Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui

Macam Macam Ventilasi Udara - Pernahkah terpikirkan oleh kita beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah sirkulasi udara di rumah kita sudah lancar?
  • Apakah setiap ruangan dirumah kita sudah ada ventilasi udaranya? Seperti ruang tamu, ruang tengah, ruang kamar, dapur, hingga kamar mandi. Sudahkah kita cek dan pastikan bahwa disetiap ruangan itu sudah memiliki ventilasi udara?  
  • Apakah Anda sudah yakin setiap bagian rumah Anda udaranya sehat? Ciri udara rumah yang sehat itu tidak lembab dan juga tidak pengap. Dan semua ciri hanya akan bisa muncul jika rumah kita memiliki sistem ventilasi udara yang baik.

Kenapa beberapa pertanyaan diatas perlu untuk dipikirkan dan dijawab?

Karena ada sebagian orang yang cenderung abai (cuek) dengan masalah sirkulasi dan ventilasi udara dirumahnya. Padahal ventilasi rumah memiliki fungsi yang sangat penting, karena akan membuat hawa udara dirumah menjadi sehat.  

Selain berfungsi sebagai sarana sirkulasi udara, sebenarnya ventilasi rumah punya fungsi penting lainnya lho! Apa itu? Yakni akan dapat mempercantik tampilan rumah Anda. Betul 'kan? Saya yakin Anda semua pasti sependapat tentang hal ini.

Sekarang coba saja Anda bayangkan jika sebuah rumah sangat minim sekali ventilasi udaranya. Ventilasi yang ada hanya berupa pintu utama dibagian depan dan belakang rumah saja. Sisanya hanya teridiri dari tembok beton tok! Nah, bagaimana kira-kira perasaan Anda melihatnya? Pasti rumahnya akan tampak membosankan bukan? 

Nah, karena begitu pentingnya fungsi ventilasi ini, sehingga banyak muncul macam macam model ventilasi udara.

Anda dapat memilih model ventilasi rumah yang paling cocok dengan gaya desain rumah Anda. Berbagai macam model ventilasi tersebut memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. 

So, agar lebih tepat dalam memilih model ventilasi rumah yang paling sesuai, yuk simak macam macam ventilasi udara berikut ini.

Cekidot!

1. Nako, Jenis Ventilasi Kaca


Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi. Foto by : Gjames

Ketika memilih ventilasi yang digunakan di rumah kaca,  Nako mau menjadi pilihan yang sangat tepat. Meskipun desain yang ada hampir mirip dengan jalusi atau krepyak, namun material yang ada tentu berbeda. 

Sistem yang ada pada ventilasi ini terbilang fleksibel karena bisa disesuaikan untuk mengatur siklus udara.  Untuk jenis ventilasi in8 banyak digunakan untuk rumah minimalis yang memiliki konsep natural alam. Berbicara mengenai harga,  ventilasi ini lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya. 

2. Ventilasi Krepyak atau Jalusi


Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi. Foto by : Isibangunan.com

Untuk ventilasi yang satu ini memiliki sebuah ruas yang terbilang lebar untuk dijadikan sarana masuk keluarnya udara.  Model yang satu ini sangat familiar dan banyak digunakan oleh pendesain ruangan. 

Dengan bahan dari kayu menjadikan ventilasi jenis ini terbilang klasik.  Meskipun kayu bukan menjadi bahan utama, ada pula yang menggunakan alumunium saat membuatnya.

Jalusi memiliki model yang sangat sederhana lain halnya dengan krepyak yang terbilang sangat unik dan juga dengan ciri khasnya.  Bagi rumah minimalis, jenis ventilasi ini sangat cocok untuk dipasang. 

3. Rumah Ventilasi Boven


Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi.

Baik bagi perumahan tradisional maupun modern, maka ventilasi boven ini merupakan yang paling familiar digunakan. Dengan desain menyatu dengan jendela atau terpisah menjadi pilihan yang banyak disukai. 

Tidak hanya jenisnya saja. Berbagai bentuk yang ada juga bisa disesuaikan dengan keinginan.  Macam macam ventilasi udara jenis boven ini antara lain berbentuk bulat, persegi, segitiga, atau bentuk yang lainnya. 

Meskipun kebanyakan terbuat dari kayu,  namun jenis boven ini juga bisa dibuat dari kaca.  Tak heran ventilasi ini cocok dijadikan ventilasi di kamar mandi,  yang menjadikan siklus udara lebih lancar.  

Info Menarik Lainnya : 8 Ide & Desain Ventilasi Kamar Mandi Minimalis, Lihat Yuk!

4. Ventilasi Mekanis


Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi. Foto by : Homify.co.id

Jenis atau model ventilasi ini memiliki gaya mekanik dan biasa digunakan untuk ruangan lebih terbuka. Meskipun ruangan terbuka bukan berarti kita membebaskan ventilasi,  tetap alat siklus udara ini sangat dibutuhkan. 

Biasanya ventilasi mekanik ini dipasang di dinding ruangan, baik ruang pokok maupun bagian tengah.  

Dengan cara kerja dua arah meliputi membuang udara serta mengalirkan udara,  tentu tak heran ukuran yang ada lebih besar. Biasanya ventilasi ini membutuhkan listrik yang lebih besar pula. 

Info Menarik Lainnya : Cara Menentukan Ukuran Ventilasi Rumah Minimalis Yang Ideal

5. Loster Ventilasi


Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi. Foto by : Shopee

Ketika Anda ingin memiliki ventilasi rumah yang memiliki kesan natural, maka ventilasi loster bisa menjadi pilihannya. Desain yang Anda inginkan bisa dipesan ketika memilih jenis ventilasi ini. 

Bahkan beberapa desain yang ada terbilang sangat unik. Biasanya ventilasi loster ini ditambahkan untuk sudut rumah sehingga menambah nilai arsitekturnya. 

Info Menarik Lainnya : 5 Model Ventilasi Rumah Kayu Ini Unik Sekali, Lihat Yuk!

Modelnya yang sangat beragam menjadikan pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan desain rumah.  Tidak hanya kamar mandi saja yang cocok untuk pemasangan ventilasi ini, kamar pribadi juga bisa dengan menggunakan ventilasi jenis loster ini.

Macam macam ventilasi udara ini tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan dan juga manfaat yang ada. Semakin tepat pemilihan ventilasi, tentu siklus udara akan lebih maksimal. Pastikan untuk mengetahui apa saja keunggulan dan juga kegunaan setiap ventilasi yang ada agar tidak salah pilih. 

Semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan lupa terus nantikan artikel menarik selanjutnya ya! 😉

Post a Comment for "Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui"