Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!

Model ventilasi rumah kayu - Apakah Anda ada rencana untuk membangun rumah yang unik dari bahan kayu? Jika iya, maka jangan sampai lupa untuk memperhatikan salah satu bagian penting pada bangunan rumah kayu tersebut. Apa itu? Yaitu bagian ventilasinya.

Ventilasi ini sendiri memiliki fungsi yang sangat penting karena melalui sarana inilah udara bisa mengalir. Baik udara dari luar ke dalam rumah, maupun sebaliknya. Dengan adanya sirkulasi udara yang lancar ini, sehingga ruangan rumah tersebut menjadi lebih sehat dan nyaman.   

Lalu, kenapa rumah yang memiliki ventilasi yang baik itu jadi lebih sehat, dan terasa nyaman ditempati? Jawabannya karena ventilasi itu dapat mengatur suhu udara yang seimbang didalam ruangan rumah tersebut. Sehingga suhunya tidak terlalu lembab, juga tidak terlalu panas. Hal ini bisa terjadi karena adanya aliran sirkulasi udara yang lancar tersebut.

Pernahkah Anda merasakan hembusan angin sepoi-sepoi yang nyaman? Nah, hembusan angin yang lembut itu akan bisa Anda rasakan jika rumah Anda memiliki sistem ventilasi yang baik.  ;-)

Nah, selain sistem ventilasi yang baik, maka segi desain, model, dan gaya ventilasinya tentu juga perlu untuk diperhatikan. Hal ini terkait erat dengan nilai estetika dan keindahan tampilan rumah tersebut.

Model Ventilasi Rumah Kayu

Sebaiknya Anda bisa memilih dan menentukan model ventilasi yang cocok untuk rumahnya Anda. Banyak sekali model dan gaya desain ventilasi yang dapat Anda pilih. Ventilasi rumah dengan kesan alam yang natural adalah salah satunya.

Rumah yang terbuat dari kayu memang cocok untuk orang yang berjiwa petualang, namun tetap menginginkan kesan yang mewah. Karena kesan alamiahnya tersebut, sehingga model ventilasi rumah kayu biasanya berbentuk tinggi dan lebar.

Berikut ini ada beberapa model ventilasi rumah kayu yang dapat Anda pilih.

Cekidot!

1. Ventilasi Jendela Besar

Model ventilasi yang satu ini memang yang paling banyak digunakan. Model yang ini dapat digunakan di segala ruangan, mulai dari kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, hingga dapur. Jendela yang besar dapat menyerap udara yang baik dan pastinya memberikan sirkulasi yang baik untuk ruangan. Untuk ruangan depan jendela dapat dikombinasikan dengan pintu yang berwarna senada.


5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Rumah.com


Keberadaan jendela di kamar tidur sangat penting, karena selain untuk ventilasi, adanya jendela di kamar tidur juga bisa memanjakan mata karena dapat melihat pemandangan di sekitar kamar tanpa harus keluar rumah. Selain itu, cahaya matahari yang masuk dapat jendela juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di dalam kamar.

2. Ventilasi dengan Kaca Nako


5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.com

Model yang satu ini banyak digunakan rumah era 80an. Namun jangan salah, saat ini banyak kaca nako yang dibuat dengan desain lebih modern. Keunggulan kaca nako sendiri adalah dapat menyerap udara lebih banyak sehingga dapat mengurangi pemakaian penyejuk udara di dalam rumah, jadi biaya listrik oun akan menjadi lebih irit.

Namun kekurangannya adalah, karena bentuknya yang bersusun kaca nako agak sedikit sulit dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan selain bersusun, kaca nako juga memiliki sekat yang menahan kaca agar tidak jatuh. Sehingga ketika ingin membersihkannya harus dibongkar terlebih dahulu.

Info Menarik Lainnya : Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk

3. Ventilasi dengan Lopster


5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Arafuru.com




Berbeda dengan kaca nako yang lebih sering digunakan di bagian luar rumah, model ventilasi rumah kayu yang satu ini juga dapat dimanfaatkan di dalam rumah sebagai partisi atau sekat antar ruang. Selain itu dengan bentuknya yang beraneka ragam, ventilasi lopster pun memberikan nilai estetika tersendiri dibandingkan yang lain.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

4. Ventilasi dengan Model Slide


5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Katherine Lu.

Model Ventilasi yang satu ini dapat menjadi dua fungsi, yaitu pintu dan jendela, tergantung ukuran yang dipilih. Jika ukurannya agak kecil, biasanya hanya dijadikan jendela biasa, namun jika ukurannya tinggi dan besar bisa dijadikan akses keluar masuk.

Untuk ukuran kecil, biasanya digunakan untuk ruangan yang lebih kecil, seperti dapur atau kamar, namun jika besar digunakan untuk ruangan yang lebih besar, seperti ruang keluarga. Aksesnya pun biasanya lebih ke arah halaman belakang atau teras.

Info Menarik Lainnya : Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Yang Ideal

5. Ventilasi Exhaust Fan


5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Sanitairsupershop.nl

Berbeda dengan sebelumnya yang lebih alami, model ventilasi yang satu ini harus memakai listrik. Biasanya exhaust fan atau yang biasa disebut hexos dipasang di toilet atau kamar mandi yang ventilasi atau sirkulasi udaranya kurang memadai. Terutama jika toilet berada di tengah-tengah ruangan. Kebanyakan hexos dipasang di langit-langit kamar mandi atau dinding.

Namun jangan salah, walaupun sering dipakai untuk toilet, hexos juga sering digunakan untuk ventilasi dapur atau kamar tidur. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau kurang sedap terutama jika ruangan tersebut tidak memiliki tempat yang cukup untuk membuat jendela.

Itulah beberapa pilihan model ventilasi rumah kayu yang bisa memberikan inspirasi untuk  yang sedang merenovasi atau membangun rumah. Ventilasi memang sangat penting, karena selain memberikan kesejukan alami dalam rumah, juga memberikan cahaya yang cukup sehingga rumah tidak lembab dan dapat pertumbuhan bakteri dan jamur. Rumah pun menjadi lebih sehat.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!"