Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan

Cara pasang atap baja ringan - Pada zaman dahulu bisa dikatakan semua rangka atap rumah di Indonesia terbuat dari bahan kayu. Kemudian setelah zaman semakin berkembang, maka mulai hadir jenis rangka rumah baru  yang terbuat dari bahan baja ringan. 


Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan
Ilustrasi. Foto by : Tukang Jadi Jadian (Youtube).

Baja Ringan Versus Kayu

Rangka baja ringan ini memiliki beberapa kelebihan (jika dibandingkan dengan bahan rangka kayu).

Diantara kelebihannya yaitu sebagai berikut:

Rangka Baja Relatif Lebih Ramah Terhadap Kelestarian Lingkungan

Seperti yang telah kita ketahui kondisi hutan di Indonesia semakin mengkhawatirkan dari waktu ke waktu. Hal ini adalah efek dari pemakaian bahan baku kayu secara massif sejak zaman dahulu. Nah dengan hadirnya bahan baja ringan ini dapat menjadi solusi alternatif pengganti bahan kayu. Sehingga kelestarian alam bisa kita jaga dan perbaiki kembali. 

Harga Baja Ringan Kini Telah Lebih Murah Daripada Bahan Kayu 

Mungkin timbul pertanyaan: "Kok bisa begitu? Bukannya lebih murah bahan baku kayu?

Jawabannya: Kalau di zaman dahulu mungkin iya lebih murah harga bahan baku kayu. Sebab dulu pohon-pohon yang ada di hutan masih banyak. Selain itu, dulu penebangan liar banyak terjadi, sehingga bahan kayu banyak beredar di pasaran. Itulah yang membuat harga kayu menjadi murah.  

Nah sangat berbeda dengan kondisi saat ini, dimana hutan sudah diawasi sangat ketat oleh pemerintah. Sehingga orang sudah tidak bisa lagi menebang pohon secara serampangan tanpa izin. Akibatnya harga kayu pun menjadi mahal, karena sudah tidak mudah untuk mendapatkannya.

Rangka Baja Ringan Aman Dari Rayap, Sedangkan Rangka Kayu Tidak 

Ini termasuk perbedaan dan kelebihan mendasar antara bahan baja ringan dengan bahan kayu. Baja ringan jelas tidak akan pernah bisa dirusak oleh rayap. Sedangkan bahan kayu bisa dirusak oleh rayap (kecuali jenis tertentu seperti kayu jati yang harganya sangat mahal).  

Demikianlah diatas beberapa kelebihan paling utama rangka baja ringan jika dibandingkan dengan bahan kayu. Oleh karena itu, jika ada diantara Anda yang berencana ingin membangun rumah, maka bahan baja ringan ini sangat direkomendasikan untuk atap rumah Anda.

Cara Pasang Atap Baja Ringan

Rangka baja ringan saat ini banyak digunakan untuk melengkapi desain rumah bergaya minimalis. Ketika memasang atap baja yang ringan, maka dibutuhkan ketelitian dalam pemasangannya. Ada beberapa teknis dasar yang perlu diperhatikan saat memasang atap baja ringan ini.

Berikut cara pasang atap baja ringan berdasarkan teknik dasarnya. Simak penjelasannya hingga tuntas yuk.

Cekidot! 

1. Pilih Baja Ringan Berkualitas


Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan
Ilustrasi. Foto by : Merkbagus.id


Tahapan paling awal saat akan memasang atap baja ringan ini yaitu memilih bahan yang berkualitas. Tujuannya agar hasil yang didapat dapat lebih maksimal dan memuaskan. Ketahanan rangka atap sangat dipengaruhi oleh kualitas baja ringan yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak asal menggunakan bahan untuk atap rumah Anda. 

Banyak manfaat yang akan diperoleh jika bahan yang digunakan memiliki kualitas bagus. Bukan hanya dalam hal ketahanan. Manfaat lainnya pada kekuatan atap baja ringan ini dapat menghadapi segala cuaca dan kondisi yang tidak menentu. Kualitas baja ringan dilihat dari ketebalan lapisan, mutu tinggi dan profil yang tipis.

2. Leveling dan Marking

Pada tahap ini pastikan semua ring balok yang digunakan itu rata dan siku. Bisa juga menggunakan selang bantu dan alat penyiku untuk alat bantu yang digunakannya. Pada setiap rangkaian yang ada pastikan mengikat semua bagian.

Berikan penanda untuk setiap kuda-kuda yang ada sebagaimana gambar rangka atap yang telah direncanakan. Ukur setiap jarak yang ada pada kuda-kuda agar rangka yang dibuat dapat diaplikasikan dengan baik. Butuh ketelitian dalam mengukur, agar tidak ada ukuran yang salah. Karena kesalahan pada ukuran yang dibuat dapat berakibat fatal dan harus diulangi.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Model Atap Baja Ringan Miring Untuk Rumah Minimalis 

3. Pasang Rangka Atap


Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan
Ilustrasi. Foto by : Builtz.co.id

Saat memasang rangka atap dapat dilakukan dengan cermat. Hal ini karena terdapat banyak batang yang akan berguna untuk menanggung beban yang diberikan. Pemasangan jarak pada kuda-kuda juga harus disesuaikan dengan penutup atap yang akan dipakai. Ada banyak profil baja ringan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Setiap elemen baja yang disusun menjadi kerangka ini disambungkan dengan baut mekanik sendiri. Pada saat pemasangan baut dapat disesuaikan dengan gambar rangka yang telah disediakan. Apabila pemasangan rangka dilakukan dengan baik dan benar, maka kualitas yang dihasilkan dapat lebih terjamin.

Artikel Menarik Lainnya : Kenali 5 Jenis Atap Rumah Multiroof ini Sebelum Membangun

4. Memasang Kuda-kuda

Pada saat akan mengangkat kuda-kuda yang telah dirangkai itu, maka Anda perlu berhati-hati (agar terjatuh, patah, dan rusak). Pastikan pula posisi kuda-kuda yang ada tidak terbalik, hal ini karena dapat berpengaruh pada proses pemasangan. 

Pastikan cara pasang atap baja ringan untuk kuda-kudanya telah dilakukan dengan benar (berhasil diangkat dan dinaikkan dengan baik).

Langkah berikutnya yaitu memeriksa kuda-kuda yang telah dinaikkan itu tidak ada kecacatan atau salah pasang. Apabila sudah di periksa, kontrol posisi kuda-kuda yang berdiri tegak agar tidak tergoyahkan menggunakan benang dan lot. 

Jangan lupa untuk mengencangkan kembali setiap bagian kuda-kuda agar tetap terpasang dengan kuat.

5. Pasang Penutup Atap


Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan
Ilustrasi. Foto by : Pengadaan.web.id


Ketika memasang penutup atap ini pastikan kuda-kuda yang ada sesuai dengan nomor kedataran dan komponen lainnya telah sesuai juga. Kemudian tentukan jarak reng yang mana yang telah sesuai dengan jenis penutup yang digunakan. 

Langkah berikutnya pasang satu jalur untuk penutupnya yang searah dari bawah ke atas.

Pada saat pemasangan jalur itu harus dipasang dengan rapi dan lurus. Gunakan perasaan saat memasangnya agar tidak belok-belok. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh pada hasil akhir nantinya. Butuh konsentrasi dan ketelitian dalam pemasangan, agar atap dapat terlihat menarik dan hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Demikian uraian singkat cara pasang atap baja ringan yang dapat dijadikan referensi saat memasang atap sendiri tanpa bantuan tukang. Kebolehan dalam memasang atap juga dipertaruhkan, karena tidak dapat menggunakan sembarang cara.

Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan"