benar, dan rapi, maka selanjutnya jangan lupa untuk memberikan label (nama pengirim/penerima, alamat, no telpon) pada paket yang akan kamu kirim. 

Info Menarik Lainnya : Rentang Waktu Jam Kerja J&T (Agen & Olshop Wajib Tahu)

Cari Drop Point J&T Terdekat

Cara mengirim barang lewat J&T yang ketiga adalah dengan mencari drop poin J&T yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu.

Apa itu Drop Point?

Jadi Drop Point itu adalah suatu tempat untuk menerima kiriman barang sekaligus sebagai tempat untuk mendistribusikannya. Tiap-tiap daerah dan kota utama di Indonesia biasanya ada Drop Point-nya.

Dengan adanya layanan drop poin J&T terdekat ini, tentu akan semakin mempermudah kamu dalam melakukan pengiriman paket.

Kamu sudah bisa melakukan pengecekan lokasi drop poin J&T dengan beberapa cara. Yakni dengan menggunakan aplikasi, website resmi J&T, atau dengan menggunakan Google Maps.

Pilih Layanan Kirim Paket J&T

Sudah menemukan agen yang terdekat? Jika sudah, kamu bisa langsung ke lokasi, dan lakukan pemesanan paket layanan (regular atau same day).

Apabila kamu ingin barang yang kamu kirim aman sampai ke tujuan, maka alangkah baiknya jika kamu mengasuransikannya ya. Saat ini, J&T menyediakan beberapa layanan pengiriman paket yang bisa kamu coba. Layanannya juga sangat beragam.

Layanan J&T Express

Salah satu layanan J&T yang paling simple adalah J&T same day  dan regular. Jika menggunakan layanan J&T same day, maka barang yang kamu kirim bisa sampai hanya dalam satu hari. Sedangkan yang regular baru bisa sampai dari dua hingga seminggu. Hanya saja, layanan same day hanya tersedia untuk kota tertentu ya, contohnya di sekitar Jabodetabek.

Demikian cara mengirim barang lewat J&T yang bisa kamu coba. Untuk asuransi sifatnya hanya pilihan saja ya. Jadi jika kamu ingin barang kamu kirim super aman, maka bisa menggunakan asuransinya. 

Terntu saja kamu akan terkena beban biaya untuk jaminan asuransi tersebut (biayanya bervariasi). Namun kalau kamu tidak ingin memakai asuransi, maka bebas saja kok. Tidak ada keharusan untuk menggunakannya.

Info Menarik Lainnya : Kelebihan J&T Express (Agen dan Penggunanya Wajib Tahu)

Demikianlah info tentang cara mengirim barang lewat J&T.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Mengirim Barang Lewat J&T Yang Perlu Anda Ketahui"