Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya

Contoh rumah atap galvalum - Sudah tahukah Anda apa itu atap rumah galvalum? Ini adalah sejenis atap yang terbuat dari logam/metal. Kebanyakan orang awam menyebutnya sebagai atap baja ringan. 

Istilah "galvalum" sendiri merupakan perpaduan dari kata galvanis dan alumunium.

Jenis atap ini telah lama populer diluar negeri. Namun belakangan ini atap galvalum juga sudah banyak digunakan oleh orang Indonesia. Penggunanya paling banyak di kalangan masyarakat perkotaan. Atap galvalum banyak ditemukan pada bangunan yang ada di komplek perumahan. Tapi ada juga masyarakat umum yang menggunakannya (rumah pribadi yang berada diluar komplek).  

Atap galvalum ini ada yang berwarna putih polos, abu-abu, dan warna yang lainnya. 

Yuk lihat foto-fotonya berikut ini.

1. Galvalum Putih 

Untuk atap galvalum putih polos, lihat contohnya dibawah ini.


5 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi atap galvalum putih polos.

2. Atap Galvalum Abu-abu.

Lihat fotonya dibawah ini.


5 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi atap galvalum abu-abu.

3. Atap Galvalum Berwarna

Salah satunya atap galvalum berwarna biru dibawah ini.


5 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi atap galvalum warna biru.

Intinya kehadiran atap galvalum ini mulai menggeser eksistensi atap dari rangka kayu dengan genteng bahan tanah liat atau asbes. Tentu kita semua sudah tahu bahwa atap rangka kayu, genteng tanah liat dan asbes telah biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. 

Nah, kini atap galvalum telah hadir menghiasi atap-atap rumah di negara kita. Ada yang menggunakannnya untuk atap utama (keseluruhan bangunan rumah seperti tampak pada foto-foto diatas). Dan ada juga yang memakainya sebagai bagian atap teras rumah (nanti ada foto-fotonya dibagian bawah).

Lalu, apa sih kelebihan atap galvalum ini sehingga mulai banyak dipilih orang?

Keunggulan atap galvalum diantaranya sbb:

Kelebihan utama dari galvalum yaitu sifatnya yang kuat, tidak mudah berkarat dan anti rayap. 

Sehingga membuat jenis atap galvalum ini lebih tahan lama. Berbeda sekali dengan rangka kayu, genteng tanah liat dan asbes yang tidak tahan terhadap rayap dan benturan. Genteng tanah liat dan asbes bisa pecah kena benturan, sedangkan galvalum tidak.

Bobot rangkanya lebih ringan. 

Mungkin hal inilah yang membuat atap galvalum disebut sebagai baja ringan. Karena memang bobotnya lebih ringan daripada rangka kayu. Lihat foto ilustrasi rangka baja ringan tersebut dibawah ini.


5 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi.

Bobot yang ringan ini membuat atap galvalum menjadi aman bagi pondasi bangunan yang lainnya (tidak mudah roboh).

Tampilan atapnya terkesan lebih unik, keren dan kekinian.

Memang hal ini bersifat relatif, karena penilaian tiap orang bisa jadi berbeda-beda. Namun karena penggunaan atap galvalum ini belum sebanyak genteng asbes dan tanah liat, sehingga membuatnya jadi terlihat lebih unik dan kekinian. 

Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakan jenis atap galvalum ini? Baik untuk keseluruhan bagian atap rumah, maupun untuk bagian terasnya saja. Jika iya, yuk simak pembahasan selanjutnya dibawah ini.

Karena sebelumnya diatas sudah saya lampirkan contoh atap rumahnya (secara keseluruhan), maka berikut ini giliran saya lampirkan contoh untuk bagian atap terasnya. 

Simak terus hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Kanopi Holow Galvanis


5 Contoh Rumah Atap Galvalum Terbaik & Keunggulannya
Ilustrasi. Foto by : Kanopigarasi.wordpress.com

Pada galvalum ini digunakan pada bagian depan rumah, tepatnya kegunaan dari atap ini biasanya untuk tempat parkir. Tidak jarang model galvalum yang seperti ini ditemui pada berbagai tempat terbuka. Hal ini karena kuatnya bahan benda ini untuk melawan panas dan dinginnya musim, tetap saja kuat dan tidak retak.

Apalagi dengan keberadaan atap galvalum ini membuat suatu rumah terkesan minimalis dan mewah. Keindahan pada bahan ini memang menarik banyak perhatian hampir pada semua kalangan menyukai bahan ini. Warna pada galvalum juga netral, jadi dapat menyatu dengan beragam warna pada dinding-dinding rumah.

Info Menarik Lainnya : 7 Atap Kanopi Bening ini Direkomendasikan Untuk Anda

2. Kanopi Rumah


5 Contoh Rumah Atap Galvalum Terbaik & Keunggulannya
Ilustrasi. Foto by : Thailetgo.com

Sebagaimana yang terlihat pada gambar bahwa atap galvalum yang digunakan di sini itu diletakkan pada bagian teras rumah. Peletakkan atap ini membuat rumah menjadi semakin menawan dan terlihat lebih kokoh. Berbagai warna dapat dituangkan pada atap galvalum ini supaya terkesan lebih menarik dan menyegarkan mata sesuai dengan keinginan.

Besi yang digunakan sebagai penyangga atap galvalum ini juga harus kuat dan memiliki ketebalan yang tepat sesuai ukuran atap. Hal ini tidak dapat disepelekan, karena galvalum tidak dapat berdiri dengan kokoh tanpa penyangga yang kuat.

Info Menarik Lainnya : Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda

3. Pergolas Metal


5 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi. Foto by : Pergolas-plus.com.au

Bentuk yang digunakan memang sama saja dengan lainnya, namun pada galvalum jenis ini sangat bagus digunakan pada tempat yang tidak bersuhu normal. Apabila musim dingin, atap ini akan membuat suhu ruangan pada bawah atap menjadi tidak terlalu dingin. Sebaliknya, jika suhu panas juga udara pada bawah atap tidak terlalu panas.

Pada desain rumah yang minimalis sangat cocok menggunakan atap ini untuk menghiasi atap sekitar rumahnya. Atap ini akan memberikan kesan sederhana dengan gaya yang modern. Pada contoh rumah atap galvalum ini sangat menginspirasi dalam membuat hunian yang menyenangkan.

Info Menarik Lainnya : 6 Model Atap Baja Ringan Miring Untuk Rumah Minimalis

4. Galvalum Minimalis


5 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi. Foto by : Pinterest

Pada model atap rumah satu ini diletakkan pada teras rumah dan terkesan begitu mengagumkan. Perpaduan desain yang tepat terlihat modis sesuai dengan yang dicontohkan. Bentuk atap galvalum ini juga sangat minimalis dan membuat rumah yang beratap ini menjadi terlihat kekinian.

Banyak rumah-rumah yang saat ini memanfaatkan galvalum minimalis dalam mendesain rumahnya agar terkesan modern. Model atap seperti ini dapat dijadikan inspirasi membuat hunian yang sangat menarik.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!

5. Atap Teras Rumah Minimalis


8 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya
Ilustrasi.

Apabila menginginkan desain rumah yang minimalis dapat membuat atap galvalum sebagai pelengkap atap teras rumah atau halaman depan rumah. Atap galvalum dengan rangka besi ini sangat menarik diletakkan pada bagian luar rumah.

Menariknya ukuran pada atap ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Ide-ide unik dapat juga dikembangkan untuk menghiasi atap berbahan galvalum ini. Hal ini agar terkesan lebih keren dengan menyesuaikan posisi atap pada eksterior rumah.

Itulah penjelasan singkat mengenai contoh rumah atap galvalum yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk mendesain atap. Hal-hal menarik dari contoh yang diberikan membuat siapapun yang melihatnya berimajinasi untuk mengkreasikan setiap model sesuai yang diinginkan dan kebutuhannya.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "8 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya"