Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya

Konstruksi atap skylight - Tahukah Anda apa itu atap skylight? Sebagian orang Indonesia mungkin masih ada yang merasa asing atau baru mendengar tentang istilah atap skylight.

Atap skylight jika diterjemahkan dalam bahasa sederhana, kurang lebih bermakna atap kaca. Jadi ini adalah sejenis atap dari bahan kaca yang memiliki fungsi utama untuk menahan air hujan, sekaligus agar sinar matahari bisa bebas memancar masuk ke dalam rumah.

Manfaat dan Kelebihan Dari Konstruksi Atap Skylight

Atap skylight ini memiliki beberapa manfaat. 

Berikut diantaranya:

Mempercantik Desain Interior Rumah

Jika ditinjau manfaat dari sisi seni interior, maka atap skylight ini akan membuat rumah Anda jadi terlihat lebih modern dan elegan. 

Karena sejatinya model atap skylight berasal dari gaya rumah yang ada diluar negeri (terutama di negara Amerika dan Eropa). 

Sedangkan di Indonesia masih jarang orang yang menggunakan jenis atap ini. Sehingga jika Anda menerapkan model atap ini, tentu rumah Anda jadi terlihat unik dan berbeda dari rumah yang lainnya.

Manfaat Kesehatan

Kalau ditinjau manfaat dari segi kesehatan, maka model atap ini jelas sangat banyak manfaatnya.

 Dengan adanya atap skylight ini, sehingga pancaran sinar matahari bisa menyebar hampir ke seluruh bagian ruangan rumah. 

Jadi pada siang hari ruangan rumah Anda akan memperoleh cahaya natural dari alam, dan hanya sedikit saja ruangan yang menggunakan cahaya lampu. 

Biasanya yang mendapatkan sinar cahaya matahari adalah ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan gudang . Sedangkan yang masih memakai cahaya lampu biasanya ruang kamar mandi.

Hawa Udara Rumah Jadi Segar

Manfaat lainnya dari atap skylight ini yaitu dapat membuat ruangan rumah menjadi sehat dan hawanya segar. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari dapat menetralisir kelembaban ruangan.

Tentu kita semua tahu ruangan yang lembab dapat menjadi sarang jamur dan kuman penyakit. Nah, karena rumah beratap skylight senantiasa mendapat curahan cahaya matahari sepanjang hari, tentu ruangannya menjadi sehat. Sebab kuman dan jamur tidak akan tahan terkena cahaya matahari dalam waktu yang lama.   

Bisa Melihat Pemandangan Langit

Kelebihan dari atap skylight ini yaitu; si empunya rumah bisa melihat keindahan langit saat cuaca sedang cerah. Penghuni rumah dapat melihat awan bergerak perlahan melalui kaca atap yang transparan itu (saat siang hari). Dan indahnya cahaya jutaan bintang yang berkelap kelip pada saat malam hari. 

Intinya atap skylight ini keren dan recommended banget deh! 

Nah apakah Anda tertarik untuk memasang konstruksi atap skylight ini pada rumah Anda?

Jika iya, maka mari lihat beberapa contoh gambar konstruksi atap skylight berikut ini. Anda bisa memilih salah satu model yang paling disukai, untuk kemudian menerapkannya pada rumah Anda.

Langsung aja simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Konstruksi Atap Skylight Ventilasi


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Building-supplies-online.co.uk

Konstruksi atap ini lebih mengutamakan pencahayaan yang terpapar secara alami dari sinar matahari. Penempatannya seperti sebuah jendela dengan ukuran yang lebih besar. Skylight ini dilengkapi dengan remote control yang akan menutup secara otomatis. Jadi tidak perlu khawatir jika ada seseorang yang mencoba masuk ke rumah tanpa izin.

2. Konstruksi Atap Skylight Tetap


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Velux.com

Biasanya konstruksi atap ini digunakan pada rumah yang bertingkat. atap ini digunakan dengan menempatkan skylight tepat di lantai tertinggi agar dapat menikmati pemandangan terutama pada saat malam hari. 

Namun, skylight ini tidak seperti konstruksi atau skylight ventilasi yang dapat dibuka dengan remote. Walaupun seperti itu, skylight tetap sangat cocok bagi yang memiliki kecintaan terhadap pemandangan langit.

3. Skylight dengan Jenis Tubular


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Hometips.com

Jika dibandingkan dengan konstruksi atap lainnya yang besar, skylight tubular relatif lebih kecil yang memiliki ukuran hanya sekitar 10-14 inch saja. Walaupun seperti itu, skylight ini justru memiliki keunggulan tersendiri, yaitu dapat memperkecil pancaran sinar matahari pada siang hari yang terik. 

4. Konstruksi Atap dengan Bahan Kayu


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Mehungry-phyllis.blogspot.com

Contoh konstruksi atap skylight selanjutnya yaitu menggunakan material kayu. Desain atap skylight dengan menggunakan kayu dapat juga dibuat dengan bentuk elegan, sesuai dengan interior yang menghiasi ruangan tersebut. 

Info Menarik Lainnya : 7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan

5. Bentuk Atap Skylight Piramida


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Pinterest

Skylight memiliki banyak macam yang menjadikan skylight popular bagi orang-orang yang memiliki kecintaan terhadap seni. 

Bentuk atap skylight yang menyerupai piramida ini dapat diletakkan di ruang santai maupun ruang keluarga. Agar dapat digunakan untuk menyegarkan pikiran dengan menatap pemandangan langit (saat siang dan malam hari yang cerah).

Info Menarik Lainnya : 8 Ide & Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!

6. Skylight Berbentuk Kubah


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Davisandburns (Instagram).

Jenis atap ini seringkali digunakan di ruangan tempat beribadah maupun tempat pertemuan, meski tak jarang rumah mewah pun menggunakannya. Tidak hanya memberikan kesan indah saat pasang, skylight kubah juga dapat memaparkan sinar matahari dengan baik ke seluruh ruangan. 

Jadi dengan adanya skylight ini ruangan tersebut menjadi hemat penggunaan listrik karena tidak membutuhkan lampu. Saat malam pun akan semakin indah dengan disuguhkan pemandangan langit malam.

Info Menarik Lainnya : Cara Menentukan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis Yang Ideal

7. Skylight dengan Material Kaca Tempered


7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya
Ilustrasi. Foto by : Fakrousa.com

Tidak seperti kaca pada umumnya, kaca tempered memiliki ketahanan yang lebih kuat terutama ketahanannya terhadap api. Dengan ketebalan mencapai 5 kali lipat dari kaca biasa, membuat skylight jenis ini tahan benturan dan tidak mudah pecah. Sehingga aman bagi penghuni rumah dibawahnya.

Itulah diatas 7 contoh gambar konstruksi atap skylight yang perlu Anda ketahui.  

Sebelum melakukan pemasangan konstruksi atap skylight, maka pertimbangkanlah keadaan konstruksi rumah dengan tipe atap skylight-nya. Sehingga hasilnya bisa cocok dan serasi. Hal ini akan sangat mempengaruhi, baik dari sisi keindahan rumah maupun konstruksi bangunan. 

Jika Anda belum paham model konstruksi atap skylight mana yang paling cocok dengan rumah Anda, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya. Sehingga bisa dihasilkan atap skylight yang terbaik bagi rumah Anda. Selamat mencoba!

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. 

Jangan lupa terus nantikan artikel menarik berikutnya ya. 😉

Post a Comment for "7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya"