Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android, Kita Ulas Yuk!

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android - Wifi (baca: internet) kini telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Bahkan bisa dikatakan wifi adalah hal yang harus ada bagi sebagian orang. Terutama bagi mereka yang berdomisili di kawasan perkotaan.

Kenapa bisa begitu?

Karena sejak adanya wifi membuat banyak urusan sehari-hari menjadi lebih mudah.

6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Fizar Mientsviel (Youtube).
 

Dulu sekitar tahun 2012an, seingat saya wifi belum ada (note: dalam hal ini wifi rumahan dan wifi.id seperti Indihome). Waktu itu kalau orang ingin mengakses internet, maka harus datang ke warnet. Bagi orang yang cukup berduit, maka biasanya memasang modem internet ke komputer atau laptopnya.

Kekurangan utama dari modem tersebut adalah sinyal internetnya yang sangat lemot. Biasanya kuota internet modem itu berlaku hingga satu bulan. Dan biasanya menjelang akhir bulan sinyal internetnya sudah lemot setengah mati. (Pengalaman pribadi soalnya hehe 😀).

Nah ketika sinyal internet lemot parah di akhir bulan tersebut, tentu akan bikin kesal bagi sebagian orang. Terutama jika mereka memiliki profesi yang sangat membutuhkan koneksi internet. Contohnya seperti pekerja kantoran, dosen, guru, atau mereka yang berkecimpung di dunia saham. 

Semua profesi itu memang tidak bisa melepaskan diri dari internet. Sehingga wajar jika mereka jadi sangat terganggu ketika jaringan internetnya lemot.

Tapi itu adalah kenangan di masa lalu. Kini berkat semakin canggihnya perkembangan teknologi internet, maka telah muncul model jaringan baru dalam bentuk Wifi (Wireless Fidelity).

Jaringan Wifi Memiliki Beberapa Kelebihan, Diantaranya:

  • Penggunanya bisa berpindah tempat kemana saja dikehendakinya. Tentu sang pengguna tetap bisa mengakses internet berkat adanya jaringan wifi tersebut. Salah satu caranya yaitu menggunakan jaringan wifi.id dari Indihome.
  • Saat ini sudah banyak sekali perangkat yang telah mendukung (support) jaringan wifi. Sehingga semakin memudahkan pengguna dalam memilih jaringan wifi yang disukainya.
  • Sekali klik, maka jaringan wifi-nya langsung konek. Sehingga sangat memudahkan, bahkan bagi pengguna pemula sekalipun.

Nah karena berbagai kelebihan dan kemudahan dari wifi ini, maka tak heran kini telah banyak orang yang ingin memasang wifi di rumahnya. Sehingga semua penghuni rumah bisa menikmati sinyal wifi tersebut melalui perangkat android mereka.

Nah bagaimana dengan kamu?

Saya yakin kamu juga telah memasang jaringan internet wifi di rumahmu. Iya 'kan? 😉

Namun walau banyak kelebihan dari jaringan wifi, namun terkadang jaringan wifi di android kamu bisa lemot juga lho. Dan kondisi ini cukup banyak penyebabnya, tapi ada satu penyebab paling utama. 

Apa itu?

Biasanya penyebab yang paling umum terjadi karena pengguna wifi terlalu banyak di rumah tersebut. Sedangkan paket internetnya (bandwidth) terbatas. Ya wajar saja wifinya jadi lemot. Hehe 😁

Oleh karena itu, jika kamu ingin memasang jaringan wifi, maka sebaiknya kamu cek dan hitung kira-kira berapa besaran paket internet yang sesuai untuk dipasang dirumahmu. 

Jangan sampai paket internetnya terlalu kecil, karena pasti jadi lemot. Sebaliknya jangan pula terlalu besar bandwidth internetnya. (Karena tentu sayang (mubazir) dan biayanya bulanannya pasti juga akan mahal).

Namun bagaimana jika paket wifi internet kamu sudah sesuai dan ideal, namun masih lemot juga? Apa yang harus dilakukan?

Jika memang seperti itu kondisinya, maka mari simak langkah selanjutnya dibawah ini. 

Kita Akan Membahas 6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android.

Simak hingga tuntas yuk, cekidot! 

Cara memperkuat sinyal wifi diantaranya sbb:

1. Mengganti Channel WiFi

Cara memperkuat sinyal wifi di android yang pertama adalah dengan mengganti channel wifi. 

Jadi ada satu hal yang perlu kamu tahu, yaitu dalam proses transmisinya sinyal wifi itu menggunakan saluran. Dan saluran tersebut bertujuan untuk meminimalisir gangguan antara jaringan yang satu dengan yang lainnya. 

Nah pada tiap modem (router) itu 'kan memiliki satu channel. Jadi kalau ada sinyal wifi yang frekuensinya 2.4 ghz digunakan oleh lebih dari 9 channel, apakah yang akan terjadi? Tentu hal ini dapat membuat sinyal wifi di android kamu menjadi lemot. 

Lalu apa solusinya?

Solusinya ya kamu harus menggunakan channel yang jarang digunakan oleh orang lain. 

Lantas bagaimana cara mengecek suatu channel telah banyak dipakai oleh orang lain? 

Caranya gampang banget kok. Kamu bisa cek menggunakan aplikasi Wifi Analyzer (download di Play Store). Jika ternyata channelnya sudah ramai banget, maka kamu bisa mengubah frekuensi channelnya milikmu. Caranya adalah dengan mengubah konfigurasinya di router/modem.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Nomor Indihome Secara Mudah, Simak Yuk!

2. Update Radio Terbaru

Cara memperkuat sinyal wifi di android yang kedua adalah dengan meng-upgrade radio terbaru. 

Radio di sini maksudnya adalah konektivitas firmware yang ada di perangkat kamu. Jadi di setiap update firmware itu selalu membawa perbaikan internal. Dan salah satu perbaikan internal dari firmware tersebut adalah pada radionya. 

Radio ini juga dikenal dengan sebutan baseband. Nah agar sinyal wifi di android kamu bisa lancar jaya, maka coba deh kamu upgrade atau update radionya. Tapi ingat; meng-upgrade-nya harus sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan ya, dan juga menggunakan tools yang resmi.

3. Periksa Casing Handphone

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa casing ponsel. Kamu dapat mengeceknya melalui aplikasi Speedtest.net. Silahkan instal dulu aplikasinya di Play Store.

Langkahnya, coba kamu lakukan percobaan pertama, yakni dengan menggunakan casing. Setelah itu lakukan percobaan kedua, yaitu tanpa menggunakan casing. 

Setelah melakukan keduanya, maka kamu bisa melakukan perbandingan. Kamu bisa melihat yang mana sinyal internetnya yang lebih baik, apakah menggunakan casing atau tanpa casing HP. 

Kenapa casing HP bisa berpengaruh terhadap sinyal internet?

Karena pada umumnya antena wifi pada android terletak di bagian belakang. Nah jika casing ponsel yang kamu gunakan terlalu tebal, maka biasanya akan dapat mengganggu kinerja wifi. Atau bisa juga karena material casing kamu terbuat dari bahan tertentu yang dapat menghalangi jaringan wifi tersebut.

Bagian ini mungkin terkesan sepele, tapi tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

4. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Cara memperkuat sinyal wifi di android selanjutnya adalah menjauhkan router dari perangkat elektronik lain. Hal ini juga penting untuk diperhatikan. Karena memang ada beberapa alat elektronik yang bisa membuat sinyal wifi menjadi lemah. 

Salah satu dari perangkat tersebut contohnya adalah microwave. So, sebaiknya jauhkan router yang ada dirumahmu dari alat elektronik tersebut ya.

5. Pastikan Firmware Android Kamu Telah Menggunakan Versi Terbaru

Android memiliki sistem yang tidak jauh berbeda dengan PC (komputer). Kedua perangkat tersebut bekerja dengan cara yang hampir sama. Jadi ketika kamu mengoperasikan suatu hardware, maka kamu akan membutuhkan software. Tujuannya supaya konfigurasinya bisa bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa firmware android yang kamu gunakan sudah versi terbaru (supaya hardware-nya bisa bekerja secara maksimal).

Info Menarik Lainnya : Cara Cek KTP Elektronik Terlengkap ini Perlu Kamu Tahu

6. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara memperkuat sinyal wifi di android yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi penguat sinyal. Jika semua cara sebelumnya diatas belum memberikan hasil yang maksimal, maka kamu bisa mencoba cara yang terakhir ini. 

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi penguat sinyal Google Play Store. Kamu bisa menginstal salah satu aplikasi yang kamu sukai. 

Biasanya karena terlalu banyak aplikasi penguat sinyal di Play Store tersebut, sehingga membuat kamu agak bingung mau pilih yang mana. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa referensi. Nanti kamu bisa menginstal aplikasi Internet Booster and Optimizer, Connection Stabilizer Booster, atau Wifi Booster

Silahkan kamu pilih salah satu diantara ketiga aplikasi tersebut.

Demikian beberapa cara memperkuat sinyal wifi di android yang bisa kamu coba. Pilihlah salah satu cara yang menurut kamu paling mudah. 

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android, Kita Ulas Yuk! "