Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan

Ventilasi atap dapur termasuk salah satu bagian yang penting pada sebuah rumah.  Karena ventilasi itu akan berfungsi sebagai sarana sirkulasi udara di dapur tersebut.

Dapur termasuk salah satu ruangan rumah yang harus memiliki ventilasi. Bahkan bisa dikatakan "hukumnya wajib" harus ada. Betapa tidak? Coba saja Anda bayangkan sendiri jika ruangan dapur dirumah Anda tidak ada ventilasinya?

Alhasil dijamin hawa ruangan rumah Anda akan terasa pengap dan penuh dengan aroma asap. Itulah sebabnya, kenapa penulis katakan ventilasi udara wajib harus ada diruangan dapur.  

Selain untuk mengeluarkan asap dari sisa proses memasak, ventilasi juga berfungsi sebagai sarana tempat masuknya udara segar dari luar. Tentu orang yang berada di dapur butuh dengan oksigen bukan? 

Nah, pertukaran antara asap dapur yang mengandung kabondioksida dengan hawa udara dari luar yang mengandung oksigen, semuanya terjadi melalui ventilasi dapur tersebut.

Selain berfungsi untuk tempat sirkulasi udara, ventilasi atap dapur juga memiliki fungsi penting lainnya pada sebuah rumah.

Apa itu?

Yaitu untuk mempercantik tampilan interior dapur Anda. Tentu saja ruang dapur yang cantik itu hanya akan terwujud, jika Anda pandai memilih model ventilasi atap yang cocok dengan desain dapur Anda. 

Lihat contoh ventilasi atap dapur yang sangat serasi dengan desain ruangannya dibawah ini.


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Idea.grid.id

Berikut ini akan diulas tentang 7 model ventilasi atap dapur yang paling keren dan direkomendasikan untuk Anda.

Simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Ventilasi dengan Desain Terbuka


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Pinterest


Gambar diatas adalah jenis ventilasi dengan desain atap terbuka. Pada jenis ventilasi ini berbentuk seperti jendela sehingga pengguna dapur bisa bebas kapan saja membuka dan menutupnya. 

Biasanya ventilasi dengan desain terbuka seperti ini cocok diletakkan di bagian yang dekat dengan pembuangan asap atau kompor. Jadi, saat beraktivitas di pagi hari pemilik rumah bisa membukanya dan saat menjelang malam bisa menutupnya. Atau tergantung dari kebutuhan.

2. Ventilasi Sederhana di Sepanjang Dinding Atas


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Pinterest

Model Ventilasi atap dapur semacam ini sangat cocok untuk dapur minimalis agar sirkulasi udara lebih lancar. Selain itu keberadaan ventilasi seperti ini juga tetap berkesan simpel dan mudah saat hendak membersihkan bagian ventilasi di kemudian hari. 

3. Ventilasi Dengan Atap Lubang Kotak-Kotak


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Velux.co.uk

Selain estetika lubang kotak-kotak ini sangat cocok untuk pemilik dapur yang menginginkan masuknya udara lebih maksimal. Lubang ini bisa diletakkan di atap dapur secara berderet atau pada dinding atas dapur. Pemasangan ventilasi semacam ini membuat dapur tampak indah dan nyaman dipandang. 

Ventilasi berbentuk kotak-kotak ini bisa dibuat dengan kotak-kotak kecil atau kotak-kotak agak besar. Tergantung bagaimana bentuk ruangan juga kebutuhan akan ventilasi tersebut. Jadi semakin sesuai dengan kebutuhan maka kegunaan ventilasi ini bisa maksimal.

4. Ventilasi Dengan Model Bersilang-silang


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Onekindesign.com

Desain atap dapur berikutnya adalah dengan model silang. Dimana banyak sekali rumah minimalis menggunakan model semacam ini. Selain memiliki nilai estetik yang tinggi. Ventilasi semacam ini cukup efektif untuk membuang udara kotor dari dapur yang ukurannya lebih terbatas. Jadi sangat cocok untuk dapur minimalis.

Info Menarik Lainnya : Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui

5. Ventilasi dengan Atap dengan Paduan Atap Bening


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Temonggo.com

Bagi pemilik dapur yang memiliki ukuran yang luas, maka desain ventilasi atap yang berongga banyak dan paduan atap bening ini sangat cocok. Terlebih keduanya memiliki fungsi yang efektif untuk dapur. Rongga-rongga yang berfungsi sebagai keluar masuk udara. 

Ditambah dengan atap bening yang bisa mengurangi penggunaan listrik di siang hari. Pasalnya atap semacam ini bisa membuat ruangan tampak lebih terang karena cahaya dari luar ikut masuk ke dalam ruangan.

Info Menarik Lainnya : 8 Ide & Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!

6. Ventilasi Saluran Cerobong Atap dan Jendela dengan Sekat Bergaris


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Mobilehomesdirect4less.com

Bagi pemilik rumah yang menyukai konsep dapur minimalis, maka penggunaan ventilasi saluran cerobong atap dapur dan jendela dengan sekat garis-garis ini bisa jadi rekomendasi.  Pasalnya model ventilasi ini banyak fungsinya, karena sangat efektif untuk jalan keluar masuknya udara. 

Jadi, tidak perlu lagi khawatir saat memasak asap akan segera keluar dari dapur dan berganti dengan udara segar di luar. Selain fungsi tersebut, desain ventilasi ini juga akan menambah nilai desain interior dan eksterior dari ruangan tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Menentukan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis Yang Ideal

7. Ventilasi dengan Kotak Besar Ditengah 


7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan
Ilustrasi. Foto by : Lovechicliving.co.uk

Ventilasi ini simpel dan cocok untuk dapur yang memiliki ukuran lebih luas. Pasalnya selain sebagai ventilasi desain kotak besar di tengah ruangan ini juga menjadi salah satu yang menonjol dalam ruangan tersebut. Bisa sekaligus untuk menambah nilai estetika dalam dapur tersebut. 

Demikianlah 7 model ventilasi atap dapur yang keren dan paling direkomendasikan. Kebutuhan ventilasi di sebuah ruangan sangat penting. Selain itu, pemilihan desain juga bisa menambah nilai estetik dalam ruangan tersebut. 

Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan"