Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

8 Ide & Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!

Ventilasi kamar mandi minimalis - Ventilasi berfungsi agar sirkulasi udara dapat mengalir lancar pada suatu ruangan. Ventilasi ini sendiri ada bermacam-macam modelnya. Tapi secara umum ada 2 jenis ventilasi yang paling dikenal dalam masyarakat Indonesia, yaitu ventilasi rumah dan ventilasi untuk industri (pabrik). 

Artikel kali ini akan fokus membahas ventilasi rumah, khususnya tentang ventilasi kamar mandi minimalis. 

Sedangkan untuk ventilasi industri insya Allah akan menyusul di artikel berikutnya. 

Mengenail ventilasi rumah, sebenarnya juga ada bermacam-macam jenisnya. Ada ventilasi untuk ruang dapur, ruang tengah, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dll. 

Jadi intinya setiap bagian ruangan rumah sebaiknya ada saluran ventilasi udaranya. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar di setiap bagian ruang rumah. Dengan demikian, sehingga rumah tersebut jadi lebih sehat dan terasa nyaman ditinggali.

Namun, walau setiap bagian rumah ada saluran ventilasi udaranya, tapi penerapannya tentu berbeda-beda antara ruang satu dengan yang lainnya. Ada ruangan yang ukuran ventilasinya besar, ada pula yang kecil.

Ventilasi yang ukuran besar contohnya pada ruang tamu dan ruang tengah. Ventilasi besar diperlukan diruangan tersebut, karena ruangan tamu dan tengah pada umumnya berukuran besar. Sehingga diperlukan aliran pertukaran udara yang besar melalui ventilasi tersebut.

Di sisi lain, ada juga ruangan yang ventilasinya tidak perlu terlalu besar, contohnya seperti ruang dapur dan kamar tidur. Dikedua ruangan ini cukup disediakan sebuah jendela berukuran sedang sebagai ventilasi udara. Jendela itu dibuka saat siang hari hari, dan ditutup saat malam hari. 

Ide Tentang Ventilasi Kamar Mandi Minimalis

Nah, ada juga ventilasi yang cukup berukuran kecil saja, yaitu ventilasi untuk ruang kamar mandi. 

Kenapa ventilasi kamar mandi tidak perlu berukuran besar?

Alasan pertama; Karena kamar mandi hanya digunakan sesaat dan di waktu-waktu tertentu saja. Yaitu saat akan mandi dan buang air besar/kecil. Selain itu, kamar mandi umumnya digunakan secara perorangan, jadi dengan ventilasi yang kecil sudah cukup untuk pertukaran udara bagi orang tersebut. 

Anda bisa paham 'kan maksudnya? 😉

Alasan kedua; Ya buat apa juga kamar mandi yang ukurannya kecil dikasi ventilasi yang besar-besar? Emangnya ruang tamu atau ruang tengah? Heheee 😁 Lagipula kalau ventilasinya besar, justru rawan jadi sarana ngintip bagi orang iseng/piktor,,, Hiiyyy serem! 😣

Oh iya,,, tanpa mengesampingkan fungsi utamanya, ventilasi sebenarnya bisa didesain agar menjadi lebih menarik. Sehingga ventilasi tersebut dapat makin mempercantik ruangan tersebut. Khususnya untuk kamar mandi minimalis yang identik dengan ruangan kecil, tapi harus tetap bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Berikut ini ada beberapa contoh desain ventilasi kamar mandi minimalis yang boleh Anda tiru.

Simak sampai tuntas yuk, cekidot!

1. Desain Ventilasi Model Minimalis 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.com

Ventilasi kamar mandi minimalis dengan desain ini akan membuat kamar mandi lebih elegan, modern, dan sirkulasi udara lebih lancar. Pasalnya ventilasi ini menggunakan bukaan di tengah jendela yang dapat dibuka tutup secara vertikal. Dengan desain ini, kamar mandi pun tidak akan pengap. 

2. Desain Ventilasi Model Fixed Windows Kecil 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : inspiresebanheiros (Instagram).

Keunggulan desain ini sangat cocok untuk digunakan pada ruangan kamar mandi yang berukuran kecil. Walaupun kecil, namun terdapat bukaan kunci aluminium yang dapat dibuka tutup untuk membuat sirkulasi udara lebih lancar. Ukurannya yang kecil tersebut sesuai dengan ukuran kamar mandi minimalis sehingga membuat ruangan tetap menarik. 

3. Desain Ventilasi Kamar Mandi Ukuran Sedang 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Vivadecora.com.br

Penggunaan desain ventilasi ini akan membuat sirkulasi udara pada kamar mandi menjadi lebih leluasa untuk memberikan udara yang lebih segar. Pasalnya, ukuran jendela pada kamar mandi ini meliputi hampir setengah ruangan kamar mandi minimalis. Dengan demikian, sirkulasi udara pun bisa keluar masuk lebih sempurna. 

4. Ventilasi Kamar Mandi dengan Desain Window Fixed 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Tuacasa.com.br

Ide desain ventilasi kamar mandi minimalis ini menggunakan model Windows Fixed,  yaitu jendela yang seakan ditanam paten pada tembok. Walaupun demikian, jendela ini masih bisa dibuka tutup melalui katup aluminium pada bagian bawah sisi jendela. Dengan demikian, ketika ingin membuat udara segar masuk bisa membuka katup jendela tersebut. 

Info Menarik Lainnya : 5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!

5. Ventilasi dengan Desain Jendela Kayu 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Matchness.com

Walaupun jendela untuk ventilasi ini terbuat dari kayu, namun tetap menampilkan sisi elegan. Desain ini adalah salah satu ventilasi kamar mandi minimalis yang direkomendasikan. Pemilik rumah pun bisa membuat udara segar masuk pada kamar mandi tersebut dengan membuka katup yang terdapat pada samping jendela. 

Info Menarik Lainnya : Cara Menentukan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis Yang Ideal

6. Desain Ventilasi dengan Jendela Aluminium 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Tuacasa.com.br

Penggunaan desain ini sangat cocok untuk digunakan pada kamar mandi minimalis pada ruangan serba putih. Dengan demikian, akan membuat kamar mandi menjadi lebih bersih. Terlebih, warna silver pada aluminium identik dengan steril dan higienis seperti yang banyak digunakan pada peralatan medis di dunia kesehatan. 

Info Menarik Lainnya : Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Yang Ideal

7. Desain Ventilasi Jendela Minimalis dengan Bentuk Bingkai Besar 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Tuacasa.com.br

Tanpa mengesampingkan nilai fungsionalnya sebagai ventilasi pada kamar mandi minimalis, desain yang satu ini sangat cocok untuk digunakan pada kamar mandi dengan gaya retro minimalis. Pasalnya, identik dengan bingkai yang besar pada jendela tersebut membuat tampilan kamar mandi lebih bergaya retro klasik dan elegan. Pemilik rumah pun bisa membuka tutup jendela tersebut dengan katup yang terdapat pada sisi jendela tersebut. 

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

8. Ventilasi Jendela dengan Desain Aluminium 


8 Ide Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Reciclaredecorar.com

Sekilas jendela tersebut tampak seperti tertanam pada dinding kamar mandi. Padahal, jendela tersebut masih bisa dapat dibuka tutup dengan kunci yang terdapat pada katup sisi jendela tersebut. Desain ventilasi ini cocok untuk digunakan pada ruangan kamar mandi dengan desain yang kecil namun tetap elegan, tanpa membuatnya terasa pengap. 

Info Menarik Lainnya : Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk

Itulah desain ventilasi kamar mandi minimalis yang menarik. Ukuran sangat mempengaruhi nilai estetika pada kamar mandi tersebut. Oleh sebab itu, beberapa inspirasi desain ventilasi dengan ukuran yang sesuai untuk kamar mandi minimalis akan membuat kamar mandi menjadi lebih menarik, nyaman, tanpa mengesampingkan nilai fungsionalnya. 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "8 Ide & Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk! "