Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih

Plafon teras rumah minimalis - Rumah bergaya minimalis cukup digemari masyarakat Indonesia pada saat ini. Selain karena gaya desainnya yang unik, kebanyakan rumah minimalis yang ada negara kita memiliki ukuran sesuai dengan istilah "rumah minimalis" itu. Jadi istilah tersebut dipahami secara letterlijk (arti secara harafiah). 

Artinya "rumah minimalis" yang dipahami oleh kebanyakan masyarakat adalah bentuk rumah dengan ukuran yang sederhana dan minim dekorasi/ornamen.

Padahal sebenarnya tidak sepenuhnya bermakna seperti itu.

Apa sebab?

Karena sangat banyak rumah-rumah gedongan di komplek perumahan mewah yang juga mengusung gaya "rumah minimalis". Nah, yang dimaksud minimalis disini adalah dari sisi dekorasi dan ornamennya, bukan ukuran rumahnya.

Justru ukurannya rumahnya malah besar-besar dan mewah, namun dengan desain yang simpel dan jumlah ornamen interior yang ditekan dengan seminimal mungkin. Karena gaya rumah minimalis memiliki ciri khas mengutamakan keleluasaan pandangan, sehingga tidak perlu terlalu banyak ornamen interior didalam ruangannya.


5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi rumah bergaya minimalis.


Sebenarnya tidak jadi masalah jika masyarakat kebanyakan memiliki pemahaman secara letterlijk (seperti paragraf pertama diatas). Toh gak ada merugikan siapapun kok,,, iya 'kan?

Namun penulis hanya ingin menjelaskan bahwa isi artikel ini konteksnya ditujukan untuk orang-orang yang memiliki teras rumah minimalis secara makna letterlijk. Artinya yang ukuran teras rumahnya memang benar-benar kecil secara harafiah. 

Memiliki rumah yang berukuran minimalis (baca: kecil) memang cukup menuntut kita agar bisa lebih kreatif dalam menatanya. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membangun rumah model tersebut.

Salah satunya adalah dalam pemilihan bahan plafon teras rumah minimalis yang tepat.

Ada beberapa bahan yang bisa dipergunakan untuk plafon teras. Pengguna bisa memilih bahan yang harganya sesuai dengan budget atau model seperti apa yang Anda inginkan.

Jika masih merasa bingung, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa referensi tentang plafon teras rumah minimalis yang bisa Anda tiru.

Simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Teras Mini Menggunakan Plafon Dak Beton



5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Pinterest


Siapa bilang tidak bisa menghadirkan kesan spesial di teras sempit? Seperti yang terlihat pada gambar, penampakan teras mini bisa terlihat cantik bukan? Hal tersebut salah satunya disebabkan karena pemilihan plafon teras yang simple. Menggunakan dak beton yang memberikan kesan modern sekaligus minimalis.

Tidak hanya terlihat menarik, jenis plafon teras rumah berbahan dak beton ini juga punya banyak kelebihan. Mulai dari tahan lama sampai tahan terhadap terpaan cuaca. Terutama dari panasnya terik matahari. Seiring dengan keunggulannya, plafon dak beton ini harganya relatif lebih mahal. Tapi cukup sepadan dengan kualitasnya tentu saja.

2. Menghadirkan Kesan Natural dengan Memilih Plafon Teras Material Kayu



5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi. 


Bagi yang suka dengan nuansa alam, ada baiknya memilih plafon teras rumah minimalis dari material kayu. Seperti yang terlihat pada gambar, teras rumah sengaja dibuat menyambung dengan kanopi. Ini juga bisa dipergunakan sekalian sebagai carport mobil. Supaya lebih terkesan natural, beberapa eksterior rumah bisa dicat menggunakan warna senada.

Misalkan pilih warna coklat sehingga benar-benar seperti menyatu dengan alam. Bagian tengah plafon bisa ditambahkan lampu unik sebagai penerangan dan hiasan. Plafon dari bahan kayu juga terkenal cukup tahan dengan cuaca. Sayangnya rawan serangan rayap dan warnanya sedikit lebih mudah luntur jika kurang benar merawatnya.

3. Kesan Mewah dari Plafon Bahan Kaca



5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Pinterest


Rumah minimalis juga bisa dengan mudah dibuat menjadi terkesan mewah. Salah satu caranya adalah dengan memilih bahan plafon teras dari bahan kaca. Seperti yang terlihat pada gambar, teras rumah jadi lebih spesial karena dibuat dari kaca. Meskipun dapat memberikan kesan mewah, bukan berarti plafon dari kaca tidak punya kelemahan.

Plafon kaca hanya disayangkan dari segi harga yang masih tergolong mahal. Apalagi sampai sekarang bahan kaca memang masih identik dengan penggunaan untuk carport. Tapi demi menghadirkan kesan mewah pada rumah minimalis, teras plafon kaca masih bisa dicoba.

4. Teras Plafon Gypsum



5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Pinterest


Beberapa penggemar rumah minimalis juga diketahui menggunakan material gypsum sebagai bahan plafon rumah. Material ini termasuk mudah dibentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Harganya pun relatif lebih terjangkau dibanding bahan lainnya. Selain itu gypsum juga tergolong lebih kuat terutama dari air.

Dalam pengaplikasiannya, bahan gypsum ini akan dibentuk atau dicetak sesuai keinginan. Lalu karena penggunaanya di teras, jadi nanti bagian atasnya akan ditutup menggunakan material lain. Contohnya saja seperti genteng atau bahan lain.

5. Plafon Teras Rumah Minimalis Bahan PVC



5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Pinterest


Bila masih bingung, coba saja dengan memilih material PVC untuk teras rumah minimalis. Meskipun pada umumnya bahan PVC ini lebih familiar dipergunakan untuk interior rumah. Namun siapa sangka ketika dipasang untuk plafon pun bisa membuat tampilan teras menjadi lebih menarik.

Ditambah lagi plafon pvc ini punya banyak kelebihan. Mulai dari anti rayap, tahan terhadap api dan air, ringan, serta cukup mudah dirawat. PVC ini lebih mahal harganya dari bahan gypsum, namun kualitasnya lebih terjamin.

Demikianlah beberapa rekomendasi plafon teras rumah minimalis yang bisa Anda pilih. Semoga informasi di atas bisa jadi bahan referensi bagi Anda. Tinggal pintar-pintar saja memilih warna plafon yang sesuai, sehingga teras rumah Anda jadi terlihat semakin menarik.

Jangan lupa terus nantikan artikel menarik selanjutnya ya! 😉

Post a Comment for "5 Bahan Plafon Teras Rumah Minimalis yang Bisa Anda Pilih"