Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda

Macam macam atap kanopi - Naungan yang biasanya dipasang di beranda rumah ini model dan bahannya cukup beragam. Masing-masing tipe kanopi tersebut juga terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Karena tipenya bermacam-macam, sehingga orang bisa memilih model kanopi yang paling sesuai dengan seleranya. 

Nah, apakah Anda juga sedang mencari kanopi untuk dipasang diberanda rumah Anda? Jika iya, yuk simak ulasan artikel ini sampai tuntas.

Macam macam Atap Kanopi dan Kiat Dalam Memilihnya.

Ketika Anda akan memilih atap kanopi, hendaknya di teliti dan cermati dulu dengan seksama. Pilihlah model dan bahan kanopi yang paling sesuai dengan tipe rumah Anda. Hal ini perlu dilakukan karena tiap-tiap kanopi itu memiliki  karakteristik khasnya masing-masing. Jika Anda belum tahu model kanopi mana yang paling cocok dengan tipe rumah Anda, maka Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli desain bangunan atau tukang di daerah Anda.

Ketelitian dalam memilih model kanopi ini bertujuan agar jangan sampai Anda salah pilih dan akhirnya menyesal. Memang sih masih bisa dirombak dan direnovasi ulang kanopinya, tapi alangkah lebih baik jika Anda bisa tepat memilih sedari awalnya. Sehingga akan lebih hemat waktu dan biaya. 

Atap kanopi ini sendiri merupakan naungan tambahan dibagian eksterior rumah. Fungsinya agar ruang disekitar rumah dapat terlindung dari terik matahari dan curah hujan. Atap kanopi ini biasanya paling sering dipasang didepan rumah (beranda). Namun ada juga orang yang memasangnya dibagian belakang dan samping rumah.

Lalu, seperti apa saja sih jenis dan model kanopi itu?

Nah, bagi Anda yang belum tahu jenis, model dan macam macam atap kanopi, yuk terus simak informasi berikut ini.

Cekidot!

1. Atap Kanopi Kaca

Atap kanopi kaca ini memiliki banyak sekali kelebihan. Selain memiliki kualitas dan ketebalan yang tidak bisa diragukan lagi, kanopi kaca juga tidak mudah retak ataupun pecah, lho.

Lihat penampakannya dibawah ini.


Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda
Vertuglass.com


Tak hanya itu saja, jika menggunakan kanopi ini pada bangunan rumah, maka akan menambah nilai estetika. Atap kanopi kaca sangat cocok digunakan di wilayah tropis, jadi para pengguna yang berada di Indonesia wajib mencoba kanopi jenis ini.

2. Atap Kanopi Polikarbonat

Atap kanopi yang ini merupakan jenis atap yang terbuat dari plastik dan memiliki rongga. Apabila menggunakan atap jenis polikarbonat, maka akan ada banyak pilihan warna. Pasalnya, atap kanopi ini diproduksi dengan warna-warna yang beragam.

Lihat ilustrasi dibawah ini.

Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda
Karyaindah-canopy.com

Tak hanya warnanya yang beragam, atap kanopi polikarbonat juga terdiri dari berbagai macam bentuk. Nah, bentuk-bentuk yang beragam ini bertujuan agar para pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

3. Atap Kanopi Spandek

Berbeda dengan polikarbonat, atap kanopi spandek berbentuk gelombang. Kalau soal keawetannya, atap kanopi spandek jauh lebih kuat dibandingkan dengan polikarbonat. Hal ini dikarenakan kanopi spandek terbuat dari campuran bahan alumunium dan seng.

Lihat contohnya dibawah ini.


Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda

Tak bisa diremehkan, karena bahan-bahan tersebut mampu membuat kanopi spandek bisa bertahan hingga 30 tahun lamanya . Tapi, kanopi spandek juga memiliki kekurangan, yakni sedikit lebih kaku dan juga kurang dekoratif.

4. Atap Kanopi Alderon

Atap kanopi Alderon merupakan jenis atap yang terbuat dari bahan berkualitas, yakni Unplasticizide Polyvinyl Chloride atau UPVC. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh kanopi jenis ini, salah satunya bisa menahan panas. Selain itu, suara berisik seperti air hujan juga bisa diserap, sehingga tidak menimbulkan kebisingan.

Lihat contoh bahan dan bentuk atap kanopi Alderon tersebut pada foto dibawah ini.


Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda


Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda

Dengan kelebihan seperti itu, maka tak heran jika atap kanopi alderon dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Jika memiliki budget yang lebih, sangat disarankan untuk memilih atap kanopi jenis alderon ini.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!

5. Atap Kanopi Solartuff

Terakhir ada atap kanopi jenis solar tuff yang terbuat dari bahan polikarbonat bergelombang. Tidak mau kalah dengan jenis lainnya, kanopi solartuff juga menawarkan kelebihan yang banyak. Beberapa di antaranya adalah desain yang elegan, lebih kuat dari kaca, dapat meredam panas, bisa membuat rumah menjadi hemat energi, dan ramah lingkungan.

Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda
Pinterest.com

Tak perlu khawatir jika kanopi solar akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, atap jenis ini tidak mudah terbakar, bahkan bisa bertahan hingga suhu yang tinggi. Jika ingin yang mudah-mudah saja, pilih kanopi jenis ini saja, karena pemasangannya tidak ribet.

Info Menarik Lainnya : Kenali 5 Jenis Atap Rumah Multiroof ini Sebelum Membangun

Itulah macam macam atap kanopi yang bisa menjadi pilihan ketika membangun rumah atau bangunan lainnya. Pastikan memilih jenis atap kanopi yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan juga budget yang dimiliki, ya.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Macam macam Atap Kanopi Pilihan Untuk Anda"